Rusydi Hamka

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Rusydi Hamka
Rusydi Hamka.jpg
Lahir 7 September 1935
Bendera Belanda Padang Panjang, Hindia Belanda
Meninggal 18 September 2014 (umur 79)
Bendera Indonesia Jakarta
Kebangsaan Bendera Indonesia Indonesia
Pekerjaan Politisi, ulama, wartawan
Dikenal atas Anggota DPR RI
Suami/istri Khasyi'ah
Orang tua Hamka dan Siti Raham

Rusydi Hamka (lahir di Padang Panjang, Sumatera Barat, 7 September 1935 – meninggal di Jakarta, 18 September 2014 pada umur 79 tahun) adalah seorang ulama, wartawan, dan politisi Indonesia yang berasal dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Ia pernah duduk di kursi DPR RI dan ditempatkan di Komisi I oleh partainya.[1][2]

Karier dan pendidikan[sunting | sunting sumber]

Disamping sebagai anggota DPR RI, Rusydi juga dipercaya menjadi penasehat Fraksi PPP di Dewan Perwakilan Rakyat tersebut. Ia dikenal sebagai aktivis Muhammadiyah serta seorang mubaligh, dan pernah menjabat sebagai Ketua PP Muhammadiyah.

Sarjana Ilmu Publisistik ini menyelesaikan sekolah menengahnya, baik SMP maupun SMA di kota Yogyakarta. Setamat SMA, ia melanjutkan pendidikan tingginya ke Sekolah Tinggi Publisistik, dan mendapatkan gelar sarjana dari perguruan tinggi tersebut.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Rusydi lahir pada 7 Septeber 1935 di Padang Panjang, Sumatera Barat, putra dari pasangan Buya Hamka (ayah), seorang ulama besar Indonesia dengan Siti Raham (ibu).[3] Ia meninggal dunia di RS Islam Jakarta pada 18 Septembar 2014 dalam usia 79 tahun.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Menag: Kita Kehilangan Sosok Teduh dan Santun" Republika.co.id, 18 September 2014. Diakses 24 Januari 2015.
  2. ^ "Innalillahi Wainnailaihi Rojiuun, Rusydi Hamka Tutup Usia" Suara-islam.com, 18 September 2014. Diakses 24 Januari 2015.
  3. ^ "Seorang Kiai NU di Mata Hamka". Situs NU. 15 Mei 2011.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]