Cimerak, Cimerak, Pangandaran

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Cimerak
Desa
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Barat
KabupatenPangandaran
KecamatanCimerak
Luas... km²
Jumlah penduduk... jiwa
Kepadatan... jiwa/km²

Cimerak adalah desa di Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Sejarah Desa Cimrak Sejarah DesaTerbentuknya Cimerak Dalam struktur pemerintahan, Desa Cimerak merupakan bekas yang dibawahi oleh Kabupaten Tasikmalaya kemudian pada Tahun 1936 Desa Cimerak dimasukan ke dalam lingkungan pemerintah Wilayah Daerah Kabupaten Ciamis namun sejak Tahun 2012 secara sah Desa Cimerak masuk ke dalam Daerah Otonomi Baru Kabupaten Pangandaran, walaupun demikian Desa Cimerak ini telah didirikan sejak Tahun 1888, yang pada waktu itu letak kantor atau Balai Desanya berlokasi di Blok Cimerak yang kini berganti nama menjadi Cipeuntas, Dusun Ciawi Desa Cimerak, kira-kira sejauh 2 KM ke arah Barat.

Asal-usul Desa Cimerak, Nama Desa yang dipergunakan Desa Cimerak sejak berdirinya hingga sekarang berasal dari nama sebuah burung Merak, yang selalu hinggap di pohon kiara ( beringin) dimana kiara tersebut berada di belakang kantor desa yang dibawahnya ada sebuah mata air yang hingga kini masih terus mengalir dan kebetulan dijadikan sumber air minum setempat, bahkan pernah dijadikan lokasi Pondok Pesantren Cipeuntas asuhan Aj. Sahrudin.

Nama Desa Cimerak sejak berdirinya membawahi 6 (enam) kampung, dimana 2 (dua) kampung lainnya terbawa ke Wilayah Desa Pemekaran, yaitu Desa Sukajaya yang dimekarkan pada Tahun 1979. Adapun ke 2 (dua) kampung tersebut yaitu 1. Kampung Cimerak, yang kini menjadi Dusun Patrol di Sukajaya, 2. Kampung Cibuntu, yang kini menjadi Dusun Karangjaya Desa Sukajaya.Tanah-tanah yang terletak di dalam Wilayah Desa Cimerak, yang pada saat ini diletakan berbagai hak diatasnya hukum semuanya berasal dari Tanah Nagara kepunyaan raja jaman dahulu kala (Verselanden). Batas-batas desa dari Sebelah Barat ada perubahan, yaitu semula Cimerak berbatasan dengan Desa Sindangsari sekarang berbatasan dengan Desa Sukajaya. Diatara penduduk Desa Cimerak ada yang berprestasi, yaitu menjadi Anggota Kedutaan Besar Luar Negeri dengan Nama Kodir Kartadisastra, putra Bapak Kepala Desa Hormat, yaitu Sapjin Kartadisastra (Kepala Desa yang Ke-9).

Hubungan dengan desa-desa lain terutama dengan desa tetangga di lingkungan Kabupaten Pangandaran bagian selatan sangat erat, baik di bidang yang ada hubungannya bidang pemerintahan, hubungan sosial budaya maupun sosial ekonomi, seperti sifat-sifat penduduk yang pergaulannya antara satu dengan yang lain menjalankan dengan cara menata hubungan batin.

Sumber Web Resmi Desa Cimerak