Shennong Ben Cao Jing

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman dari kitab Shennong Bencaojing (Shen-nung Pen-tsao Ching).

Shennong Ben Cao Jing (juga Pengobatan Herba Klasik atau Shen-nung Pen-tsao Ching;Hanzi sederhana: 神农本草经; Hanzi tradisional: 神農本草經; Pinyin: Shénnóng Běncǎo Jīng; Wade–Giles: Shen2-nung2 Pen3-ts'ao3 Ching1) adalah kitab Tiongkok tentang pertanian dan tanaman herba. Para peneliti meyakini bahwa isi kitab tersebut adalah kompilasi dari tradisi lisan, yang baru ditulis sekitar 200 dan 250 M.[1][2] Teks aslinya sudah tidak ada lagi tetapi dikatakan terdiri dari tiga volume yang berisi 365 entri tentang obat-obatan termasuk deskripsinya.

Volume[sunting | sunting sumber]

Volume pertama dari risalah tersebut mencakup 120 obat yang tidak berbahaya bagi manusia, obat yang "membangkitkan rangsangan" ini: lingzhi, ginseng, jujube, jeruk, kayu manis Tiongkok, Eucommia ulmoides, kanabis, atau akar manis Tiongkok. Tumbuhan tersebut dideskripsikan sebagai "ningrat" atau "herba kelas atas" (上品).

Volume kedua dikhususkan untuk 120 zat terapi yang dapat digunakan untuk mengobati orang sakit, tetapi memiliki sifat toksik, atau berpotensi toksik dengan berbagai stadium. Dalam kategori ini, terdapat jahe, peoni dan mentimun. Zat-zat dari kelompok ini digambarkan sebagai "manusia," "rakyat jelata," atau "herba kelas menengah" (中品).

Dalam volume terakhir ada 125 entri yang berhubungan dengan zat yang memiliki efek kuat atau keras terhadap fungsi fisiologis dan sering beracun. Rhubarb, berbagai jenis buah-buahan berlubang dan persik ditampilkan di sini. Tumbuhan ini disebut sebagai "herba kelas rendah" (下品).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Herbal". Herbal. October 2014. Diakses tanggal 9 June 2016. 
  2. ^ Unschuld (1986), hlm. 17.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]