Borgosesia Calcio

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Borgosesia
Borgosesia Calcio.jpg
Nama lengkap Borgosesia Calcio
Didirikan 1925
Stadion Stadio Comunale,
Borgosesia, Italy
(Kapasitas: 2,500)
Ketua Luciano Strada
Manajer Vincenzo Manzo
Liga Serie D/A
2011–12 Serie D/A, 6th
Kostum kandang
Kostum tandang

Borgosesia Calcio adalah sebuah klub sepak bola Italia yang berada di kota Borgosesia, Piemonte. Borgosesia saat ini bermain di Serie D.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pembentukan[sunting | sunting sumber]

Klub ini dibentuk pertama kali pada tahun 1925 sebagai hasil penggabungan dari Borgosesia Football Club dan Vallana Trattoria, tim dari distrik Santa Maria. Presiden klub pertama adalah Angelo Donati, dan wakilnya Franco Negri. Warna seragam mereka awalnya adalah putih, kemudian berubah menjadi hijau. Arena mereka pada awalnya berada di sebuah lapangan di dekat stasiun kereta api, kemudian berpindah ke Viale Vittorio Veneto. Pada tahun 1932, mereka mengubah namanya menjadi Associazione Sportiva Borgosesia.

Pada tahun 1945 setelahPerang Dunia II, insinyur Bozzola dibantu oleh beberapa pemuka setempat mendirikan kembali klub ini dengan nama Associazione Calcio Borgosesia. Sejak saat itu, warna seragam tim menjadi merah marun dengan sedikit campuran hijau.

Serie D[sunting | sunting sumber]

Tahun 1952 Borgosesia promosi ke Division IV (saat ini disebut Serie D). Pelatihnya waktu itu adalah Frederick Munerati. Pada tahun 1954 tim ini diundang mengikuti pelatihan Nazionale Italiana, yang kemudian dilatih oleh Silvio Piola.

Tahun 1968 setelah melalui pertandingan sengit melawan Suno, Borgosesia bermain selama 8 musim di Serie D. Pemain kunci yang mempertahankan mereka di Serie D adalah Tarabbia, Giancarlo Amadeo, Donna dan Sturaro. Akhirnya pada tahun 1976 mereka degradasi.

Pada tahun 1990, era baru dimulai untuk klub ini. Dipimpin oleh Mario Majolo dan pelatih muda Gianmario Arrondini, mereka berhasil menembus Promozione. Ketika terjadi perombakan di sistem liga tahun 1991, Borgosesia dimasukkan dalam liga Eccellenza.

Bersama pelatih Paul Rose, mereka promosi ke Campionato Nazionale Dilettanti pada tahun 1993. Mereka pada akhirnya memenangi kejuaraan dan untuk pertama kali dalam sejarahnya promosi ke Serie C2. Akan tetapi mereka hanya bertahan satu musim dengan dikalahkan Pro Patria di final playoff degradasi.

Pada musim 2011/2012 di Serie D Grup B, mereka menempati posisi ke-6.

[sunting | sunting sumber]

Warna seragam mereka adalah merah tua.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]