Semanding, Gombong, Kebumen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Semanding
Desa
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Kebumen
Kecamatan Gombong
Kodepos 54414
Luas 171 Ha
Kepadatan -

Semanding adalah merupakan sebuah desa di kecamatan Gombong, Kebumen, Jawa Tengah, Indonesia. Asal kata Semanding dari Bahasa Jawa yaitu nyanding arti Bahasa Indonesia sambil menyediakan. Ciri khas daerah Desa Semanding bisa dilihat dari jalan sempor baru, dari jauh kelihatan pohon besar yang dijuluki Mbah Syheyeg (bertempat di TPU). Ketinggian pohon kurang lebih 15 meter. Desa Semanding juga memiliki pabrik rokok hingga garam.

Batas-batas Wilayah[sunting | sunting sumber]

  1. Utara : Kecamatan Sempor
  2. Selatan : Wonokriyo dan Kecamatan Sempor
  3. Barat : Kecamatan Sempor
  4. Timur : Desa Sidayu dan Kelurahan Gombong

Pembagian Wilayah[sunting | sunting sumber]

Desa Semanding terdiri dari 3 pedukuhan atau kampung yaitu:

  1. Dukuh Karangmaja
  2. Dukuh Karangturi
  3. Dukuh Semanding

Penduduk[sunting | sunting sumber]

Struktur masyarakat sebagian besar terdiri dari pedagang kecil, tukang becak, petani, guru, tentara, buruh pabrik. Bahasa yang dipakai jawa Banyumasan atau Ngapak. Pertumbuhan Desa Semanding semakin cepat dengan adanya mitra kerjasama pabrik rokok Nasional Dji Sam Soe, kontrakan dan perumahan serta pendatang semakin banyak. Sehingga arah perkembangan Desa Semanding cenderung menjadi kota pinggiran Gombong.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Desa Semanding memiliki 2 SD Negeri (SDN) yaitu SDN 1 Semanding dan SDN 2 Semanding. Serta mempunyai 3 SMA Swasta dan 1 SMA Negeri (SMAN) yaitu SMAN 1 Gombong, SMK PGRI 1 Gombong, SMA Pius Bakti Utama Gombong dan SMK Teknologi Informasi Gombong.