SMP Negeri 1 Purwakarta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
SMP Negeri 1 Purwakarta
Logo SMP Negeri 1 Purwakarta
Informasi
Didirikan 1942
Jenis Negeri
Akreditasi A
Nomor Statistik Sekolah 2010220001501
Kepala Sekolah rikrik halimatusadiah
Rentang kelas VII, VIII, IX
Kurikulum Kurikulum 2013
Alamat
Lokasi Jl. Kol. Kornel Singawinata No. 60, Provisi jawa barat,  Indonesia
Telp./Faks. +62-264-200210
Situs web [1]

SMP Negeri (SMPN) 1 Purwakarta, merupakan salah satu Sekolah Menengah Pertama Negeri yang ada di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Sama dengan SMP pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di SMPN 1 Purwakarta ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas VII sampai Kelas IX. Sekolah ini termasuk sekolah terfaforit di kabupaten purwakarta. Dan banyak alumni dari didikan sekolah ini yang menjadi salah satu tokoh yang diciptakan dari purwakarta. dan masih berdiri hingga saat ini.

Sejarah Singkat[sunting | sunting sumber]

Berbicara Sejarah berdirinya SMP Negeri 1 Purwakarta, tidak dapat dilepaskan dari dunia pendidikan yang ada di kota Purwakarta waktu itu.

Sekitar tahun 1942, sebelum bala tentara Jepang masuk ke Indonesia Lembaga Pendidikan di Kewedanaan Purwakarta hanya sampai pada tingkat SR (Sekolah Rakyat), itu pun baru ada 3 buah, H.I.S (Holandsch Inlande School) yang sekarang menjadi SD Singawinata, E.L.S (Europe Lagere School) yang bangunannya sekarang menjadi SMUN 1 Purwakarta, dan Schakels School di Jalan SIliwangi sekarang. Setelah Belanda menyerah kepada Jepang, sekitar tahun 1943 atas prakarsa Engku Soendoro, didirikan Chuugakko (SLTP) bertempat di bekas bangunan Normaal School (sekolah guru, Sekarang PGSD). Kemudia Pindah ke bangunan bekas asrama tentara di kantor Keresidenan Djakarta, sampai sekarang. Dan namanya berubah menjadi SMP Purwakarta (tanpa nomor).

Jika melihat keberadaan Chugakko merupakan satu-satunya sekolah menengah pertama (waktu itu) di Kabupaten Karawang yang ibu kotanya Purwakarta, maka jelas pada awal berdirinya, sudah merupakan sekolah yang diminati oleh masyarakat yang sangat luas.

Perlu diketahui sebelum Kabupaten Karawang meliputi Karawang, Rengasdengklok, Purwakarta, Subang, Pamanukan dan Sagalaherang.

Bahkan sampai pada tahun 1965, anak-anak yang berasal dari Plered, Pasawahan, Wanayasa, Campaka jika ingin melanjutkan ke SLTP mereka harus ke Purwakarta.

SMP Negeri 1 Purwakarta sejak tahun pelajaran 2004/2005 s.d tahun pelajaran 2006/2007 terpilih sebagai salah satu Sekolah Standar Nasional (SSN) dan menyelenggarakan program percepatan belajar. Sekarang dilanjutkan dengan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) pada tahun 2008/2009, hal ini merupakan penghargaan sekaligus kepercayaan dari Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah, sehingga SMP Negeri 1 Purwakarta merupakan barometer untuk mengukur maju mundurnya mutu pendidikan di Kabupaten Purwakarta

Pernah terjadi kesurupan massal. Kurikulumnya sekarang sudah menjadi kuriulum 2013. Bukan sekolah RSBI lagi.

memiliki system pembelajaran purwakarta :

Hari pertama untuk program di atas dinamakan Ajeg Nusantara. Jadi guru akan mengajarkan muridnya seluruh mata pelajaran dikaitkan dengan budaya yang ada di nusantara.

Hari kedua, Mapag di Buana atau menjemput dunia. Maksudnya anak-anak akan diberikan pengetahuan tentang dunia internasional. Hari ketiga Maneuh di Sunda, muatannya berisi pendidikan khas Sunda.

Keempat diberi nama Nyanding Wawangian, ini hari khusus belajar estetika. Dijelaskan, murid belajar sastra, mendekorasi ruangan dan lain sebagainya.

"Hari Jumat diberi nama Nyucikeun Diri. Di hari Jumat itu berisi penanaman nilai spiritual dan kebersihan lingkungan. Untuk Hari Sabtu dan Minggu diberi nama Betah di Imah karena hari libur anak sekolah

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Berbagai fasilitas dimiliki SMPN 1 Purwakarta untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Fasilitas tersebut antara lain:

Ekstrakurikuler[sunting | sunting sumber]

Kegiatan ekstrakurikuler merupakan salah satu alat pengenalan siswa pada hubungan sosial. Di dalamnya terdapat pendidikan pengenalan diri dan pengembangan kemampuan selain pemahaman materi pelajaran.

Berangkat dari pemikiran tersebut, di SMPN 1 Purwakarta diselenggarakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler.;

Selain OSIS sebagai induk kegiatan ektrakurikuler di sekolah, kegiatan ektrakurikuler lainnya adalah:

Sisters School[sunting | sunting sumber]