Royal Society of Chemistry

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Royal Society of Chemistry
Royal Society of Chemistry.png
Logo RSC, diperkenalkan pada tahun 2013
Slogan Pro scientia et humanitate
(Demi pengetahuan dan untuk kepentingan umat manusia)
Tanggal pembentukan 1980 (1980) (1841)[1]
Jenis Perhimpunan cendekiawan
Kantor pusat London
Lokasi
Jumlah anggota
51,000
Bahasa resmi
Bahasa Inggris
Presiden
John Holman
Tokoh penting
Robert Parker (CEO)
Situs web www.rsc.org

Royal Society of Chemistry (RSC) adalah sebuah organisasi profesional perhimpunan cendekiawan (learned society) di Britania Raya yang bertujuan untuk "memajukan ilmu kimia". Perhimpunan ini terbentuk pada tahun 1980 dari penggabungan Chemical Society, Royal Institute of Chemistry, Faraday Society, dan Society for Analytical Chemistry. Pada awal pembentukannya, perhimpunan ini mengkombinasikan keanggotaan sebanyak 34,000 di Britania Raya dan sebanyak 8,000 lainnya di luar negeri.[2] Kantor pusat perhimpunan ini berlokasi di Burlington House, Piccadilly, London. Lokasi tersebut juga merupakan kantor Thomas Graham House di Cambridge (dinamakan dari Thomas Graham, presiden pertama Chemical Society) di mana RSC Publishing berbasis.

Perhimpunan ini memiliki kantor di Amerika Serikat pada University City Science Center, Philadelphia, di Beijing dan Shanghai, Tiongkok dan Bangalore, India.[3] Organisasi ini melakukan riset, menerbitkan jurnal, buku dan database, serta menyelenggarakan konferensi, seminar dan lokakarya. Organisasi ini merupakan badan profesional terkait dengan kimia di Britania Raya.

Presiden[sunting | sunting sumber]

Sir Harold Walter "Harry" Kroto, Presiden RSC masa jabatan 2002–2004.

Presiden perhimpunan ini dipilih dua-tahunan dan memakai lencana dalam bentuk roda berjeruji, dengan sosok berdiri dari Joseph Priestley yang digambarkan dalam enamel, sebagian besar berwarna merah dan biru, pada medalion heksagonal di tengah. Pelek roda merupakan emas, dan dua belas jeruji yang dari logam bebas noda.

Presiden saat ini adalah Sir John Holman (2016–2018).[4]

Mantan presiden perhimpunan ini diantaranya:

Tingkatan keanggotaan[sunting | sunting sumber]

Kantor pusat RSC di London

Berikut ini adalah tingkatan keanggotaan :[15]

  • Affiliate: (Tidak ada pasca-nominal) – Tingkatan untuk mahasiswa dan mereka yang terlibat dalam bidang kimia yang tidak memenuhi persyaratan untuk tingkat berikutnya.
  • AMRSC: Associate Member, Royal Society of Chemistry – Tingkat pemula untuk keanggotaan RSC, AMRSC diberikan kepada sarjana (atau setara) di bidang ilmu kimia.
  • MRSC: Member, Royal Society of Chemistry – Diberikan kepada sarjana (atau setara) dengan pengalaman setidak-tidaknya 3 tahun, yang telah memperoleh keterampilan kunci melalui aktivitas profesional.
  • FRSC: Fellow of the Royal Society of Chemistry – Rekanan (Fellowship) dapat diberikan kepada kandidat yang telah membuat kontribusi luar biasa untuk kimia.
    • HonFRSC: Honorary Fellows of the Royal Society of Chemistry – Rekanan Kehormatan (Honorary Fellowship) diberikan untuk mereka yang telah memberikan jasa terhormat dalam bidang kimia.[16]
  • CChem: Chartered Chemist – Penganugerahan CChem dianggap terpisah dari pendaftaran untuk kategori keanggotaan RSC. Kandidat diharuskan menjadi MRSC atau FRSC dan menunjukkan perkembangan profesionalitas tertentu dan berada dalam pekerjaan yang membutuhkan pengetahuan dan keterampilan kimianya.
  • CSci: Chartered Scientist
  • EurChem: European Chemist
  • MChemA: Mastership in Chemical Analysis – RSC menganugerahkan kualifikasi pascasarjana ini yang merupakan kualifikasi hukum di Britania Raya untuk dapat menjalankan praktek sebagai analis publik[17] Kualifikasi ini mengharuskan kandidat untuk mengirimkan portofolio dari pengalaman yang sesuai serta membuat makalah teori dan mengikuti ujian praktek laboratorium selama satu hari.[18]

