Roti john

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Roti john
Roti John - served.jpg
Asal
Asal Malaysia[1]
Dari daerah Semenanjung Malaya[2]
Pembuat Melayu
Detail
Penyajian Hangat, suhu kamar
Bahan utama Daging cincang, bawang, telur, saus tomat, saus sambal, dan roti (biasanya roti panjang seperti baguette)

Roti john adalah roti lapis dengan isian telur dadar yang merupakan cemilan yang menjadi salah satu hidangan populer, utamanya di Brunei Darussalam, Singapura, Malaysia, dan di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

Komposisi[sunting | sunting sumber]

Bahan yang digunakan untuk membuat roti john antara lain daging cincang (ayam, daging sapi, atau domba), bawang, telur, saus tomat, saus sambal, dan roti (biasanya roti panjang seperti baguette).

Persiapan dan penyajian[sunting | sunting sumber]

Roti john saat dalam proses memasak.

Daging cincang, telur, dan bawang cincang dicampur lalu dituangkan ke dalam penggorengan dan dipotong memanjang, lalu roti yang telah dibelah dua ditempel dan ditekan ke dalam campuran tadi. Ketika telur mulai matang, semua roti kemudian dibalik untuk mematangkan sisi yang lain. Roti kemudian diangkat untuk disajikan ke atas piring, untuk kemudian diberi bahan tambahan lain sesuai selera seperti salad, saus tomat/ saus cabai dan mayones, sebelum dipotong menjadi beberapa bagian. Varian lainnya adalah adalah memasukkan daging cincang, bawang, dan saus ke dalam belahan baguette, kemudian baguette dicelupkan ke dalam telur yang telah kocok, kemudian semuanya digoreng di penggorengan.

Di Malaysia, daging sapi, daging kambing, ikan sarden dan variasi lainnya telah ditambahkan.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Kata roti berasal dari bahasa Hindi, bahasa Urdu, bahasa Melayu yang juga diserap ke dalam bahasa Indonesia di mana bahasa Inggris dari roti adalah bread. Roti dalam hal ini adalah semua hidangan berbahan dasar roti, termasuk roti lapis dan panekuk. Sementara kata john diduga karena baguette yang berasal dari Barat dan pengaruh pemerintahan kolonial Inggris di Malaysia dan Singapura.

See also[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Naleeza Ebrahim; Yaw Yan Yee (2006). Singapore. Marshall Cavendish. hlm. 232. ISBN 978-981-232-922-6. 
  2. ^ Roti John-Singapore Infopedia