Suku Bare'e

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Suku Bare'e
Dua gadis suku bare'e menyambut tamu dengan memakai pakaian adat inodo dengan rok bersusun
Daerah dengan populasi signifikan
210.000 orang.
(Perinciannya : Kabupaten Poso: 85.000 orang, Kabupaten Tojo Una-Una: 125.000 orang.)
Bahasa
Bahasa Bare'e (artinya tidak), dan Indonesia.
Agama
Islam, dan Lamoa
Kelompok etnik terkait
Suku Taa, Suku To Wana, Suku Kaili.
Pembawaan seorang Suku Bare'e : "Seperi air sungai yang mengalir hingga ke laut" (like a river flow in to the sea; foto sungai tojo; 1902)

Suku Bare'e[1] (To Bare'e, Tau Bare'e, atau Orang Bare'e) ialah nama suatu suku yang berasal dari Sulawesi, Indonesia, asal usul Suku Bare'e yaitu berasal dari sejarah berdirinya Kerajaan Tojo tahun 1770 dengan raja pertama Kerajaan Tojo yaitu Pilewiti.

Suku Bare'e atau bahasa Belandanya Bare'e-Stammen (Lihat Buku De Bare'e-Sprekende Toradja Van Midden Celebes jilid 1 halaman 119)[2] adalah orang yang berasal dan tinggal di Wilayah Kerajaan Tojo, yang wilayah Kerajaan Tojo tersebut yaitu To Lage, To Tora'u, To Lalaeyo, dan To Rato Bongka.

Jadi ada Suku Bare'e ToLage, Suku Bare'e ToLalaeyo, Suku Bare'e ToTora'u, dan Suku Bare'e Taa atau Suku Taa (To Rato Bongka). Batas Barat dari Wilayah Suku Bare'e yaitu Tolage yang berada di Sausu.

Suku Bare'e To Lage (ToLage) batas utara wilayahnya dari Kecamatan Sausu, Tana Poso, sampai Desa Marompa kecamatan Tojo Barat, batas selatannya adalah wilayah Lore kecuali Napu sampai Kecamatan Pamona selatan yang sekarang termasuk Lamusa, Puumboto, puumbana, dan pakambia, Dan Batas Timur dari Suku Bare'e adalah sampai di Wilayah Pati-Pati.[1]

Adanya penilaian terhadap pembawaan seorang Suku Bare'e, yaitu : "Seperi air sungai yang mengalir hingga ke laut", itu artinya adalah kebiasaan dari penduduk suku bare'e yang membuat rumah tempat tinggal mereka dimulai dari sungai-sungai sampai ke pinggir pantai di tepi laut (Teluk Tomini), rumah-rumah tersebut bisa didapati dimulai dari ujung sungai yang terjauh dari mulut pantai sampai yang terdekat dari laut Teluk Tomini, bahkan hingga ke pinggir pantai. Hal tersebut dilakukan oleh penduduk suku bare'e untuk menghindar dari serangan musuh yang sering melalui Teluk Tomini, jadi rumah penduduk suku bare'e dibikin agak jauh dari laut.[2]

Bahasa Bare'e[sunting | sunting sumber]

Walaupun Kerajaan Tojo sukunya adalah Bare'e dengan bahasa utamanya adalah bahasa Bare'e, tetapi menurut Ada' (adat Bare'e) sebenarnya ada 3 bahasa yang dipakai di Tana Nto Bare'e (wilayah suku Bare'e)[3] yaitu Bahasa Bare'e[4], Bahasa Taa, dan Bahasa Onda'e (Nde'e), yang mana Bahasa Taa, dan Bahasa Onda'e (Nde'e) tersebut asal usul bahasanya adalah berasal dari Bahasa Bare'e sebagai induk dari Bahasanya Suku Bare'e[5]. Sementara Luwu Timur dan juga Wotu di provinsi sulawesi selatan bukan berbahasa Bare'e. Bahasa Bare'e (Bare'e-Taal) adalah bahasa yang digunakan oleh Kerajaan Tojo di wilayah tempat tinggal suku bare'e yang disebut TanaNto Bare'e. Bahasa Bare'e tidak sampai ke Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan apalagi Wotu.[butuh rujukan]

Rumah adat Lobo[sunting | sunting sumber]

Rumah adat Lobo suku bare'e di Besoa
Rumah adat Lobo suku bare'e di Besoa

Rumah adat Lobo (Lobo) adalah sebuah rumah adat yang berasal dari Kabupaten Poso dan Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah.

