Spytihnev II dari Bohemia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Makam Spytihněv

Spytihněv II (1031 – 28 Januari 1061) merupakan seorang Adipati Bohemia sejak bulan Maret 1055 sampai kematiannya pada tahun 1061. Ia merupakan putra tertua Břetislav I. Koronasinya dirayakan dengan terjemahan pertama yang diketahui Pemimpin, kasihanilah kami. Setelah berhasil duduk di atas tahta, ia segera pergi ke Regensburg untuk menerima konfirmasi kerajaan. Kesetiaannya pada Kekaisaran Romawi Suci ini tidak menghalanginya untuk mengusir seluruh bangsa Jerman dari wilayahnya. Kebijakan anti-Jerman yang baru ini dilanjutkan sampai kematiannya.

Karena kontroversi penobatan yang akan datang, Paus Viktor II mencari aliansi dengan adipati Bohemia. Kemudian, Roma memberikan hak kepada Spytihněv untuk mengenakan serban dan jubah seorang uskup untuk jumlah tahunan 100 mark. Saudara-saudaranya mendapat warisan Moravia, Spytihněv mencoba untuk mengurangi otoritas mereka dengan menahan 300 jutawan Moravia dan melepaskan hak saudara-saudaranya di dalam provinsi tersebut. Kemudian, Vratislav dari Olomouc melarikan diri ke Hongaria pada tahun 1058.

Spytihněv digantikan oleh Vratislav, yang sebagai gantinya menyerahkan Moravia kepada saudaranya Konrád I. Putranya Svatobor memasuki gereja dan menjadi kepala keluarga Aquileia.

Didahului oleh:
Břetislav I
Adipati Bohemia
1055–1061
Diteruskan oleh:
Vratislav II