Senapan gentel sergap

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Senapan sergap Winchester Model 1897 dengan bayonet M1917
Senapan sergap Winchester Model 1912
Senapan Taktis Remington 1100 dalam ukuran 12—memiliki delapan 2¾ " putaran di dalam tabung

Senapan gentel sergap atau senapan sergap dalah senapan yang digunakan oleh militer untuk peperangan . Senapan paling awal yang dirancang khusus untuk penyergapan adalah senjata parit atau senapan parit yang dikeluarkan pada Perang Dunia I. Meskipun jangkauannya terbatas, beberapa proyektil yang biasanya digunakan dalam selongsong senapan memberikan peningkatan kemungkinan serangan yang tidak tertandingi oleh senjata kecil lainnya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sementara senapan olah raga menelusuri nenek moyangnya kembali ke senapan gentel, yang merupakan penyempurnaan dari senapan lontak, senapan sergap memiliki lebih banyak kekerabatan dengan pemuras yang lebih pendek. Diciptakan pada abad ke-16 oleh Belanda, pemuras digunakan hingga abad ke-18 dalam peperangan oleh Inggris, Austria, Spanyol (seperti Escopeteros Voluntarios de Cadiz, yang dibentuk pada tahun 1804 atau Compañía de Escopeteros de las Salinas, antara lain) dan Resimen Prusia, serta di koloni Amerika. Ketika penggunaan pemuras menurun, militer Amerika Serikat mulai memuat tembakan timah yang lebih kecil ( peluru kuda ) yang dikombinasikan dengan peluru mereka yang lebih besar, kombinasi yang dikenal sebagai " <b><i>buck and ball</i></b> ". Beban peluru kuda dan bebola tempur digunakan secara luas oleh orang Amerika pada Pertempuran New Orleans pada tahun 1814 dan ikut bertanggung jawab atas perbedaan tingkat korban antara pasukan Amerika dan Inggris. Keuntungan dari pemuatan ini adalah peluangnya lebih besar untuk mengenai musuh, sehingga membuat tentara yang terluka tidak dapat bertempur. Kerugian dari beban ini adalah bahwa tembakan tersebut tidak menyebabkan luka yang parah pada jarak yang lebih jauh, dan catatan kontemporer menunjukkan banyak dari tentara Inggris yang terluka pulih dengan cepat karena mereka terkena tembakan daripada bola. Senapan gentel biasanya digunakan oleh milisi, misalnya pada masa Revolusi Texas . Namun, peluru kuda dan bebola tempur bekerja dengan baik atau lebih baik pada senapan standar atau bahkan senapan. Beban peluru kuda dan bebola digunakan oleh kedua belah pihak dalam Perang Saudara Amerika, seringkali oleh unit kavaleri.

Perkembangan senapan pompa yang berulang pada tahun 1890-an menyebabkan penggunaannya oleh Marinir AS dalam pemberontakan Filipina dan Jenderal "Black Jack" Pershing yang mengejar Pancho Villa, dan senapan "kerusuhan" dengan cepat disukai polisi sipil. unit, tetapi konsep modern senapan tempur dikembangkan sepenuhnya oleh Pasukan Ekspedisi Amerika selama Perang Dunia I. Senapan parit, demikian sebutannya, adalah senapan aksi pompa laras pendek yang diisi dengan 6 peluru berisi antimon yang dikeraskan 00 buckshot, dan dilengkapi dengan bayonet. M1897 dan M1912 juga dapat ditembakkan dengan banting : senjata yang tidak memiliki pemisah pemicu, peluru dapat ditembakkan satu demi satu hanya dengan menggerakkan salindia jika pelatuknya ditekan, meskipun dalam panasnya pertempuran seseorang dapat dengan mudah melakukan pukulan pendek. senjata dan macet itu. Saat bertempur di dalam parit, senapan yang lebih pendek dapat diputar dengan cepat dan ditembakkan ke dua arah di sepanjang sumbu parit. Senapan tersebut menimbulkan protes diplomatik dari pemerintah Jerman, mengklaim bahwa senapan tersebut menyebabkan cedera yang parah, dan setiap tentara yang kedapatan memilikinya akan dikenakan eksekusi. Pemerintah AS menolak klaim tersebut, dan mengancam akan melakukan pembalasan jika ada tentara AS yang dieksekusi karena kepemilikan senapan.