Rumah Adat Lobo menggunakan konstruksi berciri khas rumah adat di Provinsi Sulawesi Tengah yang tidak ada di provinsi lain di Indonesia. Rumah adat Lobo ini terbuat dari kayu hitam eboni. Tahun 1914 di wilayah Tojo, Lobo masih bisa didapati di beberapa desa, terutama di Taliboi dan Makoepa (makupa).[1]

Suku Bare'e mengatakan : " Ohaio !, Orang Tojo kemana-mana selalu membawa Lobonya "[6].

Orang Tojo, Kerajaan Tojo.

Baju adat Inodo[sunting | sunting sumber]

Inodo adalah Pakaian adat tradisional Suku Bare'e yang berasal dari Kabupaten Tojo Una-una, Sulawesi Tengah.

Pakaian adat tradisional Inodo jika menggunakan hijab dengan ikat kepala kecil dari kain yang dirajut yaitu Tali Bonto, atau kalau laki-laki dari Suku Bare'e dipakaikan dengan kain ikat kepala yang dinamakan Siga.

Lamoa[sunting | sunting sumber]

Lamoa[1] adalah bentuk kepercayaan lama kepada tuhan PueMpalaburu (Pue Mpalaburu) yang dipraktikkan dan dianut oleh semua penduduk asli Suku Bare'e, di Sulawesi Tengah.

Bentuk peribadatannya disebut "Molamoa" yaitu membentuk lingkaran dengan berpegangan tangan, ataupun tanpa berpegangan tangan. Tadulako melakukan pengayauan karena dorongan kepercayaan mereka dimana diajarkan apabila ada musibah seperti panen gagal atau ada anggota masyarakat yang meninggal maka mereka harus mencari tengkorak kepala orang sebagai penolak bala. Demikian lalu tengkorak kepala yang didapatkan dari hasil pengayauan di letakan di tengah Lobo, lalu dalam rangka ibadah Molamoa kepada Pue Mpalaburu kemudian ditarikan oleh masyarakat suku bare'e secara melingkar dengan gaya yang sama seperti yang kita kenal sekarang dengan nama "Dero atau Modero.[7]

Alam Dunia : Dunia Atas dan Dunia Bawah[sunting | sunting sumber]

Alam Dunia[1] yaitu konsep alam dalam kepercayaan Suku Bare'e bahwa alam dunia itu terbahagi menjadi dua bagian yaitu dunia bahagian atas dan dunia bahagian bawah.

1. Dunia bagian atas ialah daratan yang letaknya antara langit dan bumi,dan

2. Dunia bagian bawah terbagi 2 yaitu bumi dan lautan.

Keterangan :

1. Dunia bagian atas ialah daratan yang letaknya antara langit dan bumi, Langit dilukiskan berbentuk sebuah lingkaran atau persegi empat menghubungkan arah mata angin yang dilambangkan sebagai alam dunia.

2. Dunia bagian bawah terbahagi 2, yaitu :

2.a Kepercayaan dunia bagian bawah ialah bumi, dan

2.b Kepercayaan dunia lautan.

Tadulako[sunting | sunting sumber]

Baju Tadulako dari provinsi Sulawesi Tengah

Tadulako bagi Suku Bare'e terdiri dari kata Tadu yang artinya pemimpin, imam atau pemimpin ibadah Lamoa, dan lako artinya pergi. Jadi Tadulako adalah Seorang pemimpin yang menunjukkan bagaimana cara pergi. Orang-orang ini bukan pendukung, tetapi semacam imam bagi ibadah Lamoa bagi tuhannya Suku Bare'e yaitu Pue Mpalaburu yang ibadahnya disebut Molamoa yang gerakannya disebut Dero atau Modero.

