Ruang kompak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Berdasarkan kriteria kekompakan ruang Euklides, seperti yang dinyatakan dalam teorema Heine–Borel, interval A = (−∞, −2] bukan kompak sebab tidak ada batasnya. Interval C = (2, 4) bukan kompak karena interval tersebut tidak tertutup. Sedangkan interval B = [0, 1] kompak sebab intervalnya tertutup dan terbatas.

Dalam matematika, khususnya topologi umum, kekompakan (Inggris: compactness) adalah sifat yang memperumum gagasan subhimpunan tertutup dan subhimpunan terbatas dari ruang Euklides.[1] Gagasan tersebut dapat menjadi presisi dengan mengatakan tak ada "bulatan kosong" atau "titik akhir yang hilang" di dalam suatu ruang, dalam artian bahwa harus ada nilai limit dari titik di ruang. Sebagai contoh, interval (0,1) bukan kompak sebab interval tersebut tidak punya nilai limit dari 0 dan 1, sedangkan [0,1] kompak sebab mempunyai nilai limit dari 0 dan 1. Dengan cara yang serupa, ruang bilangan rasional bukan kompak sebab ada bulatan kosong yang tak berhingga banyaknya nilai-nilai limit dari bilangan irasional. Ruang bilangan real bukan kompak sebab tidak mempunyai nilai limit dari dan , tetapi garis bilangan real yang diperluas adalah kompak sebab mengandung nilai limit dari tak terhingga.

Definisi[sunting | sunting sumber]

Definisi sampul terbuka[sunting | sunting sumber]

Secara formal, ruang topologi X disebut kompak jika masing-masing sampul terbuka memiliki sub-sampul terhingga.[2] Ini mengartikan bahwa X kompak jika untuk setiap koleksi C dari subhimpunan dari X sehingga

,

akan ada subhimpunan terhingga F dari C sedemikian rupa sehingga

Kekompakan himpunan bagian[sunting | sunting sumber]

Subhimpunan K dari ruang topologis X dikatakan kompak jika subhimpunan itu kompak sebagai subruang (dalam subruang topologi). Ini mengartikan bahwa K adalah kompak jika untuk setiap koleksi sebarang C dari subhimpunan terbuka dari X sehingga

,

akan ada subhimpunan terhingga F dari C sedemikian rupa sehingga

.

Kekompakan merupakan sifat "topologis". Ini mengaritkan bahwa jika , dengan subhimpunan Z dilengkapi dengan topologi subruang, maka K kompak di Z jika dan hanya jika K kompak di Y.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Compactness | mathematics". Encyclopedia Britannica (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-25. 
  2. ^ Weisstein, Eric W. "Compact Space". mathworld.wolfram.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-25. 

Bibiliografi[sunting | sunting sumber]