Santo Kizito

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Santo Kizito
Santo Kizito dibaptis oleh Santo Charles Lwanga di Munyonyo – Kaca patri di Basilika Martir Munyonyo
Martir
Lahir1872
Buganda, Uganda
MeninggalJune 3, 1886 – 1872; umur -15–-14 tahun
Namugongo, Uganda
Dihormati diGereja Katolik
Beatifikasi1920 oleh Paus Benediktus XV
Kanonisasi18 Oktober 1964 oleh Paus Paulus V
Tempat ziarahBasilika Para Martir Uganda, Namugongo, Munyonyo Martyrs Shrine
Pesta3 Juni
Pelindunganak anak, pelajar sekolah dasar

Santo Kizito (1872 – 3 Juni 1886) adalah salah satu Martir Uganda dan martir termuda yang dibunuh oleh Raja Mwanga II dari Buganda . Ia dibaptis pada tanggal 25 Mei 1886, dengan nama baptis yang tidak tercatat oleh Charles Lwanga, pemimpin komunitas Kristen Uganda pada saat itu, di Munyonyo, dan dibakar hidup-hidup saat umur pada tanggal 3 Juni 1886 di Namugongo . Ia dikanonisasi pada tanggal 18 Oktober 1964 oleh Paus Paulus VI di Roma . Hari rayanya jatuh pada tanggal 3 Juni. Ia dianggap sebagai santo pelindung anak-anak dan sekolah dasar.[1]

Santo Kizito merupakan anak dari keturunan Lukomera dari Klan Mamba, dan Wangabira dari Klan Fumbe, karena adanya perjanjian antara Klan Fumbe, dan Klan Mamba dari keturunan maka Kizito diadopsi oleh Nyika(kepala Daerah Bulmezi).Dirinya adalah seorang anak laki-laki yang tampan, meskipun bertubuh kecil untuk anak seusianya, dengan karakter yang bersemangat dan lincah.

Kizito dipekerjakan sebagai pesuruh raja. Pada pagi hari yang menentukan tanggal 25 Mei 1886, dia dikirim untuk mengumpulkan kano untuk Mwanga untuk pergi berburu kuda nil. Menjadi muda dan tampan, Kizito adalah objek nafsu homoseksual raja, tapi dia cukup dewasa untuk memahami kejahatan yang mengancamnya. Diperkuat oleh nasihat Charles Lwanga, dia dengan susah payah menolak rayuan raja yang tidak diinginkan. Pembunuhan, rekannya di apartemen kerajaan, dan pengebirian Honorat Nyonyintono, sang mayordomo, telah membuat kaget Kizito kecil. Charles Lwanga meyakinkannya pada malam tanggal 25 Mei: "Jika kita harus mati demi Yesus, kita akan mati bersama bergandengan tangan." Bersama empat katekumen lainnya, Kizito dibaptis oleh Charles Lwanga malam itu di ruang audiensi Munyonyo.

Keesokan harinya, di pelataran ruang audiensi, raja menjatuhkan hukuman mati kepada mereka semua dengan cara dibakar di Namugongo.Mereka diikat menjadi dua kelompok, yaitu anak laki-laki yang lebih tinggi dan lebih kecil. Lourdel memperhatikan bahwa Kizito kecil sedang terlihat tertawa dalam situasi itu seperti sedang bermain. Setelah sampai di Namugongo, para martir muda itu harus menunggu selama seminggu. Meskipun mereka diikat atau dibelenggu dengan tali, cincin besi dan kuk budak, mereka menghabiskan waktu dengan berdoa dan bernyanyi. Umat ​​​​Katolik mendaraskan doa pagi dan sore, doa syukur sebelum dan sesudah makan, Angelus dan rosario. Para algojo mereka kagum pada ketenangan, kepasrahan dan kegembiraan dari tuduhan mereka.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]