Fritaja

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Fritaja
Tempat asalKroasia dan Slovenia
Bahan utamaTelur, sayuran, bakon
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Fritaja (Kroasia) atau frtalja (Slovenia) yang secara harfiah berarti "telur dadar", adalah hidangan Mediterania dari Kroasia dan Slovenia. Keduanya adalah spesialisasi di Istria dan wilayah bagian utara dari Trieste di Goriška Brda dan di lembah Soča. Mereka sangat umum ditemukan saat musim semi, karena pada saat itu ada banyak tanaman dan sayuran seperti asparagus liar, hop liar, rempah-rempah seperti adas, mint, feverfew dan sawi putih, tomat, kecambah bawang putih muda dan rempah-rempah lain juga tersedia untuk ditambahkan pada telur dan beberapa bahan lain, seperti bagian kecil dari roti tua (roti yang hampir basi).[1] Fritaja berkali-kali disiapkan sepanjang tahun dengan ham, jamur, sosis, bakon, anggur putih atau merah. Jumlah bahan tidak pernah ditentukan secara pasti.

Nama hidangan dari bahasa Kroasia dan Slovenia ini diambil dari kata dalam bahasa Venesia yaitu fritaia, yang artinya "digoreng".

Varian[sunting | sunting sumber]

Hidangan serupa, juga bernama fritaja atau frtalja, juga populer di Slovenia bagian barat (Primorska); di sini, varian dengan asparagus merupakan yang populer, namun disertai dengan penambahan beberapa herbal lain.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Taste Slovenia. Bogataj Janez, 2007. Rokus Gifts. ISBN 978-961-6531-39-9

Pranala luar[sunting | sunting sumber]