Rumpun bahasa Bantoid

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rumpun bahasa
Bantoid
PersebaranAfrika Sub-Sahara, tetapi tidak lebih ke barat dari Nigeria
Penggolongan bahasa
Bahasa indukProto-Bantoid[1][2]
Kode bahasa
Glottologbant1294
Lokasi penuturan
Bahada-bahasa Bantoid ditampilkan dalam rumpun bahasa Niger–Kongo. Bahasa Non-Bantoid berwarna abu-abu.
 Portal Bahasa
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Bantoid adalah sebuah cabang besar dari rumpun bahasa Benue–Kongo. Terdiri dari rumpun bahasa Bantoid Utara dan rumpun bahasa Bantoid Selatan, sebuah divisi yang juga mencakup rumpun bahasa Bantu yang membentuk mayoritas bahasa dan menjadi asal dari nama Bantoid.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Istilah "Bantoid" pertama kali digunakan oleh Krause pada 1895 untuk bahasa-bahasa yang menunjukkan kemiripan kosakata dengan Bantu. Joseph Greenberg, dalam The Languages of Africa tahun 1963, mendefinisikan Bantoid sebagai kelompok yang memasukkan Bantu bersama kerabat terdekatnya; ini adalah pengertian yang masih digunakan sampai saat ini.

Namun, menurut Roger Blench, rumpun bahasa Bantoid mungkin saja tidak membentuk sebuah kelompok yang saling berkaitan.[3]

Klasifikasi internal[sunting | sunting sumber]

Usulan yang membagi Bantoid menjadi Bantoid Utara dan Bantoid Selatan diperkenalkan oleh Williamson.[4][5] Dalam usulan ini, rumpun bahasa Mambiloid dan Dakoid (dan kemudian Tikar) dikelompokkan bersama sebagai Bantoid Utara, sedangkan Bantoid lainnya termasuk dalam Bantoid Selatan; Ethnologue menggunakan klasifikasi ini.

Kesatuan filogenetis kelompok Bantoid Utara terkadang patut dipertanyakan, dan rumpun bahasa Dakoid sekarang sering ditempatkan di luar Bantoid.[butuh rujukan] Namun penelitian tersebut berhasil menetapkan Bantoid Selatan sebagai kesatuan genetik yang valid. Bantoid Selatan juga mencakup rumpun bahasa Bantu yang terkenal.[6]

Cabang-cabamg Bantoid di Nigeria dan Kamerun

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Watters, John R. (2018). East Benue-Congo: Nouns, pronouns, and verbs. Language Science Press. ISBN 9783961101009. 
  2. ^ Asher, R. E.; Moseley, Christopher (19 April 2018). Atlas of the World's Languages. Routledge. ISBN 9781317851097. 
  3. ^ Roger Blench. "Niger-Congo: an alternative view" (PDF). Rogerblench.info. hlm. 2, 4. Diakses tanggal 2013-10-16. 
  4. ^ Williamson, Kay (1989) 'Niger–Congo Overview'. In: The Niger–Congo languages, ed. by John Bendor-Samuel, 3–45. University Press of America.
  5. ^ Blench, Roger [1987] 'A new classification of Bantoid languages.' Unpublished paper presented at 17th Colloquium on African Languages and Linguistics, Leiden.
  6. ^ Williamson, Kay & Blench, Roger (2000) 'Niger–Congo', in Heine, Bernd and Nurse, Derek (eds) African Languages – An Introduction. Cambridge: Cambridge University press, pp. 11–42.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Rumpun bahasa Bantoid Utara Templat:Rumpun bahasa Bantu Padang Rumput Templat:Rumpun bahasa Mbam Templat:Rumpun bahasa Tivoid Templat:Rumpun bahasa Bantu Sempit Templat:Cabang Niger-Kongo