Roti tak beragi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Roti tak beragi
JenisRoti (biasanya roti datar)
VariasiMatzo, roti, tortilla, dan lain-lain

Roti tak beragi adalah berbagai ragam roti yang tidak disiapkan dengan ragi atau bahan pengembang apapun. Roti tak beragi umumnya roti datar; namun tidak semua roti datar tak beragi. Roti tak beragi, seperti tortilla dan roti, merupakan makanan pokok di Amerika Tengah dan Asia Selatan.

Peranan keagamaan[sunting | sunting sumber]

Matza Yahudi yang dimakan pada Paskah Yahudi
Hosto dan wafer komuni terbuat dari azymes untuk merayakan Ekaristi yang biasanya diberikan oleh Ritus Latin Gereja Katolik (gereja-gereja Ritus Timur dan Ortodoks Timur menggunakan roti beragi).

Roti tak beragi memiliki pengaruh simbolik dalam Yudaisme dan Kekristenan. Yahudi mengkonsumsi roti tak beragi seperti matzo pada masa Paskah Yahudi. Roti tak beragi juga digunakan dalam liturgi Kristen Barat ketika umat Kristen menyelenggarakan Ekaristi, sebuah ritus yang berasal dari Perjamuan Terakhir ketika Yesus memecah-mecahkan roti dengan para muridnya pada waktu Seder Paskah.

Hukum Kanon Ritus Latin Gereja Katolik Roma memandatkan penggunaan roti tak beragi untuk hosti, dan wafer tak beragi untuk komuni keyakinan. Gereja-gereja Protestan yang lebih liturgis mengikuti praktik Katolik Latin, sementara gereja lainnya menggunakan roti atau roti biasa (beragi), tergantung pada denominasi atau penggunaan lokal mereka.

Varietas roti tak beragi[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Portal-puzzle.svg Portal Makanan

Referensi[sunting | sunting sumber]

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

  • ウィリアム・ルーベル (2013), パンの歴史, diterjemahkan oleh 堤梨華, 原書房, ISBN 9784562049370  Teks "和書 " akan diabaikan (bantuan)
  • 船田詠子 (2013), パンの文化史, 講談社学術文庫, ISBN 9784062922111  Teks "和書 " akan diabaikan (bantuan)