Pulau Anuling

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Anuling
KoordinatKoordinat: 0°57′30″N 123°11′06″E / 0.95833°N 123.18500°E / 0.95833; 123.18500
NegaraIndonesia
Gugus kepulauanSulawesi
ProvinsiSulawesi Utara
KabupatenBolaang Mongondow Utara
Luas-
Populasi-
Peta

Pulau Anuling adalah pulau yang terletak dalam wilayah administrasi Desa Tanjung Sidupa, kecamatan Pinogaluman, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Sulawesi Utara.

Pulau ini termasuk dalam kategori pulau tidak berpenghuni. Pulau Anuling merupakan pulau berpantai batu, bertebing curam dengan vegetasi berbagai tumbuhan khas pantai.

Gugusan pulau[sunting | sunting sumber]

Pulau Anuling dikelilingi oleh pulau-pulau lain seperti Pulau Keramat, Pulau Damar, Pulau Tikus, Pulau Nunuka dan Pulau Bongkil.[1]

Pulau Keramat[sunting | sunting sumber]

Pulau Keramat adalah pulau tidak berpenduduk dan terletak di dekat pulau Anuling. Hasil survei toponimi 2006 dan 2007 tidak mengalami perubahan nama dan tidak ditemukan penjelasan terkait penamaan pulau. Pulau ini memiliki tampilan berpantai pasir di bagian selatan dan bertebing curam di bagian utara. Vegetasi yang mendominasi adalah kelapa, waru dan nusu.

Pulau Damar[sunting | sunting sumber]

Pulau Damar adalah pulau tidak berpenduduk dan terletak di dekat pulau Anuling. Hasil survei toponimi 2006 dan 2007 tidak mengalami perubahan nama dan tidak ditemukan penjelasan terkait penamaan pulau. Pulau ini memiliki tampilan berpantai mangrove dan didominasi oleh kelapa, damar, bakau dan semak belukar.

Pulau Tikus[sunting | sunting sumber]

Pulau Tikus adalah pulau tidak berpenduduk dan terletak di dekat pulau Anuling. Hasil survei toponimi 2006 dan 2007 tidak mengalami perubahan nama dan tidak ditemukan penjelasan terkait penamaan pulau. Pulau ini merupakan pulau batu karang yang bervegetasi semak belukar dan berpantai tebing curam dengan ukuran kurang lebih 10m2.

Pulau Nunuka[sunting | sunting sumber]

Pulau Nunuka adalah pulau tidak berpenduduk dan terletak di dekat pulau Anuling. Hasil survei toponimi 2006 dan 2007 tidak mengalami perubahan nama dan tidak ditemukan penjelasan terkait penamaan pulau. Pulau ini memiliki tampilan berbukit dan berpantai batu juga mangrove serta didominasi oleh kelapa, bambu, pandan dan pohon lainnya.

Pulau Bongkil[sunting | sunting sumber]

Pulau Bongkil adalah pulau tidak berpenduduk dan terletak di dekat pulau Anuling. Hasil survei toponimi 2006 dan 2007 tidak mengalami perubahan nama dan tidak ditemukan penjelasan terkait penamaan pulau. Pulau ini memiliki tampilan berpasir putih dan didominasi oleh semak belukar, cemara, pandan dan mangrove.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pulau Anuling disebutkan sebagai bagian dari pulau di Filipina, hal ini dikarenakan berkaitan pada abad ke-XII ketika kekuasaan Kubilai Khan runtuh. Suku Mongolia yang berdiam di Yunan migrasi ke Asia Selatan dan Timur. Adapun rombongan kedua menyebar ke Taiwan, Filipina Selatan, Kalimantan, Maluku, Ternate dan pulau lainnya.[1]

Jika ditilik dari postur tubuh, warna kulit dan kesamaan bahasan, ditemukan bahwa penduduk di pantai utara Bolaang Mongondow (Bintauna, Sangkub, Babo) adalah bagian dari rombongan migrasi yang mendarat di Mindanao, Filipina Selatan. [1]

Tautan luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Batubara, Rido; Rusandi, Andi; Yusuf, Muhammad; Roroe, Pingkan Katharina; Sidqi, Muhandis; Sinaga, Simon Boyke; Solihin, Akhmad (2015). Sulawesi Utara Manikam Nusa di Tepian Minahasa dan Bolaang Mongondow. Jakarta: Penerbit Buku Kompas. ISBN 978-979-709-588-8.