Lompat ke isi

Sembeliak merah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sembeliak merah
Hoplostethus atlanticus Edit nilai pada Wikidata

Edit nilai pada Wikidata
Status konservasi
Rentan
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasActinopteri
OrdoBeryciformes
FamiliTrachichthyidae
GenusHoplostethus
SpesiesHoplostethus atlanticus Edit nilai pada Wikidata
Collett, 1889

Sembeliak merah ( Hoplostethus atlanticus ), juga dikenal sebagai sembeliak jingga, adalah ikan laut dalam yang relatif besar milik keluarga slimehead (Trachichthyidae). Masyarakat Konservasi Laut Inggris mengkategorikan ikan sembeliak merah sebagai "rentan terhadap eksploitasi". Bersifat batipelagis, ditemukan di daerah dingin ( 3 hingga 9 °C or 37 hingga 48 °F ), perairan dalam ( 180-hingga-1.800-meter or 590-hingga-5.910-kaki ) di Samudra Pasifik Barat, Samudra Atlantik bagian timur (dari Islandia hingga Maroko; dan dari Teluk Walvis, Namibia, hingga lepas pantai Durban, Selatan Afrika), Indo-Pasifik (di lepas pantai Selandia Baru dan Australia), dan di Pasifik timur di lepas pantai Chile. Sembeliak merah terkenal karena umurnya yang luar biasa, mencapai lebih dari 200 tahun. Hal ini penting untuk perikanan pukat-hela (trawl) secara komersial. Warna ikannya cerah, merah bata, memudar menjadi jingga kekuningan setelah mati.

Seperti ikan sembeliak lainnya, sembeliak merah tumbuh lambat dan terlambat dewasa, sehingga memiliki ketahanan yang sangat rendah, sehingga sangat rentan terhadap penangkapan ikan yang berlebihan . Banyak stok ikan (terutama yang berada di Selandia Baru dan Australia, yang pertama kali dieksploitasi pada akhir tahun 1970an), mengalami penurunan drastis dalam kurun waktu 3-20 tahun, namun beberapa di antaranya telah pulih ke tingkat yang diyakini oleh manajemen perikanan sebagai hal yang berkelanjutan, meskipun jauh di bawah populasi yang tidak ditangkap.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Ikan di Kepulauan Faroe :
Sembeliak meraj, Hoplostethus atlanticus Prangko Faroe dikeluarkan: 7 Februari 1994Seniman: Astrid Andreasen

Ikan sembeliak merah bukanlah ikan yang ramping secara vertikal. Kepalanya yang bulat dipenuhi saluran muciferous (bagian dari sistem gurat sisi ), seperti ciri khas ikan sembeliak. Sirip punggung tunggal berisi empat hingga enam duri dan 15 hingga 19 jari lunak; sirip dubur berisi tiga duri dan 10 hingga 12 jari lunak. Sisik perut yang berjumlah 19 hingga 25 ( sisik yang dimodifikasi) membentuk punggung median yang keras dan bertulang antara sirip perut dan anus . Sirip dada masing-masing berisi 15 hingga 18 jari lembut; sirip perut berbentuk dada dan berisi satu tulang belakang dan enam jari lunak; sirip ekor bercabang dua. Bagian dalam mulut dan rongga insang berwarna hitam kebiruan; mulutnya sendiri besar dan sangat miring. Sisiknya berbentuk ctenoid dan melekat. Gurat sisi tidak terputus, dengan 28 hingga 32 sisik yang duri atau 'ctenii' sebagian besar mengaburkan pori-pori gurat sisi. Matanya besar.

Sembeliak merah adalah spesies sembeliak terbesar yang diketahui dengan panjang standar maksimum (pengukuran tidak termasuk sirip ekor) 75 cm (30 in) dan berat maksimum 7 kg (15 pon) . Rata-rata ukuran tangkapan komersial umumnya antara 35 dan 45 sentimeter (14 dan 18 in) panjangnya, sekali lagi, bervariasi berdasarkan luas.

Daur hidup[sunting | sunting sumber]

Spesimen yang diawetkan dipajang di museum

Sembeliak merah umumnya lamban dan bersifat demersal ; mereka membentuk kelompok dengan kepadatan populasi alami hingga 2,5 ikan per m 2, kini berkurang menjadi sekitar 1,0 per m 2 . Agregasi ini terbentuk di dalam dan di sekitar struktur geologi, seperti ngarai bawah laut dan gunung bawah laut, di mana pergerakan dan pencampuran air tinggi, sehingga memastikan konsentrasi mangsa yang padat. Agregasi tersebut tidak harus untuk pemijahan atau mencari makan; ikan diperkirakan melakukan siklus melalui fase metabolisme (aktif atau makan dan tidak aktif atau istirahat) dan mencari area dengan kondisi hidrologi yang ideal untuk berkumpul selama setiap fase. Mereka kehilangan hampir semua pigmentasi saat tidak aktif, saat mereka sangat mudah didekati.

