Precious (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Precious
Precious2009poster.jpg
Poster film Precious
Sutradara Lee Daniels
Produser Lee Daniels
Gary Magness
Sarah Siegel-Magness
Oprah Winfrey
Tom Heller
Tyler Perry
Lisa Cortés
Skenario Geoffrey S. Fletcher
Berdasarkan Push 
oleh Sapphire
Pemeran Gabourey Sidibe
Mo'Nique
Paula Patton
Mariah Carey
Sherri Shepherd
Lenny Kravitz
Musik Mario Grigorov
Sinematografi Andrew Dunn
Darren Lew
Penyunting Joe Klotz
Perusahaan
produksi
Lee Daniels Entertainment
Smokewood Entertainment
Harpo Productions
34th Street Films
Distributor Lionsgate
Tanggal rilis
  • 15 Januari 2009 (2009-1-15) (Festival Film Sundance)
  • 6 November 2009 (2009-11-6) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 20 November 2009 (2009-11-20) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi
110 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $10 juta[2]
Pendapatan kotor $63,647,833[2]

Precious: Base on Nol by Saf (Based on the Novel "Push" by Sapphire), atau disingkat Precious, adalah film drama tahun 2009 yang disutradarai oleh Lee Daniels dan diproduseri oleh Lee Daniels, Gary Magness, Sarah Siegel-Magness, Oprah Winfrey, Tom Heller, Tyler Perry dan Lisa Cortés. Naskah film ini ditulis oleh Geoffrey S. Fletcher berdasarkan novel Push karya Sapphire. Film ini dibintangi oleh Gabourey Sidibe, Mo'Nique, Paula Patton, Mariah Carey, Sherri Shepherd dan Lenny Kravitz.

Film Precious ditayangkan secara perdana di Festival Film Sundance pada tanggal 15 Januari 2009[3] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 6 November 2009 secara terbatas dan 20 November 2009 secara luas.[4] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1987, seorang remaja berusia 16 tahun bernama Claireece "Precious" Jones (Gabourey Sidibe) tinggal di lingkungan Harlem di kota New York dengan ibunya yang menganggur, Mary (Mo'Nique), yang telah lama menganiayanya secara fisik, mental dan seksual. Precious telah diperkosa oleh ayahnya, Carl (Rodney "Bear" Jackson), membuatnya hamil dua kali. Keluarga tersebut tinggal di rumah petak Section 8 dan mengandalkan program kesejahteraan sosial. Anak pertamanya, "Mongo" (singkatan dari Mongoloid), menderita sindrom Down dan dirawat oleh nenek Precious, meskipun Mary memaksa keluarganya berpura-pura bahwa Mongo tinggal bersamanya dan Precious sehingga ia dapat menerima uang tambahan dari pemerintah. Ketika kehamilan kedua Precious diketahui, kepala sekolahnya mengatur agar Precious bersekolah di sekolah alternatif, dengan harapan Precious dapat mengubah arah hidupnya. Precious menemukan jalan keluar dari kehidupan traumatis sehari-hari dengan melarikan diri ke dalam lamunan di mana ia dicintai dan dihargai.

Terinspirasi oleh gurunya yang baru, Miss Blu Rain (Paula Patton), Precious akhirnya belajar membaca dan menulis. Ia bertemu secara terpisah dengan pekerja sosial Miss Weiss (Mariah Carey), yang mengetahui tentang hubungan sedarah dalam rumah tangga saat Precious mengungkapkan siapa ayah dari anak-anaknya. Ketika Precious melahirkan anak keduanya, Abdul, di rumah sakit, ia bertemu dengan John McFadden (Lenny Kravitz), asisten perawat yang menunjukkan kebaikannya. Setelah kembali ke rumah, ibunya dengan ceroboh menjatuhkan Abdul yang berusia 3 hari dan memukulnya, dengan marah menyatakan bahwa pengungkapan Precious tentang hubungan sedarah telah mengakibatkan terpotongnya uang dari program kesejahteraan mereka. Precious melawan ibunya dan keluar dari rumahnya bersama Abdul. Ketika mereka pergi, Precious berhenti di sebuah gereja dan dari jendela gereja, ia melihat sekelompok paduan suara menyanyikan lagu Natal, membayangkan bahwa ia dan kekasih khayalannya bersama dan menyanyikan lagunya. Precious masuk ke dalam kelas sekolahnya untuk mencari perlindungan. Setelah Miss Blu menemukannya keesokan paginya, ia memanggil tempat penampungan lokal untuk mencari tempat yang aman bagi Precious untuk tinggal. Malam itu, Precious tinggal bersama Miss Blu dan kekasihnya. Keesokan paginya, Miss Blu membawanya dan Abdul mencari bantuan untuk mereka. Miss Blu memberitahu Precious bahwa ia bisa melanjutkan sekolahnya sambil membesarkan Abdul di sebuah rumah singgah.

