Pulau Komang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Komang
NegaraIndonesia
Gugus kepulauanSulawesi
ProvinsiSulawesi Utara
KabupatenMinahasa Utara
Luas-
Populasi-

Pulau Komang adalah pulau yang terletak dalam wilayah administrasi desa Kalinaun, Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Indonesia.

Pulau ini termasuk dalam kategori pulau tidak berpenghuni namun menjadi tempat wisata warga sekitar. [1]

Akses[sunting | sunting sumber]

Pulau ini bisa ditempuh dari Pantai Pall di desa Marinsow. Dari pertigaan desa Marinsow, ambil jalur kanan dan tepat sebelum memasuki Desa Kalinaun, Anda bisa belok kiri karena lokasi pulau ini ada di bagian pantai atau disebut juga Kalinaun Pantai. Dari pemukiman warga, bisa memilih jalan kaki selama 10-15 menit atau naik perahu untuk sampai ke Pulau Komang.[2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Terdapat sebuah mata air yang dikeramatkan warga dan sebuah gua yang menurut mitos warga sekitar merupakan tempat meditasi tetua kampung.[2]

Wisata[sunting | sunting sumber]

Setiap tahun, diadakan Festival Pulau Komang[3] yang menggelar beberapa lomba seperti lomba katinting 16 PK, lomba perahu katinting gir ganda 16 PK, lomba perahu katinting 18 PK, lomba perahu 18 PK mesin tempel, lomba perahu dayung 3 orang dan lomba tambang perahu laki-laki 5 orang.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Batubara, Rido; Rusandi, Andi; Yusuf, Muhammad; Roroe, Pingkan Katharina; Sidqi, Muhandis; Sinaga, Simon Boyke; Solihin, Akhmad (2015). Sulawesi Utara Manikam Nusa di Tepian Minahasa dan Bolaang Mongondow. Jakarta: Penerbit Buku Kompas. ISBN 978-979-709-588-8. 
  2. ^ a b rds (2019-12-29). "Pulau Komang di Likupang Mirip Tanah Lot di Bali". BeritaManado.com: Berita Terkini Kota Manado, Sulawesi Utara. Diakses tanggal 2023-09-07. 
  3. ^ "Likupang Tourism Festival 2022 Dorong Destinasi Pariwisata Super Prioritas Semakin Dikenal". Kemenparekraf/Baparekraf RI. Diakses tanggal 2023-09-07. 
  4. ^ Welong, Reinold (2019-12-10). "Festival Pulau Komang Gelar Berbagai Lomba". Speednews Manado. Diakses tanggal 2023-09-07.