Resesi (album)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Resesi
Chrisye - resesi.jpg
Album studio karya Chrisye bersama Eros Djarot dan Yockie Suryo Prayogo
DirilisFebruari 1983
1984 (album instrumentalia)
Direkam1982–1983
1982–1983; awal 1984 (album instrumentalia)
StudioMusica, Jakarta
GenrePop, new wave
Durasi50:39
34:22 (versi piringan hitam)
LabelMusica Studios
ProduserEros Djarot, Chrisye, Yockie Suryo Prayogo
Kronologi Chrisye
Pantulan Cita
(1981)
Resesi
(1983)
Metropolitan
(1984)
Sampul piringan hitam
Stiker label "Resesi" yang ditujukan sebagai promo radio Sampul album instrumentalia
Stiker label "Resesi" yang ditujukan sebagai promo radio
Sampul album instrumentalia
Resesi Instrumentalia.jpg

Resesi adalah album kolaborasi dari penyanyi Chrisye dengan Eros Djarot dan Yockie Suryo Prayogo yang dirilis pada tahun 1983. Lagu "Malam Pertama", "Hening" dan "Resesi" adalah lagu yang menjadi hits dalam album ini, selebihnya tidak ada yang sempat meledak. Album ini juga tersedia dalam versi instrumentalia yang dirilis pada tahun 1984.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Setelah kegagalan album Pantulan Cita dan kekecewaannya terhadap film Seindah Rembulan, Chrisye memutuskan untuk mengambil cuti panjang.[1] Pada awal 1983, Eros Djarot, yang sebelumnya pernah menggarap album Badai Pasti Berlalu bersama dengan Chrisye,[2] kembali ke Indonesia setelah menimba ilmu sinematografi di Jerman.[3] Hal ini menginspirasi Chrisye untuk memintanya berkolaborasi dalam penggarapan album selanjutnya bersama Yockie Suryo Prayogo.[4] Meskipun Eros sudah lama tidak terlibat dalam penggarapan musik, Ia pada akhirnya setuju.[3]

Selama penggarapan album Resesi, Chrisye mendapat peran memainkan bass serta sebagai vokal utama, diikuti oleh Yockie pada kibor dan memainkan instrumen lainnya seperti mandolin. Kemudian bergabung Ian Antono pada gitar, Uce Hudioro pada drum, dan Eros Djarot sebagai penulis lagu.[5] proses penggarapan album Resesi dikerjakan di ruang rekaman Musica Studios nomor I dan II, dengan H. Rusmin sebagai operatornya dan Yockie sebagai pengaransemen musiknya.[5] Aciu Widjaja, pemimpin Musica Studios menyarankan mereka mengadopsi genre yang sedang laku keras pada saat itu.[4] Akhirnya hasil dari lagu-lagu dalam album ini mirip dengan lagu-lagu The Police.[6] Chrisye merasa bahwa permainan bass ala musisi Sting telah membuat lagu mereka lebih bertenaga. Karena itu, Ia meniru gaya permainannya.[4]

Selama masa hiatusnya, Chrisye mulai mendengarkan CB Radio. Ia mendengarkan siarannya, tetapi tidak menyiarkannya. Hal ini kemudian menjadi inspirasi lagu "Polusi Udara".[3] Untuk lagu "Sentuhan Cinta", Chrisye bergabung bersama Hetty Koes Endang yang berperan sebagai backing vocal. Dua buah lagu karya Eros Djarot "Money" dan "Resesi", sarat akan pandangan kritis terhadap masyarakat.[3] Sementara itu Chrisye menolak menyanyikan lagu "Malam Pertama", Sampai akhirnya dibujuk oleh Eros untuk menyanyikannya.[3] "Resesi" kemudian dipilih menjadi judul album setelah melalui pemungutan suara.[4]

Rilis dan tanggapan[sunting | sunting sumber]

Album ini dirilis pada bulan Februari 1983 dengan "Lenny", "Hening", dan "Malam Pertama" yang dirilis sebagai singel. Untuk mempromosikan album ini, Chrisye tampil menyanyikan "Lenny" secara langsung di Aneka Ria Safari. Resesi sukses secara komersial, menjual 350.000 kopi dan mendapat sertifikasi Silver. Setelah album ini meraih ksuksesan, Chrisye melanjutkan kolaborasi dengan Yockie Suryo Prayogo dan Eros Djarot untuk penggarapan album selanjutnya, Metropolitan dan Nona.[4]

Resesi telah dirilis ulang sebanyak dua kali dalam bentuk CD, pertama pada tahun 2004[7] dan kedua dalam CD box set Chrisye Masterpiece Trilogy Limited Edition pada tahun 2007. Di tahun yang sama, Rolling Stone Indonesia menobatkan Resesi sebagai salah satu album Indonesia terbaik sepanjang masa pada peringkat ke-82.[8]

Album instrumentalia[sunting | sunting sumber]

Resesi juga tersedia dalam format instrumentalia yang dirilis pada tahun 1984. Pada versi ini, Yockie mengambil peranan penting memainkan penyintesis untuk menjadi iringan sepanjang lagu menggantikan vokal Chrisye.[9] Tidak seperti album instrumentalia Sabda Alam, album ini konsisten mengikuti urutan lagu yang sama seperti album versi vokalnya.

