Savona F.B.C.

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Savona
Logo Savona F.B.C.
Nama lengkapSavona Foot-Ball Club S.r.l.
Berdiri1907
StadionStadio Valerio Bacigalupo,
Savona, Italy
(Kapasitas: 4,000)
KetuaAldo Dellepiane
Head CoachAlessandro Siciliano
LigaLega Pro B
2013-14Lega Pro Prima Divisione A, 6th
Kostum kandang
Kostum tandang

Savona Foot-Ball Club adalah sebuah klub sepak bola Italia yang berlokasi di Savona, Liguria. Saat ini mereka bermain di Serie D dan pertandingan kandang dimainkan di Stadio Valerio Bacigalupo.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Klub ini didirikan pada tahun 1907 oleh Cesare Lanza dan Nicolo Pessano kemudian mulai berkompetisi pada tahun 1910. Savona pernah berlaga selama dua musim di kompetisi teratas Italia pada tahun 1920an dan juga berkompetisi cukup lama di Serie B, terakhir pada musim kompetisi 1966-67.

Setelah menghabiskan waktu yang lama di Serie C2, tim ini akhirnya degradasi ke Serie D dan berkutat di liga tersebut kecuali pada musim 2003 hingga 2005 ketika mereka promosi ke Serie C2 sebelum akhirnya degradasi kembali.

Pada musim 2009-10 mereka promosi dari Serie D ke Lega Pro Seconda Divisione. Pada tanggal 3 Desember 2011, mereka kembali dinyatakan bangkrut setelah mengalami kesulitan keuangan.[1][2][3][4][5] Pada tanggal 13 Maret 2012 Aldo Dellepiane mengambil alih kepemilikan klub tersebut hanya dengan 1 Euro namun membayar sejumlah hutangnya dan menyelamatkan klub tersebut.

Warna dan Lambang[sunting | sunting sumber]

Warna seragam Savona adalah putih dan biru.

Gelar[sunting | sunting sumber]


Mantan pemain kenamaan[sunting | sunting sumber]

Mantan pemain tim nasional

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]