Senyawa (album)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Senyawa
Senyawa album 1.jpg
Album studio karya Chrisye
Dirilis22 Oktober 2004
DirekamJuli - Oktober 2004
GenrePop
LabelMusica Studio's
ProduserChrisye
Kronologi Chrisye
Dekade
(2002)Dekade2002
Senyawa
(2004)
Cover lain
Sampul versi revisi
Sampul versi revisi

Senyawa merupakan album studio resmi terakhir karya Chrisye yang dirilis pada akhir tahun 2004. Lagu populer dari album ini, antara lain: "Jika Surga dan Neraka Tak Pernah Ada", "Menunggumu", "Luna Kelam", "Bur-Kat" dan "Cinta yang Lain".

Revisi[sunting | sunting sumber]

Album ini merupakan album Chrisye yang banyak diisi kolaborasi bersama musisi lain. Namun terdapat masalah pada cover albumnya, yaitu tercantumnya nama Eross Candra dan Tohpati yang merupakan musisi dari Sony Music Entertainment. Karena terdapat konflik terkait kontrak kedua musisi tersebut, sampul album tersebut akhirnya direvisi.[1]

Senyawa dirilis pada 22 Oktober 2004. Namun, tak lama setelah dirilis, Sony Music Entertainment Indonesia (SMI) mengajukan pengaduan atas sampul album yang memuat nama Erros Chandra dan Tohpati di sampul itu, yang terikat kontrak dengan UKM; Erros dan Tohpati juga ditampilkan pada gambar di catatan liner . Akibatnya, Musica Studios menarik album dari peredaran dan kemudian menerbitkannya kembali dengan sampul baru yang didesain ulang tanpa Erros dan Tohpati. Chrisye kemudian menyatakan penyesalannya karena masalah hukum menghalanginya untuk mengakui kontribusi Eross dan Tohpati. Meskipun kontroversi, album terjual dengan baik.

Empat lagu Senyawa , "Cinta Yang Lain", "Menunggumu", "Bur-Kat", dan "Jika Surga dan Neraka Tak Pernah Ada", dibuat menjadi video musik . Video musik untuk "Menunggumu" dibuat pada awal Maret 2005, tepat 4 bulan sebelum Chrisye didiagnosa menderita kanker paru-paru stadium akhir. Video musik "Menunggumu" adalah salah satu video musik terakhirnya sebelum sakit.

Daftar lagu[sunting | sunting sumber]

  1. Jika Surga dan Neraka Tak Pernah Ada (duet bersama Ahmad Dhani)
  2. Bur-Kat (duet bersama Project Pop)
  3. Menunggumu (duet bersama Peterpan)
  4. Luna Kelam (duet bersama Eross Candra)
  5. Panah Asmara (duet bersama Tohpati)
  6. Beku (duet bersama Ricky FM dan Lusman)
  7. Cinta yang Lain (duet bersama Ungu)
  8. Suatu Persembahan Cinta (duet bersama Element)
  9. Tjah Ajoe (duet bersama Naif)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Perbedaan cover sebelum dan sesudah revisi". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-05. Diakses tanggal 2011-01-23.