Senapan ini digunakan oleh pasukan Sekutu dan partisan yang didukung Sekutu di semua medan pertempuran pada Perang Dunia II, dan senapan pompa dan semi-otomatis saat ini dikeluarkan untuk semua cabang militer AS; senjata ini juga telah digunakan dalam konflik berikutnya oleh pasukan Perancis, Inggris, Australia, dan Selandia Baru, serta banyak gerilyawan dan pemberontak di seluruh Afrika sub-Sahara, Amerika Latin dan Selatan, serta Asia Tenggara. Enam model senapan berbeda diterima di tentara AS selama Perang Dunia II, yang paling populer adalah M97 dan M1912 . Salah satu kelemahan penggunaan senapan di Teater Pasifik adalah cara membawa selongsong peluru. Kantong senapan standar yang memuat selongsong peluru berukuran kecil, hanya berisi sekitar 30 butir peluru jika dibawa secara vertikal. Beberapa Marinir membawa peluru tersebut dalam rompi granat SL-3 dari Perang Dunia I, namun rompi ini sulit didapat. Juga digunakan bandolir yang dimodifikasi dan apa pun yang ada atau dapat diimprovisasi.

Kerugian lainnya adalah peluru gentel yang dikuliti kertas, yang akan membengkak ketika lembab di lingkungan hujan atau lembab, dan tidak dapat masuk ke dalam ruangan bahkan setelah kering. Lambung kertas komersial kemudian diresapi dengan lilin untuk membuatnya tahan air, tetapi dalam pertempuran, panas dari penembakan yang cepat akan menyebabkan lilin meleleh, yang sering kali mengakibatkan senjata macet. Selongsong peluru keluaran militer biasanya seluruhnya terbuat dari kuningan untuk menghindari masalah ini, hingga diperkenalkannya lambung plastik pada awal tahun 1960an.

Jenderal Alexander Patch terlihat dipersenjatai dengan senapan Winchester ketika dia secara pribadi memimpin serangan di Guadalkanal .

Dalam peperangan hutan selama Darurat Malaya, Angkatan Darat Inggris dan pasukan lokal Malaya menggunakan senapan dengan efek yang besar karena terbatasnya ruang di hutan dan seringnya pertempuran jarak dekat. Dalam Perang Vietnam, senapan digunakan sebagai senjata individu di tentara Amerika selama patroli hutan dan peperangan perkotaan seperti Serangan Tet .

Selama konflik Somalia pada tahun 1992, gugus tugas AS menguji senapan Remington jenis baru yang disebut Ciener Ultimate Over/Under, yang merupakan perlengkapan di bawah laras untuk varian M16 standar selama Operasi Gothic Serpent . Idenya adalah agar seorang prajurit di tim masuk dapat mendobrak pintu yang terkunci dengan senapan dan kemudian segera beralih ke senapan serbu untuk membersihkan ruangan. Menurut Army Rangers, keputusan mereka positif untuk jenis senjata baru yang melanggar ini.

Dalam operasi di Irak pasca-invasi, pasukan AS menggunakan senapan sergap mereka untuk membersihkan dugaan tempat persembunyian pemberontak dalam pertempuran dari rumah ke rumah. Salah satu senapan eksperimental terkenal yang digunakan dalam jumlah terbatas selama Operasi Enduring Freedom adalah XM26 untuk menembus pintu atau pertempuran jarak dekat (CQ

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Jenis senapan yang paling umum digunakan untuk tujuan ini adalah tipe aksi geser/aksi pompa yang dioperasikan secara manual seperti Remington M870 atau Mossberg 590A1 . Yang terakhir ini saat ini menjadi pilihan bagi angkatan bersenjata AS, dan keduanya telah digunakan oleh militer lain. Tipe aksi pompa tidak terlalu rentan terhadap kegagalan fungsi (terutama bila kotor) dibandingkan desain semi-otomatis . Senapan pompa juga lebih murah dibandingkan senapan semi-otomatis. Meski begitu, senapan semi-otomatis seperti Benelli M1014 saat ini digunakan oleh angkatan bersenjata NATO.

Senapan sergap biasanya memiliki laras yang jauh lebih pendek daripada senapan yang digunakan untuk berburu. Mereka biasanya memiliki magasin dengan desain yang dimodifikasi untuk menampung lebih dari 3 hingga 5 tembakan normal dengan senapan olahraga atau berburu. Kebanyakan senapan sergap memiliki magasin berbentuk tabung yang dipasang di bawah laras. Ini identik dengan senapan berburu, hanya saja lebih panjang untuk menampung lebih banyak amunisi. Beberapa desain terbaru memiliki majalah kotak yang dapat dilepas.

Senapan sergap sebagian besar mirip dengan senapan anti huru hara polisi. Versi militer mungkin memiliki perlengkapan untuk memasang sangkur, dan mungkin dilengkapi dengan pelindung tangan dari baja atau plastik berventilasi di atas laras untuk mengurangi bahaya tentara membakar tangan mereka di laras panas selama tembakan cepat. Senapan anti huru hara lebih cenderung menukar peningkatan kapasitas magasin dengan penurunan ukuran. Misalnya, model tempur kemungkinan besar memiliki 51 cm (20 inci) barel dan kapasitas hingga 10 peluru, sedangkan senapan anti huru hara sering ditemukan dengan barel 35 hingga 46 cm (14 hingga 18 inci) dan kapasitas 5 hingga 8 putaran.

Referensi[sunting | sunting sumber]