Sisik ikan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sisik sikloid pada ikan teleostei (rohu)

Sisik ikan adalah plat-plat kecil yang tumbuh dari kulit seekor ikan. Sisik dari kebanyakan ikan berahang tertutup oleh sisik pelindung ini, yang juga dapat memberi kamuflase efektif dengan menggunakan refleksi dan pewarnaan, juga kemungkinan kelebihan hidrodinamik.

Sisik sangat bervariasi dalam ukuran, bentuk, struktur dan lokasi tumbuh, mulai dari plat zirah kuat dan kaku pada ikan seperti ikan udang dan ikan kotak, hingga sisik mikroskopik atau tanpa sisik sama sekali seperti pada belut dan lophiiformes. Morfologi dari sisik dapat digunakan untuk mengindentifikasi spesies ikan. Sisik ikan berevolusi dari ostracoderm tak berahang, yang merupakan leluhur dari semua ikan berahang masa kini. Kebanyakan ikan bertulang ditutupi oleh sisik sikloid seperti pada salmon dan ikan mas Cyprinidae, atau sisik ctenoid pada perch, atau sisik ganoid pada sturgeon dan gar. Ikan bertulang rawan seperti hiu dan ikan pari ditutupi oleh sisik plakoid. Beberapa spesies ditutupi oleh skat. sementara lainnya tidak memiliki tutupan luar pada kulitya sama sekali.

Sisik ikan merupakan bagian dari sistem intergumen ikan, dan dihasilkan dari lapisan mesoderm pada dermis, yang membedakannya dengan sisik reptil.[1][2] Gen yang mengontrol perkembangan sisik merupakan gen yang sama yang terlibat pada perkembangan gigi dan rambut pada mamalia. Sisik plakoid pada ikan bertulang rawan juga dikenal sebagai dentikel dermal, dan secara struktur homolog dengan gigi vertebrata. Kebanyakan ikan juga tertutupi oleh sebuah lapisan mukus atau lendir yang dapat melindungi sisik dari patogen, dan dapat mengurangi gaya gesek saat berenang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mongera, A.; Nüsslein-Volhard, C. (2013). "Scales of fish arise from mesoderm". Current Biology. 23 (9): R338–R339. doi:10.1016/j.cub.2013.02.056alt=Dapat diakses gratis. PMID 23660349. 
  2. ^ Sharpe, P. T. (2001). "Fish scale development: Hair today, teeth and scales yesterday?". Current Biology. 11 (18): R751–R752. doi:10.1016/S0960-9822(01)00438-9alt=Dapat diakses gratis. PMID 11566120.