Sukajaya, Cimerak, Pangandaran

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Sejarah

Sukajaya adalah desa di Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Desa Sukajaya merupakan pecahan dari Desa Cimerak yang dibentuk sekitar awal tahun 1980-an.

Kepala Desa

Sejak pembentukannya awal tahun 1980-an, secara berturut yang menjadi Kepala Desa Sukajaya adalah sebagai berikut:

  1. Ihin Robihin
  2. Sutarno ( sebagai Pejabat sementara, jabatan definitif adalah Sekretaris Desa )
  3. Ewo Rachwa
  4. Sutarno ( sebagai Pejabat sementara, jabatan definitif adalah Sekretaris Desa )
  5. Jajang Ismail
  6. Maman S
  7. Upan

Pemerintahan

Desa Sukajaya dipimpin oleh Seorang Kepala Desa dibantu oleh satu orang Sekretaris Desa dan beberapa orang Kepala Urusan atau Kepala Subseksi. Desa Sukajaya terdiri dari 4 ( empat ) Dusun ( Kampung ) yang masing-masing Dusun dipimpin oleh seorang Kepala Dusun yang dalam bahasa Sunda disebut sebagai Golongan. Adapun dusun dalam wilayah Desa Sukajaya adalah sebagai berikut:

  1. Dusun Bulakgebang
  2. Dusun Patrol
  3. Dusun Babakan Jaya
  4. Dusun Karang Jaya

Dusun membawahi beberapa Rukun Warga ( RW ). Sampai dengan saat ini, masing-masing Dusun membawahi 2 ( dua ) RW. RW membawahi beberapa Rukun Tetangga ( RT ). Sampai dengan saat ini, masing-masing RW membawai 4 ( empat ) RT. Terakhir, RT membawai beberapa Kepala Keluarga ( KK ).

Berdasarkan hal tersebut di atas maka dapat diketahui bahwa Desa Sukajaya terdiri dari 8 ( delapan ) RW dan 32 ( tiga puluh dua) RT.

Letak geografis[sunting | sunting sumber]

Desa Sukajaya merupakan desa yang berada dalam wilayah Kecamatan Cimerak dengan jarak tempuh 17 km dari Parigi, sebagai ibu kota Kabupaten Pangandaran. Desa Sukajaya memiliki luas wilayah 1.773,340 ha, dengan batas-batas administrasi sebagai berikut.

  • Utara: Desa Kertayasa
  • Selatan: Desa Limusgede
  • Barat: Desa Sindangsari
  • Timur: Desa Cimerak

Desa Sukajaya merupakan desa agraris yang sebagian besar wilayahnya terdiri dari areal pertanian dan pesawahan. Komoditi unggulan desa adalah kelapa dan gula merah. Dari sektor pertanian khususnya padi, Desa Sukajaya bukanlah desa yang dapat diandalkan untuk bertani padi. Hal ini disebabkan oleh tidak tersedianya irigasi atau sistem pengairan terpadu. Jalan menuju ke Desa Sukajaya tidak sulit karena jalan sudah permanen (beraspal), dan jika dari Pangandaran memerlukan waktu kurang lebih 1 Jam dengan jarak tempuh 40 Km.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]