Daftar lagu[sunting | sunting sumber]

Seluruh lagu diaransemen oleh Yockie Suryo Prayogo.

Rilisan kaset dan CD[sunting | sunting sumber]

Sisi A
No.JudulPenulisDurasi
1."Lenny"Chrisye, Eros Djarot4:37
2."Malam Pertama"Yockie Suryo Prayogo, Eros Djarot4:51
3."Resesi"Chrisye, Eros Djarot, Yockie Suryo Prayogo4:49
4."Sentuhan Cinta" (Duet dengan Hetty Koes Endang)Yockie Suryo Prayogo, Eros Djarot4:59
5."Di Batas Akhir Senja"Yockie Suryo Prayogo, Eros Djarot5:31
Durasi total:24:46
Sisi B
No.JudulPenulisDurasi
6."Money"Yockie Suryo Prayogo, Eros Djarot5:50
7."Anak Manusia"Chrisye, Eros Djarot5:18
8."Polusi Udara"Yockie Suryo Prayogo4:48
9."Hening"Chrisye, Eros Djarot, Yockie Suryo Prayogo4:29
10."Juwita"Yockie Suryo Prayogo, Eros Djarot5:29
Durasi total:25:53

Rilisan khusus promo radio[sunting | sunting sumber]

Sebagai edisi khusus promo radio, lagu "Di Batas Akhir Senja", "Anak Manusia", dan "Juwita" tidak disertakan ke dalam piringan hitam.

Sisi A
No.JudulPenulisDurasi
1."Malam Pertama"Yockie Suryo Prayogo, Eros Djarot4:51
2."Lenny"Chrisye, Eros Djarot4:37
3."Hening"Chrisye, Eros Djarot, Yockie Suryo Prayogo4:29
4."C. B" (Polusi Udara)Yockie Suryo Prayogo4:48
Durasi total:18:45
Sisi B
No.JudulPenulisDurasi
5."Resesi"Chrisye, Eros Djarot, Yockie Suryo Prayogo4:49
6."Sentuhan Cinta" (Duet dengan Hetty Koes Endang)Yockie Suryo Prayogo, Eros Djarot4:59
7."Money"Yockie Suryo Prayogo, Eros Djarot5:50
Durasi total:15:38

Personel[sunting | sunting sumber]

Personel Tambahan[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

  • Sendjaja Widjaja – produser eksekutif
  • H. Rusmin – operator
  • zoom – desain foto

Referensi[sunting | sunting sumber]

Bibilografi[sunting | sunting sumber]

  • "150 Album Indonesia Terbaik Sepanjang Masa" [150 Best Indonesian Albums of All Time]. Rolling Stone Indonesia (dalam bahasa Indonesian). Jakarta: a&e Media (32): 77. December 2007. 
  • "Chrisye Rilis Album Trilogi" [Chrisye Releases a Trilogy Album]. IndonesiaSelebriti.com (dalam bahasa Indonesian). Media Entertainment Online. 9 October 2007. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 March 2012. Diakses tanggal 1 January 2012. 
  • "Chrisye Rilis Ulang 22 Album Lawas" [Chrisye Rereleases 22 Old Albums]. KotaBNI News (dalam bahasa Indonesian). 28 October 2004. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 April 2012. Diakses tanggal 3 March 2012. 
  • Endah, Alberthiene (2007). Chrisye: Sebuah Memoar Musikal [Chrisye: A Musical Memoir] (dalam bahasa Indonesian). Jakarta: Gramedia. ISBN 978-979-22-2606-5. 
  • KS, Theodore (30 April 2007). "Mengenang Chrisye: Musisi Kaya Diskografi" [Remembering Chrisye: A Musician with a Rich Discography]. Kompas (dalam bahasa Indonesian). hlm. 40. 
  • Resesi. Chrisye. Musica Studios. 1983. 
  • Sakri, Denny (2007). Chrisye Masterpiece Trilogi 01. Chrisye. Musica Studios. 
  • Sartono, Frans (1 April 2007). "Chrisye: Dari Lilin Kecil ke Badai" [Chrisye: From a Small Candle to a Storm]. Kompas (dalam bahasa Indonesian). hlm. 1.