Mimouna

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Mimouna
Mimuna 2013 No.022 - Flickr - U.S. Embassy Tel Aviv.jpg
Sebuah set meja dengan makanan-makanan tradisional dan simbol-simbol hari raya
Nama resmiמימונה
Dirayakan olehYahudi Maghrebi
MaknaPerayaan akhir pelarangan chametz
Mulai21 Nisan di Israel; 22 Nisan di luar Israel
Berakhir22 Nisan in Israel; 23rd day of Nisan outside of Israel
TanggalScript error: The function "getRawValue" does not exist.
Terkait denganPaskah Yahudi

Mimouna (Ibrani: מימונה, Amazigh: ⵎⵉⵎⵓⵏⴰ, bahasa Arab: ميمونة‎) adalah sebuah perayaan Yahudi Afrika Utara tradisional yang dirayakan sehari setelah Paskah Yahudi, yang ditandai dengan kembali menyantap chametz (makana berragi), yang dilarang selama pekan Paskah Yahudi.

Mufletta dan hidangan hari raya lainnya

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Meskipun perayaan tersebut baru mulai dipraktikan pada pertengahan abad ke-18,[1] asal muasal dan etimologinya tidak jelas. Asal muasal nama Mimouna diyakini berasal dari: "Rabbi Maimon ben Yosef" (ayah Rambam). Kemudian, Mimouna dirayakan untuk menandai tanggal kelahiran atau kematiannya.;[1][2] kata Ibrani "emuna" (Ibrani: אמונה, artinya keyakinan) atau "ma’amin" (Ibrani: מאמין, artinya kepercayaan).;[1][2] Kata Arab untuk "keberuntungan" atau "nasib baik".,[2] karena pada hari tersebut, menurut midrash, emas dan perhiasan ditenggelamkan bangsa Mesir di pesisir Yam Suf dan membuat bani Israel menjadi kaya.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d Enkin, Ari (13 April 2014). "Mimouna: A Moroccan Jewish Celebration". unitedwithisrael.org. Diakses tanggal 23 September 2015. 
  2. ^ a b c Jewish Agency (26 Juni 2005). "Mimouna". jewishagency.org. The Jewish Agency for Israel. Diakses tanggal 23 September 2015. 

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Waskow" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Jeffay" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Harissa" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "JA_2015" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Sharaby" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Paskah Yahudi Footer