Sirip ikan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Pada ikan, sirip merupakan organ yang menonjol dari tubuh yang ditutupi dan dihubungkan oleh selaput kulit. Fungsinya umumnya adalah untuk membantu ikan berenang, walaupun kadang digunakan juga untuk meluncur atau merangkak, seperti pada ikan terbang dan ikan kodok. Sirip pada ikan terletak pada berbagai tempat untuk berbagai fungsi, seperti gerak maju, berputar, atau mempertahankan posisi tegak.

Jenis sirip[sunting | sunting sumber]

Sirip pada ikan juga dibagi menjadi lima plus satu macam, yaitu:

  • Sirip punggung (pinnae dorsalis)

Sirip yang berada dibagian dorsal tubuh ikan dan berfungsi dalam stabilitas ikan, ketika berenang. Bersama dengan sirip anus membantu ikan untuk bergerak memutar

  • Sirip dada (pinnae pectoralis)

Sirip yang terletak di posterior operculum atau pada pertengahan tinggi pada kedua sisi tubuh ikan. Fungsi sirip ini adalah untuk pergerakan maju, ke samping dan diam (mengerem).

  • Sirip perut (pinnae ventralis)

Sirip yang berada pada bagian perut ikan dan berfungsi dalam membantu menstabilkan ikan saat renang. Selain itu juga, berfungsi dalam membantu untuk menetapkan posisi ikan pada suatu kedalaman.

  • Sirip anus (pinnae analis)

Sirip yang berada dibagian ventral tubuh di daerah posterior anal. Fungsi sirip ini adalah membantu dalam stabilitas berenang ikan.

  • Sirip ekor (pinnae caudalis)

Sirip ikan yang berada di bagian posterior tubuh dan biasanya disebut sebagai ekor. Pada sebagian besar ikan, sirip ini berfungsi sebagai pendorong utama ketika berenang (maju) dan juga sebagai kemudi ketika bermanuver

  • Adipose fin

Sirip yang keberadaannya tidak ada pada semua jenis ikan. Letak sirip ini adalah pada dorsal tubuh, sedikit didepan Sirip ekor.