Sukamaju, Luwu Utara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sukamaju
Kecamatan
Negara Indonesia
ProvinsiSulawesi Selatan
KabupatenLuwu Utara
Pemerintahan
 • Camat-
Luas- km²
Kepadatan- jiwa/km²
Desa/kelurahan-

Sukamaju adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia.

KEADAAN GEOGRAFIS

Kecamatan Sukamaju, terdiri dari 25 desa yang semuanya berstatus definitive. Kecamatan Sukamaju berbatasan dengan Kecamatan Mangkutana di sebelah Utara dan Kecamatan Malangke di sebelah Selatan. Batas sebelah Timur adalah Kecamatan Bone-bone dan batas sebelah Barat adalah Kecamatan Mappedeceng. Desa Tambokke dengan luas wilayah meliputi 63,11 Km2 merupakan desa terluas di Kecamatan Sukamaju. Sedangkan desa yang paling jauh dari ibu kota kecamatan adalah Desa Minanga Tallu, berjarak sekitar 15 km dari Desa Sukamaju.

PENDUDUK

Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, pada tahun 2007 jumlah penduduk Kecamatan Sukamaju mengalami pertumbuhan sebesar minus 0,28 persen menjadi 43.829 orang. Dari jumlah penduduk tersebut terdiri dari 22.143 orang laki-laki dan 21.686 orang perempuan.

PENDIDIKAN

Meskipun jumlahnya relatif masih terbatas, namun fasilitas pendidikan di Kecamatan Sukamaju dari jenjang pendidikan TK sampai dengan SLTA telah tersedia. Di kecamatan ini terdapat 10 buah TK, 28 buah SD, 7 buah SLTP dan 3 buah SLTA. Rasio murid sekolah (RMS) menggambarkan rata-rata banyaknya murid pada setiap sekolah untuk setiap jenjang pendidikan. RMS pada jenjang pendidikan TK adalah 46 murid per sekolah, pada jenjang pendidikan SD 218 murid per sekolah dan pada jenjang pendidikan SLTP 295 murid per sekolah. Sementara itu, RMS untuk jenjang pendidikan SLTA adalah 323 murid per sekolah.

KESEHATAN

Keberadaan fasilitas kesehatan yang mudah dijangkau dan jaraknya dekat sangat diperlukan dalam upaya meningkatkan taraf kehidupan masyarakat. Untuk melayani penduduk dari 25 desa yang ada, terdapat 1 buah Puskesmas, 6 buah Pustu, 2 tempat praktik dokter, 17 tempat praktik bidan dan 7 buah polindes.

PERUMAHAN DAN LINGKUNGAN

Kesehatan lingkungan di Kecamatan Sukamaju masih kurang mendapat perhatian. Kondisi ini antara lain tercermin dari saluran pembuangan limbah cair yang tidak terdapat di hampir semua desa. Meskipun demikian, sebagian besar keluarga telah menggunakan jamban sendiri sebagai tempat buang air besar. Hal tersebut diharapkan berdampak positif bagi kesehatan lingkungan. Sebanyak 5.773 keluarga di Kecamatan Sukamaju telah menikmati layanan listrik dari PLN dan sebanyak 92 keluarga memanfaatkan listrik non PLN.

AGAMA

Salah satu ciri Kecamatan Sukamaju adalah keragaman agama penduduknya. Hampir semua agama yang diakui di Indonesia mempunyai penganut di Kecamatan ini. Tidak mengherankan jika tempat ibadah baik berupa masjid, mushalla, gereja (baik Kristen ataupun katolik) maupun pura banyak terdapat di Kecamatan ini. Sampai dengan tahun 2007, jumlah masjid adalah 64 buah, mushalla 68 buah, gereja 22 buah dan pura 13 buah.

PERTANIAN DAN PERKEBUNAN

Kondisi alam yang subur dan iklim matahari tropis yang sangat menunjang menjadikan Sukamaju sebagai salah satu daerah potensi pertanian di Kabupaten Luwu Utara. Komoditi perkebunan utama dari Kecamatan Sukamaju adalah Kelapa Sawit (11.038,73 Ton), Kelapa Dalam (918,10 Ton) dan Kakao (2.428,20 Ton). Khusus untuk tanaman Kakao merupakan komoditi perkebunan yang diusahakan di semua desa di Kecamatan Sukamaju.

PETERNAKAN DAN PERIKANAN

Pada tahun 2007 tercatat populasi ternak Sapi mencapai 4.942 ekor dan Kambing sebanyak 838 ekor. Selain itu, pada periode yang sama tercatat Babi sebanyak 6.198 ekor. Sedangkan populasi Ayam Buras adalah 40.632 ekor yang terutama terdapat di Sukamaju (2.994 ekor), Sukadamai (2.871 ekor), dan Mulyorejo (2.665 ekor).

TRANSPORTASI DAN KOMUNIKASI

Fasilitas komunikasi dan transportasi merupakan sarana penting guna menunjang kegiatan sehari-hari penduduk di suatu wilayah. Sebanyak 6 desa sudah dimasuki jaringan telepon. Sementara komunikasi lewat surat atau pengiriman barang dapat dilakukan melalui kantor pos yang berada di Desa Sukamaju. Data dari kantor pos di Kecamatan Sukamaju menunjukkan bahwa pada tahun 2007 jumlah surat terkirim sebanyak 2.696 buah dan surat diterima sebanyak 6.654 buah. Sarana transportasi di Kecamatan Sukamaju relatif cukup baik. Jenis permukaan jalan terluas berupa aspal terdapat di 8 desa. Sementara itu sebanyak 15 desa kondisi permukaan jalannya telah diperkeras dan hanya 2 desa dimana jenis permukaan jalannya masih berupa tanah.