Mary segera kembali memberitahu Precious tentang kematian ayahnya akibat AIDS. Precious kemudian mengetahui bahwa ia menderita HIV-positif, meski Abdul tidak terkena HIV. Merasa sedih, ia mencuri berkas kasusnya dari kantor Miss Weiss. Saat ia membagikan rincian berkasnya dengan rekan-rekannya sesama siswa, ia mulai berharap untuk masa depan. Kemudian, Precious bertemu dengan ibunya di kantor pekerja sosial. Miss Weiss marah kepada Mary atas penganiayaan Precious, menunjuk pada insiden spesifik yang terjadi ketika Precious berusia 3 tahun. Mary tidak merasa bersalah dan alih-alih bertanggung jawab atas kesalahan dan pengasuhannya yang buruk, ia menyalahkan semua yang ada pada putrinya. Sambil menangis, Mary memberitahu bahwa itu adalah kesalahan Precious bahwa ayahnya memperkosa Precious karena Precious "membiarkan ayahnya", dan mengakui bahwa ia membenci Precious karena "mencuri suaminya". Precious memberitahu Mary bahwa ia akhirnya melihatnya apa adanya dan memberitahu ibunya bahwa ia tidak akan pernah melihat Precious atau anak-anak lagi. Mary meminta Miss Weiss untuk menerima kembali putrinya, namun Miss Weiss yang terguncang diam-diam muak dan menolak Mary dan pergi meninggalkannya.

Precious mengambil hak asuh Mongo dan berencana untuk menyelesaikan ujian untuk mendapatkan ijazah SMA. Ia berjalan ke kota dengan kedua anaknya di belakangnya, siap untuk memulai kehidupan baru dan memiliki masa depan yang lebih cerah.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Gabourey Sidibe sebagai Claireece "Precious" Jones
  • Mo'Nique sebagai Mary Lee Johnston
  • Paula Patton sebagai Miss Blu Rain
  • Mariah Carey sebagai Miss Weiss
  • Lenny Kravitz sebagai John McFadden
  • Sherri Shepherd sebagai Lisa
  • Barret Helms (Barret Isaiah Mindell) sebagai Tom Cruise, kekasih impian Precious
  • Nealla Gordon sebagai Mrs. Sondra Lichtenstein
  • Stephanie Andujar sebagai Rita Romero
  • Chyna Layne sebagai Rhonda Patrice Johnson
  • Amina Robinson sebagai Jermaine Hicks
  • Xosha Roquemore sebagai Jo Ann
  • Aunt Dot sebagai Toosie
  • Angelic Zambrana sebagai Consuelo
  • Quishay Powell sebagai Mongo
  • Grace Hightower sebagai pekerja sosial
  • Kimberly Russell sebagai Katherine
  • Bill Sage sebagai Mr. Wicher

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Precious mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 91%, berdasarkan 227 ulasan, dengan rating rata-rata 7.8/10.[5] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 79 dari 100, berdasarkan 36 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[6]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Precious mendapatkan $47,566,524 di Amerika Utara dan $16,081,309 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $63,647,833, melebihi anggaran produksi film $10 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $1,872,458, menempati posisi ke-12 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $10,881,772, menempati posisi ke-6 di box office di belakang film The Twilight Saga: New Moon, The Blind Side, The Blind Side, 2012, Planet 51 dan A Christmas Carol.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Precious (15)". British Board of Film Classification. January 19, 2009. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  2. ^ a b c d preciouspush.htm "Precious (2009)" Periksa nilai |url= (bantuan). Box Office Mojo. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  3. ^ McCarthy, Todd (December 3, 2008). "Sundance unveils competition lineup". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 23, 2009. Diakses tanggal November 16, 2009. 
  4. ^ Day, Elizabeth (November 1, 2009). "How did America fall in love with Precious?". The Guardian. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  5. ^ "Precious (2009)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  6. ^ "Precious reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]