SMA Negeri 3 Pekanbaru

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
SMA Negeri 3 Pekanbaru
Informasi
Didirikan13 September 1975
MotoTerpuji, Pekerti, Prestasi, YESS!! Maju Bersama, Hebat Semua!! !
Kepala SekolahHj. Ernita S.Pd M. M.
Jumlah kelas31 Kelas (X. XI, dan XII)
Jurusan atau peminatanIPA dan IPS
Rentang kelasX KM, XI KM, XII IPA, XII IPS
KurikulumKurikulum 2013 & Kurikulum Merdeka
Alamat
LokasiJl. Yos Sudarso 100A, Kota Pekanbaru, Riau
Moto

SMA Negeri (SMAN) 3 Pekanbaru, merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas Negeri yang ada di Provinsi Riau, Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di SMAN 3 Pekanbaru ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

SMAN 3 Pekanbaru yang dahulu namanya SMA Negeri Rumbai berlokasi di Jl.Yos Sudarso no.100A Rumbai,Pekanbaru. Sekolah ini awalnya menempati sebagian dari satu komplek pendidikan yang dibangun oleh PT Caltex yang terdiri dari 3 tingkat jenjang pendidikan yaitu SD Negeri 01 Rumbai, SD Negeri 02 Pekanbaru, SMPN 6 Pekanbaru dan SMAN 3 Pekanbaru .Pada mulanya tahun 1974 SMAN 3 Pekanbaru merupakan filial dari SMAN 2 Pekanbaru, Kepala Sekolah Bapak Abdillah Baharuddin memiliki 2 kelas belajar dengan 2 program studi IPA dan IPS. Sekolah ini oleh PT Caltex dilengkapi dengan fasilitas olahraga yang memadahi diantaranya lapangan sepak bola, bola voli,bola basket dll. Dan tata ruang yang sangat bagus sehingga menampakan tempat yang menyenangkan bagi peserta didik untuk belajar . Tahun 1975 Keluar SK Mendikbud Nomer 0206/0/1975 Tanggal 13-09-1975 tentang penetapan berdiri sendirinya SMAN3 Pekanbaru dengan nama SMA Negeri Rumbai yang lokasinya berada di Type 6 Km 2,5 Rumbai Pekanbaru yang merupakan lokasi lama dari SMA Negeri 3 Pekanbaru.

Sekolah ini sempat mengalami kebakaran pada bulan Desember 2014 yang mengharuskan kegiatan belajar mengajar harus dipindahkan sementara ke SMP Negeri 6 Pekanbaru. Setelah dilakukan pembangunan bangunan kelas semi permanen dengan konsekuensi kegiatan belajar dibagi menjadi kelas pagi dan kelas siang. Kemudian dilanjutkan dengan pembangunan gedung permanen, kegiatan belajar mengajar dapat kembali normal walaupun harus kehilangan banyak gedung dan fasilitas pendukung pembelajaran siswa.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Berbagai fasilitas dimiliki SMAN 3 Pekanbaru untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Fasilitas tersebut antara lain:

Ekstrakurikuler[sunting | sunting sumber]

SMA Negeri 3 memiliki banyak kegiatan ekstrakurikuler, di antaranya:

Pranala luar[sunting | sunting sumber]