Rwanda-Rundi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rwanda-Rundi
WilayahRwanda, Burundi, Uganda, RD Kongo, Tanzania, Kenya
EtnisHutu, Tutsi, Twa, Ganwa, Ha, Shubi, Hangaza, Vinza
Penutur
20 juta (2001–2007)[1]
Dialek
Kinyabwisha
Kinyamulenge
Rufumbira
Status resmi
Bahasa resmi di
 Rwanda
(sebagai Kinyarwanda)
 Burundi
(sebagai Kirundi)
Kode bahasa
ISO 639-3Mencakup:
kin – Rwanda
run – Rundi
haq – Ha
suj – Shubi
han – Hangaza
vin – Vinza
Glottologrwan1241[2]
QIDQ3217514
 Portal Bahasa
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Rwanda-Rundi adalah sebuah kelompok dalam rumpun bahasa Bantu, lebih spesifiknya sebuah kontinum dialek, yang dituturkan di Afrika Tengah. Dua dialek, Kirundi dan Kinyarwanda, telah distandardisasi sebagai bahasa nasional masing-masing di Burundi dan Rwanda. Dialek yang bertetanggaan ini dapat saling memahami, tetapi dialek lainnya yang lebih jauh mungkin tidak saling memahami. Dialek lainnya dituturkan di Republik Demokratik Kongo (Kinyabwisha di Kivu Utara, Kinyamulenge di Kivu Selatan), Uganda (Rufumbira, dituturkan oleh Bafumbira di Distrik Kisoro), dam Tanzania; Ha, dengan satu juta penutur, merupakan yang paling banyak dituturkan.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rwanda and Rundi: Nationalencyklopedin "Världens 100 största språk 2007" The World's 100 Largest Languages in 2007;
    others: Lewis, M. Paul, Gary F. Simons, & Charles D. Fennig, ed. (2015). Ethnologue: Languages of the World (edisi ke-18th). Dallas, Texas: SIL International. 
  2. ^ Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, ed. (2023). "West Highlands Kivu". Glottolog 4.8. Jena, Jerman: Max Planck Institute for the Science of Human History. 

Sumber[sunting | sunting sumber]