Pulau Maratua

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pulau Maratua
Koordinat2°15′12″LU,118°38′41″BT
NegaraIndonesia
Gugus kepulauanKalimantan
ProvinsiKalimantan Timur
KabupatenBerau
Luas22,93 km²
Populasi3.560 Jiwa

Pulau Maratua adalah salah satu pulau terluar Indonesia yang terletak di Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Laut Sulawesi dan berbatasan dengan negara Malaysia. Pulau Maratua ini merupakan bagian dari Pulau berbentuk kecil panjang dan lengkung tajam ini berada di sebelah selatan dari Kota Tarakan dengan koordinat 2° 15′12″ LU, 118° 38′41″ BT (di bagian batas luarnya). Di pulau ini terdapat Danau Haji Buang dan Danau Tanah Bamban.

Akses[sunting | sunting sumber]

Pulau Maratua dapat diakses melalui Bandar Udara Internasional Samarinda, Tanjung Redep, Tanjung Batu dan Kota Tarakan. Dari Bandar Udara Internasional Samarinda, penerbangan ke Pulau Maratua dilayani oleh Susi Air. Dari Tanjung Redep, Pulau Maratua dapat dicapai menggunakan penerbangan oleh Susi Air atau menggunakan perahu motor. Sedangkan dari Tanjung Batu dan Kota Tarakan, Pulau Maratua dicapai menggunakan perahu motor.

Pariwisata[sunting | sunting sumber]

Pariwisata di Pulau Maratua utamanya berupa penyelaman bawah laut. Terumbu karang tepi dan ikan karang dapat ditemukan di perairan Pulau Maratua yang didominasi padang lamun dengan jenis Halodule Uninervis. Pulau Maratua memiliki banyak lokasi penyelaman, diantaranya Jetty Dive, Turtle Traffic, Mid Reef, Eel Garden, Hanging Garden, Cabbage Garden, dan The Channel spot. Selain sebagai wisata bahari, sejak tahun 2015 Maratua juga memiliki acara tahunan yaitu Maratua Jazz and Dive Fiesta yang digagas oleh WartaJazz melalui kerja sama dengan Yayasan Berau Lestari.

Referensi[sunting | sunting sumber]