Seder Paskah Yahudi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
"Seder" beralih ke halaman ini. Untuk kegunaan lainnya, lihat Seder (disambiguasi).
Set meja untuk Seder Paskah Yahudi

Seder Paskah Yahudi (pengucapan Inggris: ˈseɪ dəɹ; dalam bahasa Ibrani: סֵדֶר [ˈsedeʁ], artinya "perintah, aransemen"; dan dalam bahasa Yiddish: "seyder") adalah sebuah perayaan ritual Yahudi yang menandai permulaan hari raya Yahudi Paskah Yahudi. Perayaan tersebut diadakan pada sore hari tanggal ke-15 Nisan dalam kalender Ibrani di seluruh dunia. Tanggal tersebut jatuh pada akhir Maret atau April dalam kalender Gregorian. Paskah Yahudi berlangsung selama 7 hari di Israel dan 8 hari di luar Israel (selain Yahudi Reformasi yang tidak merayakan Paskah Yahudi pada hari ke-7), dengan Yahudi di luar Israel selain Yahudi Reformasi mengadakan dua Seder (pada sore tanggal ke-15 dan ke-16 Nisan) dan Yahudi di Israel dan Yahudi Reformasi mengadakan satu Seder (pada tanggal ke-15 Nisan).

Seder adalah sebuah ritual yang diselenggarakan oleh sebuah komunitas atau beragam generasi dari sebuah keluarga, yang melibatkan pengisahan cerita pembebasan bani Israel dari perbudakan di Mesir kuno. Cerita tersebut tercantum dalam Kitab Keluaran (Shemot) di Alkitab Ibrani. Seder itu sendiri berdasarkan pada ayat Biblikal yang memerintahkan Yahudi untuk mengisahkan cerita Keluar dari Mesir: "Pada hari itu harus kauberitahukan kepada anakmu laki-laki: Ibadah ini adalah karena mengingat apa yang dibuat TUHAN kepadaku pada waktu aku keluar dari Mesir." (Keluaran 13:8) Biasanya, keluarga dan teman berkumpul pada sore hari untuk membaca teks Haggadah, sebuah karya kuno yang berasal dari Mishnah (Pesahim 10).[1][2] Haggadah berisi kisah keluarnya bani Israel dari Mesir, pemberkatan dan ritual khusus, komentar-komentar dari Talmud, dan lagu-lagu Paskah Yahudi khusus.

Kebiasaan Seder meliputi menceritakan kisah, mendiskusikan cerita, meminum empat cangkir wine, memakan matza, menghidangkan makanan-makanan simbolik yang ditempatkan pada Piring Seder Paskah Yahudi, dan of symbolic foods placed on the Passover Seder Plate, dan berbaring pada perayaan kebebasan.[3] Seder diselenggarakan dengan cara yang sama oleh Yahudi di seluruh dunia. Seder adalah ritual Yahudi yang paling umum dirayakan.[4]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Haggadah, Passover." Ernst Goldschmidt, Bezalel Narkiss, Bezalel Narkiss, Joseph Gutmann, Robert Weltsch, Bezalel Narkiss, Joseph Gutmann, Cecil Roth, Hanoch Avenary, and Jody Myers. Encyclopaedia Judaica. Eds. Michael Berenbaum and Fred Skolnik. Vol. 8. 2nd ed. Detroit: Macmillan Reference USA, 2007. p207-217. 22 vols.
  2. ^ "Mishna, Pesahim, Chapter 10". Diakses tanggal 2009-06-17. 
  3. ^ Babylonian Talmud, Pesachim 99b
  4. ^ "David Blumenthal on the Popularity of the Seder Due to the Manner of Its Celebration". Pitts Theology Library, Emory University. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Paskah Yahudi