Starfleet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Logo Starfleet

Starfleet adalah angkatan perang dalam dunia fiksional Star Trek yang melayani United Federation of Planets pada bidang pertahanan, riset, diplomasi, dan eksplorasi. Anggotanya terdiri atas mayoritas karakter protagonis dalam dunia Star Trek.

Komponen[sunting | sunting sumber]

Starfleet Academy[sunting | sunting sumber]

Pada awalnya, seperti dalam salah satu seri televisi Star Trek: The Original Series, setiap karakter harus mengikuti pendidikan dan pelatihan di Starfleet Academy. Lalu, pada seri-seri berikutnya dijelaskan bahwa waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan pendidikan di akademi adalah empat tahun. Kampus utamanya terletak di Fort Baker, California.

Starfleet Command[sunting | sunting sumber]

Starfleet Command adalah pusat komando Starfleet. Pusat komando ini pertama kali diperkenalkan dalam Star Trek: The Original Series episode Court Martial. Pusatnya terletak di Fort Baker, berdekatan dengan Golden Gate di San Fransisco, California. Sedangkan di sisi sungai yang berlawanan terletak Parlemen United Federation of Planets. Acapkali anggota Starfleet terisolasi dari komandonya sehingga mereka harus bertindak tanpa perintah ataupun informasi dari Starfleet Command.

Starfleet Shipyards[sunting | sunting sumber]

Starfleet Shipyards teletak di Mare Island dekat San Fransisco. Galangan kapal ini bekerjasama dengan fasilitas yang terletak di orbit bumi. Beberapa hasil dari galangan ini adalah USS Enterprise (NCC-1701) yang selesai dibuat pada tahun 2245. Kapten Robert April, kapten Enterprise yang pertama hadir di San Fransisco Navy Yards saat komponen utama pesawat tersebut dibuat dan akan dikirim ke galangan kering milik Starfleet di orbit bumi.

Starfleet Engineering Corps[sunting | sunting sumber]

Starfleet Engineering Corps (Starfleet Corps of Engineers) adalah divisi Starfleet yang bertugas pada bidang-bidang konstruksi, seperti:

Pocket books juga sudah mendistribusikan sebuah seri buku elektronik dan novel mengenai Starfleet Corps of Engineers]].

Starfleet Intelligence[sunting | sunting sumber]

Starfleet Intelligence adalah agen intelijen United Federation of Planets. Pekerjaannya seputar tugas-tugas spionase dan pengamanan, baik domestik maupun luar negeri. Pusatnya terletak di Lisbon, Portugal. (Star Trek: The Next Generation dan Star Trek:Enterprise)

Starfleet Judge Advocate General[sunting | sunting sumber]

Starfleet Judge Advocate General (Judge Advocate General Corps/JAG) adalah bagian dari Starfleet yang bertugas untuk menangani pelanggaran-pelanggaran dan hal-hal ilegal di dalamnya.[1] Berikut ini adalah beberapa episode yang menampilkan Starflet Judge Advocate General:[1]

Starfleet Medical[sunting | sunting sumber]

Starfleet Medical adalah cabang dari Starfleet yang bertugas pada bidang medis.[1]

Gamtes McFadden yang memerankan Dr. Beverly Crusher meningggalkan Star Trek: The Next Generation pada musim kedua dan kembali pada kemudian hari.[1] Dijelaskan bahwa pada musim kedua Crusher sedang diperkerjakan di Starfleet Medical[1]

Starfleet Operations[sunting | sunting sumber]

Starfleet Operations adalah bagian dari Starfleet.[1] Admiral James T. Kirk bekerja selama delapan belas bulan sebagai Starfleet's Chief of Operation.[2]

Starfleet Security[sunting | sunting sumber]

Starfleet Security adalah agen Starfleet yang tampil pada beberapa episode Star Trek: The Next Generation dan Star Trek: Deep Space Nine. Bahkan, divisi ini sudah diperkenalkan sejak Star Trek: The Original Series. Beberapa karakter utama dalam episode tertentu menjadi bagian dari divisi ini.

Starfleet Tactical[sunting | sunting sumber]

Starfleet Tactical adalah salah satu departemen Starfleet yang jarang ditampilkan. Departemen ini bertanggungjawab atas stategi pertahanan dan riset senjata.

Regulasi[sunting | sunting sumber]

Regulasi Starfleet mengatur perilaku anggotanya. Berikut ini salah satu contoh regulasi Starfleet yang sangat terkenal:

Nomor Regulasi Definisi Referensi
619 Komandan yang tidak dapat mengontrol emosinya harus mengundurkan diri. Duta Besar Spock - Star Trek XI

Spesies[sunting | sunting sumber]

Manusia adalah spesies mayoritas di Starfleet. Namun, sebenarnya Starfleet terdiri atas kurang lebih seratus lima puluh spesies. Salah satu spesies yang paling sering terlihat setelah manusia adalah Vulcan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g h i Okuda, Michael & Denise (1994,1997,1999). The Star Trek Encyclopedia. New York: Pocket Books. ISBN 0-671-03475-8. 
  2. ^ "Star Trek I: The Motion Picture".  Tidak memiliki atau tanpa |series= (bantuan)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]