Puri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Puri Windsor, sebuah puri di Berkshire, Inggris, yang dibangun setelah Penaklukan Norman pada 1066.[1]

Puri (dari bahasa Sanskerta: पुरी, puri) atau Kastel (dari bahasa Belanda: Kasteel) adalah benteng yang dibangun oleh bangsawan, raja, atau tarekat militer sebagai tempat tinggal pribadi. Di Indonesia, istana kerajaan atau keraton seringkali disebut puri, karena lazimnya dilindungi tembok pertahanan,[2][3] sementara di Eropa, puri dibedakan dari istana, karena istana-istana Eropa bukan bangunan pertahanan.[4] Meskipun memiliki banyak kesamaan, puri dibedakan dari benteng maupun permukiman berbenteng, karena tidak semua benteng dibangun sebagai tempat tinggal raja atau bangsawan, dan puri bukan bangunan pertahanan untuk umum. Dalam kurun waktu kira-kira 900 tahun, banyak puri yang dibangun dengan beragam bentuk dan tampilan, tetapi lazimnya memiliki tembok tirai dan celah panah.

Puri tersebar di berbagai belahan dunia,[5] terutama di Eropa seperti Puri Windsor[6] dan Asia seperti Puri Nagoya yang dibangun pada zaman Edo.[7] Puri sudah ada sejak masa Abad Pertengahan.[8] Pada saat itu hingga nyaris semilenium kemudian, puri digunakan sebagai dasar pertahanan militer.[8]

Puri mulai berkembang di Eropa Barat sejak abad ke-9; diikuti oleh pembangunan parit di sekitarnya di Prancis pada abad ke-10.[9] Seiring perkembangannya, terdapat beberapa puri yang tidak disebut sbagai puri pada namanya, namun merupakan sebuah puri seperti Menara London.[10]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Nicolson. Windsor Castle (PDF). London: Royal Collection Trust. hlm. 110. 
  2. ^ "Puri". KBBI Daring. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Diakses tanggal 16 Mei 2018. 
  3. ^ "Kastel". KBBI Daring. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Diakses tanggal 16 Mei 2018. 
  4. ^ "Palace | architecture". Encyclopædia Britannica (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 16 Mei 2018. 
  5. ^ Khoiri, Ahmad Masaul (12 September 2017). "Sayang, Kastil-kastil Cantik Ini Malah Terbengkalai". detikTravel. Diakses tanggal 16 Mei 2018. 
  6. ^ "30 beautiful European castles". USA TODAY (dalam bahasa Inggris). 1 Mei 2014. Diakses tanggal 16 Mei 2018. 
  7. ^ Haryadi, Malvyandie (21 Januari 2018). "Menyusuri Kastil Nagoya, Bangunan Bersejarah di Jepang yang Sempat Hancur pada PD II". Tribunnews.com. Diakses tanggal 16 Mei 2018. 
  8. ^ a b "The Medieval Castle: Four Different Types". History on the Net. Diakses tanggal 16 Mei 2018. 
  9. ^ "Castle | architecture". Encyclopædia Britannica (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 16 Mei 2018. 
  10. ^ "Tower of London". Historic Royal Palaces (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 16 Mei 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]