Momparilangka[sunting | sunting sumber]

Baju dukun wanita suku bare'e yang berbeda motif dan warna dengan inodo

Semua wanita dari Suku Bare'e harus mengikuti Adat istiadat Momparilangka dengan menggunakan Baju adat Dukun wanita (Wurake, Vurake) minimal lebih dari sekali dalam seumur hidupnya. Kaum wanita dari Suku Bare'e yang harus mengangkat derajatnya sebagai wanita dari suku bare'e sampai setinggi-tingginya sebelum tinggal menetap diwilayah suku bare'e, dan langit adalah tempat yang tinggi dimaksud. Dengan Momparilangka atau biasa juga disebut Pakawurake bisa diartikan bahwa seorang wanita belum lengkap menjadi wanita dari Suku Bare'e kalau belum pernah mengikuti Pesta Momparilangka minimal lebih dari sekali dalam seumur hidupnya.

Struktur Keluarga Suku Bare'e[sunting | sunting sumber]

Seorang kepala keluarga dari Suku Bare'e disebut Tadulako[8], dan istri dari Tadulako disebut Tadumwurake atau kadang hanya disebut Wurake saja karena pengaruh pembagian kasta pada Suku Bare'e, dan Tadumwurake merupakan kasta tertinggi dari para Wurake (penyihir).[9] Dan anak-anak dari keluarga Suku Bare'e bertindak sebagai calon Tadulako (Bahasa Bare'e;Kede ;Ende;anak laki-laki), dan calon Tadumwurake atau Wurake (Bahasa Bare'e;Mea;Bea;anak perempuan).[10]

Kerajaan Tojo[sunting | sunting sumber]

Kerajaan Tojo (ejaan Van Ophuijsen: Todjo) adalah sebuah kerajaan yang terletak di Provinsi Sulawesi Tengah. Awal sejarah terbentuknya Kerajaan Tojo, bermula dari penjemputan bakal raja Pilewiti oleh orang dari langit yang bernama Talamoa dari Sausu menuju Tanjung Pati-Pati.[1]

Arajang Kerajaan Tojo[sunting | sunting sumber]

Di zaman Hindia Belanda, pemerintah koloni Hindia Belanda selalu beralasan yang punya Tana Poso adalah "Pangeran Bone", tetapi Kerajaan Tojo menanggapi pihak Belanda dengan sangat tenang, karena Kerajaan Tojo memiliki Tombak Arajang pemberian dari Kerajaan Bone dari Sulawesi Selatan sewaktu mendirikan Kerajaan Tojo tahun 1770 oleh Raja Tojo Pilewiti yang merupakan sepupu Raja Bone.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f Adriani, N. (1912). De Bare'e-sprekende Toradja's van Midden-Celebes (dalam bahasa Nederlands). Landsdrukkerij. 
  2. ^ a b "Gevonden in Delpher -". www.delpher.nl (dalam bahasa Belanda). Diakses tanggal 2023-10-01. 
  3. ^ Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Daerah Istimewa Yogyakarta | Perpustakaan Museum Negeri Sonobudoyo. 
  4. ^ BARE'E-TAAL, De Bare'e-Sprekende de Toradja Van midden celebes jilid 1 halaman 119, [1].
  5. ^ "Studi Masyarakat Indonesia | PDF". Scribd. Diakses tanggal 2023-10-01. 
  6. ^ OHAIO-LIEDEREN (LAGU OHIO !), RUMAH ADAT LOBO SEBAGAI SIMBOL ADAT ISTIADAT DAN BUDAYA SUKU BARE'E, suku bare'e di tojo kemana-mana selalu membawa Lobo-nya, De Bare'e-Sprekende de Toradja van midden celebes jilid 3, halaman 593.[2].
  7. ^ Adriani, N. (1919). Posso (dalam bahasa Nederlands). Boekhandel van den Zendingsstudie-Raad. 
  8. ^ TADULAKO, De Bare'e-Sprekende de Toradja in midden celebes jilid 1 halaman 365 , [3].
  9. ^ XII.PRIESTERESSEN, De Bare'e-Sprekende de Toradja in midden celebes jilid 1, halaman 364-365 , [4].
  10. ^ KELUARGA BARE'E-STAMMEN, De Bare'e-Sprekende de Toradja in midden celebes jilid 1, halaman 364-365 , [5].