StumbleUpon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
StumbleUpon
StumbleUpon Logo.svg
URL www.stumbleupon.com/
Pendaftaran Yes
Bahasa English
Dibuat oleh Garrett Camp & Geoff Smith[1]
Peringkat Alexa 148 (Mei 2012)[2]
Status saat ini Active

StumbleUpon merupakan situs sosial bookmark yang memungkinkan para penggunanya untuk menemukan dan merekomendasikan konten web yang ada. Fitur-fitur yang ada memungkinkan para pengguna untuk menemukan dan menilai halaman web, foto dan video yang dipersonalisasikan sesuai dengan selera dan kepentingan mereka dengan menggunakan peer-sourcing dan prinsip-prinsip situs jejaring sosial. Saat ini tersedia beberapa versi toolbar untuk Mozilla Firefox, Google Chrome dan Internet Explorer. StumbleUpon juga tersedia untuk beberapa penjelajah web independen yang berbasis Mozilla Firefox. Toolbar untuk pihak ketiga juga telah diciptakan untuk Safari[3] dan Opera.[4]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

StumbleUpon didirikan pada bulan November 2001 oleh Garrett Camp, Geoff Smith, Justin LaFrance dan Eric Boyd selama Camp kuliah pasca-sarjana di bidang Software Engineering, University of Calgary, Kanada. Camp, dalam sebuah wawancara dengan BBC, mengatakan ide mengenai StumbleUpon muncul dari tidak adanya alat atau mesin pencari yang benar-benar efektif dalam menemukan situs baru sesuai dengan yang hal yang dicari. [5]

Pada tahun 2005, Brad O’Neill, investor Silicon Valley, tertarik dengan popularitas perangkat lunak ini dan membantu mereka pindah ke San Fransisco serta memberikan dana sebesar $1.2 juta dari en:angel investor lainnya termasuk Ram Shriram (Google), Mitch Kapor(Mozilla Foundation), First Round Capital, and Ron Conway. Saat ini, Garrett Camp dan Geoff Smith tinggal di San Francisco, di mana StumbleUpon bermarkas.

StumbleUpon dibeli oleh eBay pada tahun 2007 senilai $75 juta [6]. Namun, seperti Skype, StumbleUpon belum diintegrasikan secara signifikan ke dalam layanan ebay. Pada bulan September 2008, Ebay merekrut Deutsche Bank untuk menjual StumbleUpon [7].

Pendiri StumbleUpon, Garrett Camp dan Geoff Smith akhirnya mengakuisisinya bersama dengan Sherpalo Ventures, en:Accel Partners dan en:August Capital pada bulan April 2009 [8]. Saat ini, StumbleUpon telah menjadi perusahaan independen yang didukung dengan investor dengan kantor di San Fransisco dan New York.

Detail layanan[sunting | sunting sumber]

StumbleUpon menggunakan filter kolaboratif atau proses otomatis yang menggabungkan pendapat-pendapat manusia dengan mesin pembelajaran preferensi pribadi. Pada awal kemunculannya, StumbleUpon hanya dapat digunakan melalui toolbar namun saat ini StumbleUpon dapat diakses melalui websitenya. Untuk dapat menggunakan layanan ini, diharuskan untuk mendaftar terlebih dahulu sebagai anggota.

Dalam StumbleUpon, sebuah situs akan disambungkan langsung kepada anggota lain yang memiliki minat yang sesuai, bukan hanya berupa penggalan kalimat atau screenshot tetapi berupa situs seutuhnya. Ketika sudah mendaftar menjadi anggota, maka StumbleUpon akan memberikan beberapa kategori seputar topik apa yang ingin dilihat kemudian StumbleUpon akan memperkenalkan situs-situs yang menarik seputar topik yang telah dipilih. Jaringan sosial ini mengkoordinasikan distribusi konten web, sehingga pengguna "stumble upon” atau “tersandung pada” (bahasa Indonesia) halaman yang direkomendasikan oleh para pengguna yang lain. Untuk menuju situs berikutnya yang sesuai dengan kategori yang telah dipilih pengguna dapat mengklik tombol “Stumble!”. Para pengguna juga dapat memberikan “thumbs up” yang akan otomatis masuk ke dalam daftar “favorites” pada akun pengguna atau “thumbs down” jika pengguna tidak suka maka StumbleUpon akan mengetahui situs-situs yang tidak disukai dan tidak menampilkannya lagi.

Para pengguna StumbleUpon juga memiliki kemampuan untuk menilai dan meninjau blog satu sama lain dan bergabung dengan komunitas forum dengan topik tertentu. Pengguna dapat mengirim komentar dengan cara dari sebuah forum diskusi di kelompok-kelompok dan link posting ke situs web yang berlaku untuk topik yang spesifik. Penilaian populer atau tidaknya sebuah situs didasarkan atas penilaian dari pengguna lainnya.

