SMA Negeri 1 Mataram

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
SMA Negeri 1 Mataram
Informasi
Kepala Sekolah H. Lalu Fatwir Uzali, S.Pd, M.Pd
Jumlah kelas X Akselerasi, X MIA, X IS, XI IPA, XI IPS, XII Akselerasi,XII IPA, XII IPS
Program/jurusan/
peminatan
IPA dan IPS
Rentang kelas X, XI IA, XI IS, XI IB, XII IA, XII IS, XII IB
Kurikulum Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Alamat
Lokasi Jl. Pendidikan No. 21 Mataram, Mataram, Nusa Tenggara Barat
Tel./Faks. +62 370 621803
Situs web http://www.sman-1-mtr.sch.id
Moto

SMA Negeri 1 Mataram merupakan salah satu [Sekolah Menengah Atas] Negeri yang berada di provinsi [Nusa Tenggara Bara], Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kelahiran SMAN 1 Mataram ditandai dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. No. 4132/B/II, tanggal 16 Agustus 1957. Keputusan ini menyatakan bahwa SMA Mataram berdiri tanggal 1 Agustus 1957, sedangkan penerimaan siswa baru dimulai tanggal 15 Agustus 1957. Pada awal berdirinya sekolah ini membuka satu jurusan yakni bagian C, sedangkan bagian A dan B baru dibuka tahun berikutnya. Adapun lokasi yang ditempati kala itu adalah :

  1. SMA bagian A bertempat di gedung SR no. 7 Mataram
  2. SMA bagian B bertempat di gedung SMPN 1 Mataram
  3. SMA bagian C bertempat di gedung SMPN 2 Mataram

Pada tahun 1965 seusai peristiwa Gerakan 30 September SMA Negeri 1 Mataram mendapat lokasi di sebuah gedung di Cakranegara. Maka sejak saat itu sekolah ini menjadi suatu wadah dan memiliki administrasi yang teratur. Namun sangat disayangkan bahwa lokasi itu sangat berdekatan dengan lokasi perniagaan sehingga mengganggu proses belajar mengajar. Atas usaha Pemda tk I NTB, tahun 1972 SMA Negeri 1 Mataram resmi mendapatkan lokasi di Jalan Pendidikan no. 21 Mataram hingga sekarang.

Sejak tahun 1975 di sekolah ini mulai dibangun sarana dan prasarana pendukung antara lainlaboratorium IPA (1975), lima ruang belajar, perpustakaan, ruang ketrampilan/serbaguna (1978/1986), Musholla Al-Mushinin (1987) dan pada tanggal 2 Mei 1991, Gubernur NTB meresmikan pemakaian gudung bertingkat SMA Negeri 1 Mataram. Berdasarkan Keputusan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Repunlik Indonesia Nomor : 035/O/1997 tentang perubahan nomenklatur SMA menjadi SMU, serta organisasi tata kerja SMU, maka sejak tanggal 7 Maret 1997 SMA Negeri 1 Mataram menjadi SMU Negeri 1 Mataram.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Berbagai fasilitas dimiliki SMAN 1 Mataram untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Fasilitas tersebut antara lain:

Ekstrakurikuler[sunting | sunting sumber]

SMA Negeri 1 Mataram memiliki banyak kegiatan ekstrakurikuler, di antaranya,

Prestasi[sunting | sunting sumber]

SMA Negeri 1 Mataram, memiliki prestasi di tingkat provinsi, nasional, hingga internasional. Di tingkat provinsi, SMANSA (SMA Negeri 1 Mataram), menjadi juara Olimpiade Sains. Dan tak jarang pula, SMANSA mengirimkan wakil-wakilnya di OSN (Olimpiade Sains Nasional). Dalam ajang debat bahasa Inggris, setiap tahunnya siswa SMANSA berhasil melewati seleksi untuk mewakili Nusa Tenggara Barat dalam ajang National Schools Debating Championship (NSDC/ISDC). Di tingkat Internasional, seorang siswa SMANSA mengukir prestasi sebagai anggota dari delegasi Indonesia dalam ajang World Schools Debating Championship (WSDC) pada tahun 2008 (Washington, USA) dan 2009 (Athena, Yunani) atas nama Adlini Ilma Ghaisany Sjah. Pada OSN 2013 dua orang siswa mewakili NTB, yaitu bidang Ekonomi yang diwakili oleh Ammar Bimantara Muhammad dan bidang Biologi yang diwakili oleh I Putu Adityo Artayasa. Adityo Artayasa berhasil meraih medali perak pada kompetisi ini. Pada kompetisi diskusi ilmiah "Parade Cinta Tanah Air" SMAN 1 Mataram berhasil meraih juara 1 dan 2 pada tingkat provinsi, yang diwakili oleh SMANSA A sebagai juara 1 dan SMANSA B sebagai juara 2. Adapun SMANSA A terdiri dari Muhammad Suyudi Wahyu Sinangga, Ida Ayu Ketut Andriyogi, dan Syarifa Soraya Fairuzha. SMANSA B terdiri dari Radhe Ayu Dewi Amertha, Meti Puspa Syabani, dan Romana Necolleta Ayu. Pada ajang debat bahasa Inggris, Dhea Puspa Wardini mewakili NTB ke tingkat nasional setelah berhasil meraih juara pada tingkat provinsi. SMAN 1 Mataram juga berhasil meraih juara umum pada olimpiade matematika tingkat provinsi yang diadakan IAIN Mataram yand diwakili oleh Elok Pitaloka, Ericko Ongko Joyo, dan Farmindo Hartono. SMAN 1 Mataram juga diwakili oleh Ainan Salsabila, Noya Ulyana Oktaviani, dan Febria Azmi dan meraih juara 3 pada Olimpiade Ekonomi Syariah tingkat provinsi yang diselenggarakan oleh FORUM KAJIAN EKONOMI ISLAM (FoKEI) F. EKONOMI UNIVERSITAS MATARAM.