Basilika Martir Munyonyo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Martir Munyonyo
Basilika Minor Tempat Ziarah Para Martir Uganda
Inggris: Munyonyo Martyrs Shrine
Basilika Martir Munyonyo
LokasiMunyonyo, Kampala
NegaraUganda
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Kampala

Basilika Tempat Ziarah Para Martir Munyonyo adalah sebuah gereja basilika minor Katolik dan tempat ziarah nasional yang didedikasikan untuk Martir Uganda.

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Gereja ini terletak di Munyonyo, Kampala, di Uganda Tengah. Munyonyo terletak sekitar 13 kilometer (8,1 mi), melalui jalan darat, di sebelah selatan kawasan pusat bisnis Kampala, ibu kota Uganda dan kota terbesar di sana .

St. Kizito dibaptis oleh St. Charles Lwanga di Munyonyo.

Ikhtisar[sunting | sunting sumber]

Tempat Ziarah Martir Munyonyo adalah tempat kemartiran para pemimpin di daerah kantong Kerajaan; Andrew Kaggwa dan St. Denis Ssebugwawo - Para Martir Uganda dibunuh oleh Raja Mwanga II pada tanggal 26 Mei 1886 dikanonisasi oleh Paus Paulus VI pada tahun 1964. Ini juga merupakan tempat di mana pada tahun 1886 Santo Charles Lwanga - pemimpin komunitas Katolik di Uganda membaptis St. Kizito, St. Mbaga, St. Gyavira dan St. Muggaga.

Raja Mwanga di atas kaca patri di Munyonyo

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Monumen di Munyonyo menandai tempat di mana para martir masa depan berjalan menuju kematian
Kemartiran Andrew Kaggwa
Amfiteater terbuka yang dibangun di atas makam martir

Di Munyonyo di mana Raja Mwanga mengambil keputusan penting untuk mulai membunuh orang Katolik. Darah Martir Uganda ditumpahkan di tanah sekitar Munyonyo. Tiga orang Katolik pertama yang menyerahkan nyawanya demi Kristus setelah keputusan Raja melakukannya pada tanggal 26 Mei 1886 – mereka adalah: St. Denis Ssebugwawo, St. Pontiano Ngondwe.

Tempat di mana St. Danis ditombak

Di Munyonyo, semua pageboy Katolik Raja ditangkap dan dijatuhi hukuman mati di Namugongo (tempat eksekusi yang ditentukan Kerajaan). Para tahanan diikat secara menyedihkan satu sama lain, dan disuruh menjalani perjalanan terakhir hidup mereka dengan dikawal oleh tentara tanpa ampun; perjalanan mereka adalah ziarah terakhir yang brutal dan membangkitkan semangat. Dalam perjalanan ke Namugongo, di tempat sepi di pinggir jalan di Kyamula, Pontiano menjadi martir – dia adalah orang Uganda ketiga yang kasihnya kepada Kristus melebihi keinginannya untuk hidup itu sendiri. Pada hari yang sama di Munyonyo, hamba Tuhan, Romo Symeon Lourdel (Mapeera) dengan putus asa mencari audiensi dengan Raja Mwanga untuk campur tangan bagi umat Katolik yang dikutuk. Namun, dia tidak diizinkan menemui Raja.

Setelah mengetahui bahaya besar dan mengancam yang akan menimpa komunitas Katolik Uganda, saat malam tiba pada tanggal 25 Mei 1886, Charles Lwanga (pemimpin komunitas Katolik Uganda) diam-diam membaptis empat katekumen di Munyonyo: St. Kizito, St. Mbaga, St. Gyavira dan St. Muggaga Pagi harinya, Raja Mwanga membawa seluruh istananya ke hadapannya dan memisahkan orang-orang Katolik dari yang lain sambil berkata, "mereka yang tidak berdoa berdiri di sisiku, mereka yang berdoa berdiri di sana". Ia kemudian bertanya kepada lima belas anak laki-laki dan laki-laki muda yang berdiri terpisah apakah mereka beragama Katolik dan, jika memang demikian, apakah mereka berniat untuk tetap menjadi Katolik. Ketika mereka menjawab "Ya" dengan kekuatan dan keberanian, Mwanga menghukum mati mereka semua. Setelah dipenjara sebentar, calon martir kemudian berjalan, terhuyung-huyung dan sering diseret selama beberapa hari hingga akhirnya mencapai lokasi kemartiran di Namugongo (3 Juni 1886).

Kejadian terkini[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2014, Uganda merayakan 50 tahun sejak Martir Uganda dikanonisasi dan diangkat menjadi Santo oleh Paus Paulus VI pada tanggal 18 Oktober 1964. Tempat Ziarah Martir Uganda di Munyonyo adalah monumen ucapan syukur atas kanonisasi mereka . Peletakan batu pertama secara resmi dilakukan pada tanggal 3 Mei 2015 oleh Papal Nuncio untuk Uganda; Uskup Agung Michael A. Blume dan Kardinal Emmanuel Wamala. Pembangunan kembali mencakup pembangunan tempat ziarah gereja baru, museum, kantor, dan tempat kemartiran para orang suci.[1]

Sejak Oktober 2013, tempat ziarah ini dikelola oleh ordo religius Fransiskan Greyfriars - Fransiskan Konventual.[2]

Paus Fransiskus mengunjungi dan memberkati batu penjuru Tempat Suci pada tanggal 27 November 2015 selama perjalanannya ke Afrika.[3] Pembangunan gereja baru selesai pada tahun 2016 dan tempat suci tersebut ditahbiskan pada tanggal 28 Oktober 2017 oleh Kardinal Fernando Filoni.

Pada tanggal 19 Juli 2019, Takhta Suci menganugerahkan gereja tersebut gelar dan martabat basilika minor. Dekrit tersebut ditandatangani oleh Kardinal Robert Sarah, Prefek Dikasteri untuk Ibadat Ilahi dan Tata Tertib Sakramen atas nama Paus Fransiskus.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]