Stumble Video[sunting | sunting sumber]

StumbleUpon meluncurkan situs StumbleVideo yaitu http://video.stumbleupon.com/ pada tanggal 13 Desember 2006. Situs ini tidak memerlukan toolbar untuk “stumble” namun langsung dapat menonton video di , en:DailyMotion, en:FunnyOrDie, Google, Metacafe, Myspace, en:Vimeo serta YouTube dan dapat mengklik "thumbs up" atau "thumbs down" untuk menunjukkan suka atau tidak terhadap video yang ditayangkan. Untuk pindah ke video berikutnya pengguna dapat mengklik “Stumble!” serta menilai video tersebut dengan menggunakan AJAX interface.

Layanan ini mencatat semua rating pengguna pada bagian “history” dan dengan mendaftarkan ke StumbleUpon, pengguna dapat melihat data yang telah tersimpan di akun pengguna. StumbleVideo menggunakan peringkat yang telah diberikan pengguna untuk menemukan lebih banyak video yang mungkin disukai dan juga memungkinkan pengguna untuk mengirim link tersebut ke e-mail teman pengguna. StumbleVideo juga dapat menghubungkan pengguna ke pengguna lain yang juga menonton video tersebut. StumbleUpon meluncurkan versi StumbleVideo pada tanggal 12 Februari 2007 untuk Internet Channel web browser yang berjalan pada konsol Wii. Versi ini dioptimalkan untuk resolusi layar yang lebih kecil dan menawarkan fungsionalitas mirip dengan versi aslinya [9].

StumbleThru[sunting | sunting sumber]

bulan April 2007, StumbleUpon meluncurkan layanan StumbleThru yaitu sebuah cara baru untuk mengeksplorasi konten yang dipersonalisasi dalam situs yang tumbuh dengan cepat seperti Flickr, Myspace, Wikipedia, dan YouTube [10]. Pada dasarnya ini merupakan StumbleUpon dengan domain-spesifik yang memungkinkan pengguna untuk fokus pada situs favorit-favoritnya daripada “tersandung” lebih luas. Sampai tanggal 13 Januari 2010, situs-situs yang didukung oleh StumbleThru yaitu BBC.com, Blogger, Break.com, CNN.com, Collegehumor, Flickr.com, FunnyorDie.com, Howstuffworks.com, HuffingtonPost.com, Metacafe.com, Pbs.org, PhysOrg, Rolling Stone, Scientific American, Onion, Wikipedia, Wired.com, Wordpress, dan Youtube.com. Menurut pengumuman fitur, StumbleUpon berencana menambahkan situs-situs lain tambahan di masa depan.

Su.pr[sunting | sunting sumber]

Su.pr merupakan penyingkatan URL dan diluncurkan pada bulan Maret 2009. Penggunaan utamanya yaitu untuk status serta update di Facebook dan Twitter. Layanan ini mirip dengan bit.ly dan Tinyurl. Saat ini, layanan Su.pr hanya tersedia bagi pengguna StumbleUpon.[11] Dengan Su.pr pengguna dimungkinkan untuk berbagi konten dengan khalayak lebih luas dan memudahkan anggota StumbleUpon yang lain untuk menemukan “favorites” dari pengguna tersebut.

Iklan[sunting | sunting sumber]

StumbleUpon menggunakan pengetahuan tentang preferensi pengguna untuk menyampaikan iklan yang ditargetkan. Sebagian kecil dari pengguna yang telah ter–“stumble” (biasanya kurang dari 2%) disponsori dengan iklan yang cocok dengan topik minat mereka. Sebagai contoh, pengguna yang telah memilih kategori musik maka akan melihat iklan yang berhubungan dengan musik.

Sistem periklanan StumbleUpon saat ini mengharuskan pengiklan membayar sebesar 5% dari pengguna yang “tersandung”. Camp mengatakan bahwa StumbleUpon berada di posisi kedua dari semua link yang ada di media sosial yaitu sebesar 42% sedangkan tempat pertama berasal dari Facebook sebesar 42%. Pada bulan Februari 2011, StumbleUpon akan memperkenalkan sistem baru yaitu sistem harga variabel dimana pengiklan dapat membayar lebih atau kurang untuk iklan mereka yang muncul dan akan mencakup analisis tambahan yang lebih rinci dan penargetan lanjutan. Dengan sistem baru ini, jika suatu bisnis berada di San Francisco, mereka dapat memilih untuk memiliki pengguna yang “tersandung” dan hanya menunjukkan kepada orang-orang di daerah itu ditambah melihat jenis orang yang mengklik “thumbs up” di iklan mereka. [12].

Pertumbuhan[sunting | sunting sumber]

Pertumbuhan pengguna yang dialami StumbleUpon cukup pesat dimana pada bulan Desember 2002, StumbleUpon memiliki 1 juta pengguna. [13]. Pada tahun 2009, StumbleUpon telah terdaftar hampir 7,5 juta pengguna, naik dari 2,5 juta ketika eBay membelinya. Pertumbuhan StumbleUpon semakin tinggi pada tahun 2010 dimana tercatat sebanyak 12 juta anggota [14].Layanan ini juga telah mencapai 500 million pageviews /bulan [15].

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Zarella, Dan. 2009. The Social Media Marketing Book. O’Relly Media Inc.

Catatan Kaki[sunting | sunting sumber]