Resident Evil: The Final Chapter

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Resident Evil: The Final Chapter
SutradaraPaul W. S. Anderson
ProduserPaul W. S. Anderson
Jeremy Bolt
Robert Kulzer
Samuel Hadida
PenulisPaul W. S. Anderson
BerdasarkanResident Evil
oleh Capcom
PemeranMilla Jovovich
Ali Larter
Ruby Rose
William Levy
Eoin Macken
Rola
Shawn Roberts
Lee Joon-gi
Iain Glen
MusikPaul Haslinger
SinematografiGlen MacPherson
PenyuntingDoobie White
Perusahaan
produksi
Capcom Co, Ltd.
Constantin Film
Davis-Films
Don Carmody Productions
Impact Pictures
DistributorScreen Gems
Tanggal rilis
  • 23 Desember 2016 (2016-12-23) (Jepang)
  • 27 Januari 2017 (2017-1-27) (Amerika Utara)
NegaraBritania Raya
Jerman
Kanada
Prancis
BahasaInggris

Resident Evil: The Final Chapter merupakan film horor aksi dan fiksi sains yang ditulis dan disutradarai oleh Paul W. S. Anderson. Film ini merupakan film keenam dan seri terakhir dari Resident Evil, dan merupakan kelanjutan dari Resident Evil: Retribution (2012) berdasarkan serial permainan video horor Capcom. Film ini dibintangi oleh Milla Jovovich, Ali Larter, Ruby Rose, William Levy, Eoin Macken, Rola, Lee Joon-gi, dan Iain Glen. Film tersebut dijadwalkan tayang di bioskop pada 23 Desember 2016 di Jepang dan 27 Januari 2017 di Amerika Utara.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Setelah kejadian akan punahnya manusia dalam Resident Evil: Retribution, Alice, Jill, Leon, Ada, dan Becky dikhianati oleh Wesker di Washington D.C. Sebagai penyintas tunggal dan menjadi satu-satunya manusia yang bertahan menghadapi mayat hidup, Alice harus kembali ke tempat asal mula mimpi buruk itu mulai – Kota Raccoon (Raccoon City), tempat Umbrella Corporation menyiapkan bala tentara untuk penyerangan terakhir terhadap penyintas terakhir dalam kehancuran tersebut. Dalam perlombaan melawan waktu, Alice akan bergabung dengan teman-temannya, dan sekutunya yang lama, dalam sebuah pertempuran dengan mayat hidup dan moster mutan baru. Antara kehilangan kemampuan manusia super miliknya dan serangan Umbrella yang akan datang, ini merupakan perjalanan Alice yang sangat sulit karena ia melawan untuk menyelamatkan manusia, yang berada di ambang keterlupaan.[1]

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pada September 2012, mengikuti kesuksesan film laris Resident Evil: Retribution, film keenam dalam serial Resident Evil dikonfirmasikan oleh pimpinan distribusi Sony Pictures, Rory Bruer, dengan Milla Jovovich sebagai pemeran utama untuk membangkitkan peran Alice.[2] Pada Oktober 2012, dalam wawancara dengan Forbes, produser Samuel Hadida menyatakan bahwa seri keenam dan ketujuh sedang direncakan dan pengulangan serial film tersebut mungkin dilakukan.[3] Pada Desember 2012, sutradara Paul W. S. Anderson mengonfirmasikan bahwa ia akan menyutradarai Resident Evil 6. Ia menyatakan bahwa ini akan menjadi film terakhir dalam serial tersebut dan beberapa karakter dalam dua film pertama akan kembali.[4] Pada Juni 2013, Milla mengirimkan cuitan dan mengatakan bahwa film keenam, yang direncanakan akan dirilis pada 12 September 2014, tidak akan dirilis sebelum 2015.[5] Film ini akhirnya direncanakan masuk dalam proses produksi pada akhir 2013 setelah Paul Anderson menyelesaikan karyanya dalam film romansa Pompeii.[6]

Pada Februari 2014, Paul Anderson memberitahukan bahwa "kita akan mengerjakan film Resident Evil yang lain. Pasti. Namun jalannya belum ditentukan,"; film tersebut dilaporkan akan direncanakan akan dirilis pada tahun 2015.[7] Ketika menyampaikan pidato di Beijing International Film Festival pada April 2014, Paul membocorkan bahwa ia akan segera menulis naskah film untuk film keenam Resident Evil. Ia juga mengonfirmasikan bahwa film itu akan tersedia dalam tiga dimensi dan Li Bingbing akan memerankan Ada Wong.[8] Pada Juni 2014, Paul mengumumkan bahwa judul film tersebut adalah Resident Evil: The Final Chapter dan menjadi film terakhir dalam seri tersebut. Ia membocorkan bahwa setengah naskah sudah lengkap, tetapi belum ada jadwal pengambilan gambar.[9] Pengambilan gambar telah diatur untuk dimulai di Afrika Selatan pada Agustus 2014, tetapi tertunda hingga satu tahun karena kehamilan Milla Jovovich.[10]

