Peluru senapan gentel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Peluru kaliber 12-gauge dalam wadah plastik transparan, sehingga isinya dapat terlihat. Dari kiri ke kanan: kuningan, propelan, gumpalan bubuk berlebih, gumpalan tembakan, tembakan burung #8, gumpalan tembakan berlebih, dan kerutan

Peluru senapan gentel, shotshell atau hanya shell adalah jenis peluru silinder (lurus-berdinding) rimmed, yang digunakan secara khusus pada senapan gentel, dan biasanya diisi dengan banyak sub-proyektil berbentuk bola kecil seperti pelet yang disebut gotri, ditembakkan melalui Laras harus dengan penyempitan meruncing pada moncongnya untuk mengatur luasnya hamburan. Peluru terkadang juga hanya berisi satu proyektil padat besar yang dikenal sebagai peluru-gotri (terkadang ditembakkan melalui Laras peluru-gotri berulir). Lambungnya biasanya terdiri dari kertas atau tabung plastik yang bagian dasarnya sering ditutupi dengan penutup kepala logam yang menyimpan primer, dan muatan tembakan biasanya terkandung dalam wadding/sabot di dalam wadahnya.[1] Kaliber peluru dikenal sebagai gauge.

Proyektil secara tradisional terbuat dari timah, tetapi logam lain seperti baja, tungsten dan bismut juga digunakan karena pembatasan timbal,[2] atau untuk alasan kinerja seperti mencapai kecepatan tembakan yang lebih tinggi dengan mengurangi massa muatan tembakan. Proyektil tidak biasa lainnya seperti pecahan flechette yang disabot, bola karet, garam batu dan magnesium juga ada. Peluru juga dapat dibuat dengan proyektil khusus tidak mematikan seperti karet dan peluru tas biji.

Senapan gentel memiliki jarak efektif sekitar 35 m (38 yd) dengan buckshot, 45 m (49 yd) dengan peluru burung, 100 m (110 yd) dengan peluru-gotri, dan lebih dari 150 m (160 yd) dengan peluru-gotri yang disabot di laras berulir.[3][4][5]

Peluru lainnya meliputi:

  • Peluru ferret: peluru yang dirancang untuk menembus penghalang tipis (misalnya pintu mobil) dan melepaskan muatan gas.
  • Peluru bolo: dua bola timah besar yang diikat dengan kawat.
  • Peluru piranha: cangkangnya penuh dengan paku payung yang tajam.
  • Peluru nafas naga: peluru yang penuh dengan bahan kimia pembakar yang menghasilkan bola api/nyala api saat dilepaskan, dan dapat menyulut target yang mudah terbakar dari jarak dekat .

Kebanyakan peluru senapan dirancang untuk ditembakkan dari laras halus, karena "tembakan" akan tersebar terlalu luas dengan ulir. Laras senapan akan meningkatkan akurasi peluru sabot, tetapi membuatnya tidak cocok untuk menembakkan tembakan, karena laras tersebut memberikan putaran pada wadah tembakan, menyebabkan kelompok tembakan menyebar. Peluru-gotri berulir menggunakan ulir pada peluru-gotri itu sendiri sehingga dapat digunakan pada senapan gentel laras halus.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Siler, Wes. "What's Inside Shotgun Shell And Why". Gizmodo (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-01-20. 
  2. ^ "USGS National Wildlife Health Center - Lead Poisoning". www.nwhc.usgs.gov. Diakses tanggal 2018-01-20. 
  3. ^ "Shotgun Slugs". 
  4. ^ "Shotgun Shells Explained - (Birdshot, Buckshot, Slug)". 25 Januari 2016. 
  5. ^ "Shotgun". Encyclopedia Britannica (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 26-04-2018.