Burlington House[sunting | sunting sumber]

Burlington House
ChemistryCentreLondon.jpg
Didirikan 2010
Lokasi Piccadilly, London W1, Inggris
Situs web www.rsc.org

Kantor perhimpunan di London berlokasi di Burlington House, Piccadilly. Berbagai acara diadakan di tempat ini untuk publik, anggota RSC dan organisasi eksternal termasuk perkuliahan bulanan mengenai ilmu-ilmu kimia yang disiarkan secara langsung melalui situs web publik RSC – Reaction. Kuliah gratis tersebut membawa tampilan yang menarik pada aspek kimia dari berbagai topik dari mulai kari ke kenikmatan musik.

Acara tersebut telah menarik penulis sains terkemuka seperti Philip Ball, Antony John Williams, dan John Emsley untuk memberikan kuliah umum. Sebagian besar kuliah tersebut tersedia sebagai arsip video stream melalui situs web Reaction RSC tersebut.[19]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Walaupun dibuka sebagai Chemistry Centre pada tahun 2010, bangunan tersebut telah ditempati oleh Royal Society of Chemistry sejak 1857 (pada saat ia dikenal sebagai Chemical Society) – jantung dari Chemistry Centre adalah Pusat Informasi dan Perpustakaan RSC yang berasal dari tahun 1842. Selama bertahun-tahun, perpustakaan RSC telah menerima banyak hadiah dari rekanan terkenal termasuk Michael Faraday. Perpustakaan tersebut menjadi pusat informasi tentang ilmu kimia selama perang dunia I dan II di saat rujukan bahan kimia yang tersedia digunakan secara luas. Pada bulan November 2014, perhimpunan tersebut mengumumkan bahwa Chemistry Centre akan berganti nama menjadi hanya "Royal Society of Chemistry at Burlington House".

Lambang[sunting | sunting sumber]

RSC memiliki lambang organisasinya sendiri. Dua bentuk yang ditampilkan: lambang dengan pemandu singa dan unicorn, serta motto dalam Bahasa Latin "Pro scientia et humanitate" (Demi pengetahuan dan untuk kepentingan umat manusia). Versi yang lebih kecil menggunakan perisai tengah, yang terlihat serupa namun tidak sama dengan lambang Royal Institute of Chemistry.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lagowski, J. J. (1991). "A British Sesquicentennial," Journal of Chemical Education, Vol 68, No. 1, p. 1; acknowledging the sesquicentennial of The Chemical Society in London, which eventually became the Royal Society of Chemistry.
  2. ^ "RSC History". Rsc.org. Diakses tanggal 8 Januari 2013. 
  3. ^ "RSC Contacts". Rsc.org. Diakses tanggal 8 Januari 2013. 
  4. ^ "2015 RSC Elections". 15 Juni 2015. Diakses tanggal 16 Juni 2015. 
  5. ^ Richard Oswald Chandler Norman Obituari pada Independent
  6. ^ "404 – Anglia Ruskin University". 
  7. ^ Charles Wayne Rees Obituari pada Independent
  8. ^ Howard Purnell Obituari pada Independent
  9. ^ Anthony Ledwith Biography
  10. ^ www.rsc.org Press Release 2006 Simon Campbell Biography
  11. ^ www.nottingham .ac.uk David Garner
  12. ^ www3.imperial.ac.uk David Phillips
  13. ^ College of Science and Engineering University of Edinburgh Lesley Yellowlees
  14. ^ RSC Press Release 9 July 2014
  15. ^ "RSC Website – Designatory Letters". Rsc.org. Diakses tanggal 8 Januari 2013. 
  16. ^ "Press release: Lesley Yellowlees pays tribute to Lord Ballyedmond". Royal Society of Chemistry. 14 Maret 2014. Diakses tanggal 1 Oktober 2014. 
  17. ^ "Statutory Instrument 1990 No. 2463 The Food Safety (Sampling and Qualifications) Regulations 1990". Opsi.gov.uk. 3 Februari 2012. Diakses tanggal 8 Januari 2013. 
  18. ^ "RSC Web page MChemA". Rsc.org. Diakses tanggal 8 Januari 2013. 
  19. ^ "Reaction articles". Royal Society of Chemistry. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 51°30′32″LU 0°08′20″BB / 51,5089°LU 0,139°BB / 51.5089; -0.1390