Pada 15 Juli 2015, Milla mengirim sebuah foto di Instagram mengumumkan bahwa pengambilan gambar akan dimulai di Afrika Selatan.[11] Pemeran dari film sebelumnya Sienna Guillory (Jill Valentine), Li Bingbing (Ada Wong), Aryana Engineer (Becky), Spencer Locke (K-Mart), Michelle Rodriguez (Rain Ocampo), Wentworth Miller (Chris Redfield) dan Johann Urb (Leon S. Kennedy) tidak diundang untuk ikut serta dalam film terakhir ini. Tanggal 3 Agustus 2015, Ali Larter akan kembali untuk sekuel film ini memerankan Claire Redfield, dan pengambilan gambar akan dimulai akhir Agustus atau awal September.[12] Pada 18 September 2015, anggota pemeran lain diumumkan, di antaranya termasuk Iain Glen sebagai Dr. Alexander Isaacs, Shawn Roberts sebagai Albert Wesker, Ruby Rose sebagai Abigail, Eoin Macken sebagai Doc, William Levy sebagai Christian, Fraser James sebagai Michael, dan Rola sebagai Cobalt.[13] Pada 19 Oktober 2015, Lee Joon-gi bergabung dalam film untuk memerankan Komandan Lee dari Umbrella Corporation.[14]

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Sony pada awalnya menjadwalkan film tersebut dirilis pada 12 September 2014.[15] Pada 20 September 2015, film tersebut akhirnya dijadwalkan akan dirilis pada 27 Januari 2017 oleh Screen Gems.[16]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Resident Evil: The Final Chapter Poster Released". Comicbook.com (dalam bahasa bahasa Inggris). Diakses tanggal 9 September 2016. 
  2. ^ Stewart, Andrew. "'Evil' sequel plays well overseas". Variety (dalam bahasa bahasa Inggris). Diakses tanggal 9 September 2016. 
  3. ^ Gaudiosi, John (29 Oktober 2012). "Silent Hill Sequel Bombs At Box Office, Producer Promises More Resident Evil Movies". Forbes (dalam bahasa bahasa Inggris). Diakses tanggal 9 September 2016. 
  4. ^ "EXCLUSIVE: Paul W.S. Anderson Confirms Resident Evil 6 Will End the Franchise". MovieWeb (dalam bahasa bahasa Inggris). Diakses tanggal 9 September 2016. 
  5. ^ "No New Resident Evil Movie Until 2015?". Dread Central (dalam bahasa bahasa Inggris). Diakses tanggal 9 September 2016. 
  6. ^ "Paul W.S. Anderson on filming Pompeii in Toronto". thestar.com (dalam bahasa bahasa Inggris). 19 Juni 2013. Diakses tanggal 9 September 2016. 
  7. ^ "RESIDENT EVIL 6 Update: No Release Date. No Script. But Director Paul W.S. Anderson Want to Make it". Collider (dalam bahasa bahasa Inggris). Diakses tanggal 9 September 2016. 
  8. ^ "Paul W.S. Anderson Updates on Resident Evil 6, Confirms Returning Cast Member". ComingSoon.net (dalam bahasa bahasa Inggris). Diakses tanggal 9 September 2016. 
  9. ^ "Resident Evil 6 Title: Last Installment Called "The Final Chapter"". Collider (dalam bahasa bahasa Inggris). Diakses tanggal 9 September 2016. 
  10. ^ "Resident Evil: The Final Chapter Delayed as Milla Jovovich Reveals Second Pregnancy". SuperHeroHype (dalam bahasa bahasa Inggris). Diakses tanggal 9 September 2016. 
  11. ^ "Resident Evil: The Final Chapter is Gearing Up!". ComingSoon.net (dalam bahasa bahasa Inggris). Diakses tanggal 9 September 2016. 
  12. ^ Jr, Mike Fleming. "'Resident Evil' Sets Ali Larter To Reprise Opposite Milla Jovovich". Deadline (dalam bahasa bahasa Inggris). Diakses tanggal 9 September 2016. 
  13. ^ "Resident Evil: The Final Chapter Cast Revealed". ComingSoon.net (dalam bahasa bahasa Inggris). Diakses tanggal 9 September 2016. 
  14. ^ "South Korean Star Lee Joon-gi Cast in 'Resident Evil: The Final Chapter'". The Hollywood Reporter (dalam bahasa bahasa Inggris). Diakses tanggal 9 September 2016. 
  15. ^ "Sony Sets a Release Date for Resident Evil 6 - ComingSoon.net". ComingSoon.net (dalam bahasa bahasa Inggris). Diakses tanggal 9 September 2016. 
  16. ^ Kroll, Justin. "Sony Dates 16 Films Including Two More 'Bad Boys' Sequels, 'Jumanji' Remake". Variety (dalam bahasa bahasa Inggris). Diakses tanggal 9 September 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]