Quince

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Templat:Distinguish-otheruses

Quince
Quince flowers.jpg
Bunga Cydonia oblonga
Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Plantae
(tidak termasuk): Angiosperms
(tidak termasuk): Eudicots
(tidak termasuk): Rosids
Ordo: Rosales
Famili: Rosaceae
Subfamili: Amygdaloideae[1]
Bangsa: Maleae
Subbangsa: Malinae
Genus: Cydonia
Mill.
Spesies: C. oblonga
Nama binomial
Cydonia oblonga
Mill.
Sinonim

C. vulgaris

Quince: ilustrasi botanikal
Quince - Cydonia oblonga Mill.

Quince (/ˈkwɪns/; Cydonia oblonga) adalah sebuah anggota tunggal dari genus Cydonia dalam keluarga Rosaceae (yang juga terdiri dari apel dan pir, serta buah-buahan lainnya). Tumbuhan tersebut adalah sebuah pohon peluruh kecil yang memiliki sebuah buah pome, yang penampilannya mirip dengan buah pir, dan berwarna kuning keemasan pada saat dewasa. Meskipun dalam sejarah buah tersebut yang telah masak digunakan sebagai makanan, namun pohonnya juga ditanam untuk kembang merah jambu atraktifnya dan kualitas ornamental lainnya.

Pohon tersebut dapat bertumbuh dari 5 sampai 8 meter (16 setengah kaki sampai 26 kaki) tingginya dan 4 sampai 6 meter (13 kaki sampai 19 setengah kaki) lebarnya. Buahnya berukuran 7 sampai 12 sentimeter (3 sampai 5 inci) panjangnya dan 6 sampai 9 sentimeter (2 sampai 3 setengah inci) lingkarnya.

Tumbuhan tersebut berasal dari wilayah berbatu dan berkayu di barat daya Asia, Turki dan Iran[2] meskipun tumbuhan tersebut dapat bertumbuh secara sukses di wilayah utara yang jauh seperti Skotlandia. Tumbuhan tersebut tidak ada hubungannya dengan kerabatnya, Quince Tionghoa, Pseudocydonia sinensis, atau Quince Berbunga dari genus Chaenomeles.

Quince digunakan sebagai tanaman pangan bagi larva dari beberapa spesies Lepidoptera yakni serangga berekor coklat, Bucculatrix bechsteinella, Bucculatrix pomifoliella, Coleophora cerasivorella, Coleophora malivorella, pug hijau dan moth musim dingin.

Empat spesies lainnya masih dalam genus Cydonia yang sekarang berada dalam genera yang terpisah. Pseudocydonia sinensis dan tiga quince berbunga dari timur Asia berada dalam genus Chaenomeles. Buah lainnya yang tak berkaitan, bael, terkadang disebut "quince Bengal".

Asal mula[sunting | sunting sumber]

Buah tersebut dikenal oleh bangsa Akkad, yang menyebut buah tersebut dengan sebutan supurgillu; Arab سفرجل al safarjal "quinces" (plural kolektif).[3] Nama modern-nya berasal dari abad ke-14 sebagai sebuah plural dari quoyn, melalui bahasa Perancis Lama cooin dari kata Latin cotoneum malum / cydonium malum, yang secara langsung berasal dari kata Yunani κυδώνιον μῆλον, kydonion melon "apel Kidonia". Pohon quince berasal dari Uzbekistan, Tajikistan, Iran, Armenia, Azerbaijan, Georgia, Pakistan, Kashmir, Afghanistan dan diperkenalkan ke Polandia, Suriah, Lebanon, Slovenia, Kroasia, Bosnia, Turki, Serbia, Republik Makedonia, Albania, Siprus, Yunani, Rumania, Hungaria, Ukraina, Moldova, dan Bulgaria.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Produsen quince teratas - 2012
Negara Ton metrik
 Turki 135,406
 Republik Rakyat Tiongkok 125,000
 Uzbekistan 80,000
 Maroko 46,000
 Iran 36,500
 Argentina 27,500
 Azerbaijan 27,140
 Spanyol 14,000
 Serbia 10,795
 Aljazair 10,516
 Total di seluruh dunia 596,532
Sumber: UN FAOSTAT [4]
Pengeluaran quince pada 2012

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Potter, D., et al. (2007). Phylogeny and classification of Rosaceae. Plant Systematics and Evolution. 266(1–2): 5–43. [Merujuk kepada subkeluarga dengan nama "Spiraeoideae"]
  2. ^ RHS A-Z encyclopedia of garden plants. United Kingdom: Dorling Kindersley. 2008. hlm. 1136. ISBN 1405332964. 
  3. ^ Olivier Lauffenburger, 2006. Halaman Utama Tata Bahasa Hittite, kamus Akkadian, entri untuk supurgillu
  4. ^ "Statistics from: Food And Agricultural Organization of United Nations: Economic And Social Department: The Statistical Division". Basis Datas Statistik Korporasi Organisasi Pangan dan Agribudaya PBB. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]