Rengasdengklok, Karawang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Rengasdengklok
Ckp3.png
Peta lokasi Kecamatan Rengasdengklok
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Barat
KabupatenKarawang
Pemerintahan
 • CamatDrs.R.Supandi
Populasi
 • Total108,054 jiwa jiwa
Kode Kemendagri32.15.06 Edit the value on Wikidata
Luas33,46 km²
Desa/kelurahan9
Rumah di mana Bung Karno dan Bung Hatta diculik di Rengasdengklok
Dalam rumah

Rengasdengklok adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Daerah ini merupakan kota kecamatan di Kabupaten Karawang dan menjadi bukti panjang sejarah Indonesia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Rengasdengklok pernah menjadi saksi bisu penculikan Soekarno dan Mohammad Hatta yang dibawa dan diamankan ke Rengasdengklok oleh golongan muda Chaerul Saleh yang menginginkan agar proklamasi dilakukan secepatnya tanpa melalui PPKI yang dianggap sebagai badan buatan Jepang.

Kecamatan ini dulunya mencakup beberapa kecamatan diantaranya Kecamatan Jayakarta, Kecamatan Kutawaluya dan Kecamatan Tirtajaya. Sebelum akhirnya 3 kecamatan itu berdiri sendiri menjadi kecamatan baru

Penduduk[sunting | sunting sumber]

Kecamatan ini termasuk salah satu kecamatan dengan jumlah penduduk terpadat di Kabupaten Karawang yaiyu dengan penduduk sebesar 230.000 jiwa dan luas sekitar 31,46 km².

Perekonomian & Ketenagakerjaan[sunting | sunting sumber]

Masyarakat kecamatan ini kebanyakan bekerja sebagai pedagang di pasar tradisional atau pemilik toko elektronik, banyak masyarakat kawasan utara Karawang berbelanja di pasar dan toko-toko di Rengasdengklok karena sangat lengkap.

Kesehatan[sunting | sunting sumber]

Banyak pasien baik dari kecamatan lain di kawasan utara Karawang ataupun dari kecamatan yang ada di Kabupaten Bekasi seperti Kecamatan Pebayuran dan Kecamatan Cabangbungin yang dirujuk ke RS Proklamasi Rengasdengklok.

RS Proklamasi Rengasdengklok merupakan satu-satunya Rumah Sakit di kawasan utara Karawang jika Puskesmas di tempat asal pasien tidak memadai dari segi alat, obat maupun perawat.