Serawai, Sintang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Serawai
Kecamatan
Negara  Indonesia
Provinsi Kalimantan Barat
Kabupaten Sintang
Pemerintahan
 • Camat Oktavianus Harsumpeda,S.Sos,M.Si
Luas - km²
Jumlah penduduk +-18000 jiwa
Kepadatan - jiwa/km²
Desa/kelurahan 12 desa pengembangan

Serawai adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, Indonesia. Kecamatan ini terletak di sebelah hilir kecamatan Ambalau dan sebelah hulu kecamatan Menukung. Ibu kota kecamatan terletak di Nanga Serawai berupa tanjung daratan yang dibentuk oleh kelokan sungai Melawi. Jarak tempuh Sintang Serawai melalui sungai Kapuas ke anak sungai Melawi kira-kira 200 km atau 6 jam perjalanan speedboat. Sekarang sudah bisa ditempuh melalui jalan darat dengan mobil gardan ganda atau sepedamotor. Desa Kecamatan Serawai paling hilir yaitu sebelah Barat adalah desa Mentatai yang berbatasan dengan kecamatan Menukung, paling hulu yaitu sebelah Timur desa Nanga Lekawai dengan muara anak sungai Lekawai, berbatasan dengan kecamatan Ambalau, sebelah Tenggara Serawai dusun Rantau Malam berbatas dengan Provinsi Kalimantan Tengah yang dipisahkan oleh gunung Bukit Raya, dan sebelah utara berbatas Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat. Kecamatan Serawai terdiri dari 12 desa Pengembangan Serawai, yaitu: Desa Serawai, Begori, Pagar Lebata, Tontang, Lekawai (Karya Bhakti), Mentayoi, Riyoi, Segulang, Baras Nabun, Jelundung, Mentatai, dan Buntut Ponte. Kecamatan Serawai merupakan salah satu kecamatan "besar" di kabupaten Sintang. Kecamatan Serawai maju dalam bidang perdagangan dengan hasil alam yang menonjol adalah kayu. Beberapa perusahaan kayu gelondongan HPH yang beroperasi adalah PT Barito Pacific Timber, PT Sari Bumi Kusuma, dan PT Benua Indah Group. Hasil tambang yang banyak didapat adalah emas, walaupun lewat penambang tradisional dan tanpa izin. Demografi penduduk: sebagian besar berasal dari penduduk asli Dayak Ud Danum, kemudian Melayu, keturunan Cina suku berbahasa Khek, pendatang dari Jawa, Sumatera, dll. Sebagian beragama Katholik, Kristen Protestan, Islam, dan sebagian kecil animisme.

SMP DI KECAMATAN SERAWAI.

Kecamatan serawai memiliki sekolah menengah pertama yang dapat menampung siswa-siswi lulusan Sekolah dasar (SD ) diwilayah kecamatan serawai dan kecamatan lain disekitar kecamatan serawai untuk meningkatkan mutu, derajat serta menyukseskan wajib belajar 9 tahun .SMP yang beroperasional ada sekolah dengan status negeri,swasta dan dan Mts.Beberapa sekolah menengah pertama dan Mts yang sudah beroperasional di kecamatan serawai adalah : 1. SMP N 1 SERAWAI. Sekolah yang berada dikota kecamatan serawai dengan Kornelius Ngawan,S.Ag,MM sebagai Kepala sekolah dan merupakan sekolah terbesar dikecamatan serawai. 2. SMP N 2 SERAWAI. Merupakan sekolah menengah pertama yang berada di jalur sungai serawai dan merupakan sekolah kategori terpencil dengan Yosafat unu,S.Kom sebagai kepala sekolahnya.Tepatnya SMP ini berada di desa baras nabun. 3.SMP N 3 SERAWAI. SMP ini berada di desa tontang yang beroperasional dekat dengan logpond PT.SBK. Sekundus,S.Pd sebagai kepala sekolahnya. 4. SMP N 4 SATAP MERAKO. Merupakan sekolah Satu atap dengan SD merako sehingga siswa-i tamatan sd merako tidak perlu untuk sekolah jauh krn ada sekolah pertama dilingkungannya.Abas candra,SE,sebagai kepala sekolah sejak beroperasional. 5. SMP BUKIT RAYA. Merupakan sekolah Katolik yang sudah lama beroperasional bahkan sekolah menengah pertama di kecamatan serawai dan ambalau. Pastor yoyok sebagai kepala sekolahnya. 6.SMP KARYA BAKTI TONTONG. Sekolah swasta yang beroperasional di desa tontang,dengan F.Senen sebagai kepala sekolahnya. 7.Mts Nurul Hikmah Serawai. Sekolah yang berkarakteristik muslim terletak di kota serawai dengan HAMID Ar sebagai kepala sekolah.

GEMAS (Gerakan Masyarakat Adat Serawai)[sunting | sunting sumber]

Organisasi ini didirikan pada tahun 2007. Tujuan dari terbentuknya adalah sebagai sebuah wadah yang bersama dengan masyarakat adat Serawai memperjuangkan hak-hak atas tanah dan sumber daya alam lainnya.