Saat aktif, ikan muda terutama memakan zooplankton seperti udang mysid, euphausiids (krill), ikan mesopelagis dan bentopelagis, amphipoda, dan krustasea lainnya; orang dewasa mengkonsumsi ikan yang lebih kecil, terutama dari keluarga kepe-kepe dan ikan lentera, dan cumi-cumi, yang merupakan 20% dari makanan mereka. Pola makan ikan orange roughy berhubungan dengan kedalaman, sedangkan pola makan orang dewasa berbanding terbalik dengan pola makan remaja. Misalnya, konsumsi krustasea remaja paling rendah pada 900 meter (3.000 ft) namun bertambah seiring kedalaman, sedangkan krustasea pada makanan dewasa mencapai puncaknya pada 800–1.000 meter (2.600–3.300 ft) dan berkurang seiring dengan kedalaman. Konsumsi ikan justru sebaliknya: konsumsi ikan remaja menurun seiring dengan bertambahnya kedalaman, sedangkan konsumsi ikan dewasa meningkat. Pola pemberian makan yang terbalik ini mungkin merupakan contoh pembagian sumber daya untuk menghindari persaingan intraspesifik untuk mendapatkan makanan yang tersedia di kedalaman yang jumlah mangsanya lebih sedikit. Fase metabolisme orange roughy diperkirakan terkait dengan variasi musiman dalam konsentrasi mangsa. Fase tidak aktif menghemat energi selama masa paceklik. Sembeliak merah dapat hidup lebih dari 200 tahun. [2]

Konsumsi[sunting | sunting sumber]

Dagingnya keras dengan rasa yang ringan; itu dijual dikuliti dan diiris, segar atau beku. [3] Spesies ini pertama kali diberi nama umum "Orange Roughy" oleh para ilmuwan di Selandia Baru pada tahun 1975 setelah penemuan kumpulan besar selama pelayaran penelitian perairan dalam. [4] [5] [6] Perikanan skala besar untuk ikan sembeliak merah kemudian berkembang di sekitar Selandia Baru, dan impor ke Amerika Serikat meningkat dimana ia berganti nama dari “slimehead” yang kurang menarik secara gastronomi melalui program Layanan Perikanan Laut Nasional AS pada akhir tahun 1970an yang mengidentifikasi spesies yang kurang dimanfaatkan. diganti namanya agar lebih mudah dipasarkan. [7]

Secara historis, Amerika Serikat merupakan konsumen terbesar sembeliak merah, namun dalam beberapa tahun terakhir, pasar sembeliak merah di Tiongkok telah meningkat secara signifikan. Pada tahun 2014, AS mengimpor sekitar 1.455 ton (4,4 juta lb) (terutama fillet) dari Selandia Baru, Tiongkok, Peru, dan Indonesia. Pada tahun 2015, Tiongkok mengimpor setidaknya 4.000 ton (8,8 juta lb) (terutama ikan utuh).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Collette, B.; Fernandes, P.; Heessen, H.; Herrera, J.; Smith-Vaniz, W.F. (2015). "Hoplostethus atlanticus (Europe assessment)": e.T155168A45884209. 
  2. ^ Evans, Kate (Nov–Dec 2019). "The 230-year-old fish". New Zealand Geographic. 160. 
  3. ^ "Science fact sheet: Orange Roughy - delicacy from the deep". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-07-09. Diakses tanggal 2007-08-17. 
  4. ^ Batson, P. B. (2003). Deep New Zealand : blue water, black abyss. Kim Westerskov. Christchurch, N.Z.: Canterbury University Press. ISBN 1-877257-09-5. OCLC 52201441. 
  5. ^ Johnson, David (2004). Hooked : the story of the New Zealand fishing industry. Jenny Haworth. Christchurch, N.Z.: Hazard Press for the Fishing Industry Association. ISBN 1-877270-64-4. OCLC 57574484. 
  6. ^ Pankhurst, Tim (2017). Roughy on the rise : the story of New Zealand's most controversial fishery. Wellington, Aotearoa New Zealand. ISBN 978-0-947493-40-0. OCLC 987574122. 
  7. ^ Jacquet, J. L.; Pauly, D. (May 2008). "Trade secrets: Renaming and mislabeling of seafood". Marine Policy. 32 (3): 309–318. doi:10.1016/j.marpol.2007.06.007.