Fajar Endra Taruna

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Fajar Endra Taruna Mangkudisastro
LahirFajar Endra Taruna Mangkudisastro
24 November 1974 (umur 46)
Bendera Indonesia Jakarta, Indonesia
Nama lainJarwo Naif / Mr. J / Mr. Jarwo
PekerjaanMusician, Vocalist
Suami/istriNoni Ara
Karier musik
InstrumenGitar, Bass, Drum, Keyboard
Tahun aktif1994 - sekarang
LabelElectrified Records, Fekgitar Music, Nuct Records
Artis terkaitNaif
Situs webhttps://open.spotify.com/artist/53HUIwpEOyFESrphYf1qVl?si=UslHSAJISzqgjOxwSjQBug&utm_source=copy-link&dl_branch=1


Fajar Endra Taruna Mangkudisastro (lahir 24 November 1975) adalah seorang musisi Indonesia. Musisi yang akrab dipanggil dengan nama Jarwo / Mr. Jarwo tergabung dengan Naif dengan menjadi gitaris dan backing vokal dari grup bandnya.

Proyek album solo pertamanya pada 2009 bertajuk 1st Journey. Kala itu, Jarwo menyuguhkan permainan gitar untuk 10 lagu instrumental.

Tahun 2021 Jarwo kembali menghadirkan proyek solo album dengan single terbaru berjudul "Anti Rebahan". Kini, Jarwo memainkan seluruh instrumen musik, menggarap program dan aransemen, juga berperan sebagai vokalis.

Lagu "Anti Rebahan" yang berirama ceria menyuguhkan lirik penuh semangat dalam menjalani hidup apa adanya. Ajakan untuk lebih baik dari sebelumnya dan meyakinkan diri agar tidak pantang menyerah menggapai mimpi. Delapan lagu dalam album Anti Rebahan antara lain "Anti Rebahan", "Pertalian Jiwa", "Bebas", "Dia di Mana Dia di Sana", "Nada Hujan", "Morning Light", "Rama dan Shinta", serta "Penari Pagi".

Proses pengerjaan album Anti Rebahan berlangsung selama dua bulan di Studio Bermain milik Jarwo. Pengerjaan rekaman serta mixing dia lakukan sendiri, sedangkan mastering dikerjakan Stephan Santoso (Slingshot Studios).

Jarwo menghadirkan video klip lagu dengan konsep unik, yakni menerapkan teknik reverse slomo yang mengesankan kilas balik dari masa lalu. Maknanya, seseorang tidak akan bisa seperti sekarang tanpa melalui kejadian dari masa sebelumnya dan mensyukuri itu.

Solo Album[sunting | sunting sumber]


Discography[sunting | sunting sumber]


Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]