The Blind Side (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
The Blind Side
Blind side poster.jpg
Poster film The Blind Side
Sutradara John Lee Hancock
Produser Broderick Johnson
Andrew Kosove
Gil Netter
Skenario John Lee Hancock
Berdasarkan The Blind Side: Evolution of a Game 
oleh Michael Lewis
Pemeran Sandra Bullock
Tim McGraw
Quinton Aaron
Jae Head
Lily Collins
Kathy Bates
Musik Carter Burwell
Sinematografi Alar Kivilo
Penyunting Mark Livolsi
Perusahaan
produksi
Alcon Entertainment
Distributor Warner Bros Pictures
Tanggal rilis
  • 17 November 2009 (2009-11-17) (New York)
  • 20 November 2009 (2009-11-20) (Amerika Serikat)
Durasi
128 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Bahasa Inggris
Anggaran $29 juta[2]
Pendapatan kotor $309,208,309[2]

The Blind Side adalah film biografi drama Amerika Serikat tahun 2009 yang disutradarai oleh John Lee Hancock dan diproduseri oleh Broderick Johnson, Andrew Kosove dan Gil Netter. Naskah film ini ditulis oleh John Lee Hancock berdasarkan buku The Blind Side: Evolution of a Game karya Michael Lewis. Film ini dibintangi oleh Sandra Bullock, Tim McGraw, Quinton Aaron, Jae Head, Lily Collins dan Kathy Bates.

Film The Blind Side ditayangkan secara perdana di New York pada tanggal 17 November 2009 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 20 November 2009.[3] Film ini mendapatkan review rerata dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Film ini dibuka dengan Michael "Big Mike" Oher yang berusia 17 tahun dan berbicara dengan seorang penyidik NCAA. Lalu kilas balik terjadi kemudian.

Mike (Quinton Aaron) dibesarkan dengan keluarga yang berbeda di Memphis, Tennessee, karena ibunya yang merupakan pecandu narkoba. Setiap kali Mike ditempatkan di rumah baru, ia melarikan diri. Ayah dari teman Mike meminta Burt Cotton (Ray McKinnon), pelatih Wingate Christian School, untuk membantu mendaftarkan putranya dan Mike. Terkesan dengan atletisme Mike, Burt memberinya pengakuan meskipun ia mengetahui catatan akademis Mike yang buruk. Kemudian, Mike berteman dengan seorang siswa yang lebih muda bernama Sean Jr. atau sering disapa SJ (Jae Head). Ibu SJ, Leigh Anne Tuohy (Sandra Bullock), adalah seorang perancang interior yang berpikiran kuat dan istri pengusaha kaya Sean Tuohy (Tim McGraw).

Staf sekolah memberitahu Mike bahwa ayahnya telah meninggal karena kecelakaan. Belakangan, Leigh Anne dan Sean melihat putri mereka, Collins (Lily Collins), bermain bola voli. Setelah pertandingan, Sean memperhatikan Mike memunguti sisa makanan di bangku penonton.

Suatu malam, Leigh Anne melihat Mike berjalan sendirian di jalan basah, menggigil kedinginan tanpa pakaian yang memadai. Ketika Leigh Anne mengetahui bahwa Mike berencana untuk bermalam di luar gym sekolah yang tertutup, Leigh Anne menawarkan untuk tidur di sofa di rumah keluarga Tuohy.

Keesokan paginya, Leigh Anne melihat bahwa Mike telah pergi. Melihatnya berjalan pergi, Leigh Anne meminta Mike untuk menghabiskan liburan Thanksgiving bersama keluarganya. Pelan-pelan, Mike menjadi anggota keluarga Tuohy dan belakangan, Leigh Anne mengantarkan Mike ke rumah ibunya. Mike melihat sebuah pengumuman penggusuran yang dipasang di pintu dan ibunya pergi.

Teman-teman Leigh Anne bertanya-tanya apa yang sedang dilakukannya dan memberitahu bahwa Collins tidak aman di sekitar Mike, namun Leigh Anne menegur mereka. Leigh Anne kemudian bertanya kepada Collins bagaimana perasaannya tentang hal itu. Collins menjawab bahwa mereka tidak bisa begitu saja menyingkirkan Mike. Ketika Leigh Anne berusaha menjadi wali sah Mike, ia mengetahui bahwa Mike diambil dari ibu pecandu narkoba saat berusia tujuh tahun dan tidak ada yang tahu keberadaan sang ibu. Ia juga diberitahu bahwa, meskipun Mike mendapatkan nilai buruk dalam tes bakat dan karier, Mike berada di peringkat ke-98 dalam "insting melindungi". Ketika Mike tampaknya ragu menggunakan kekuatan dan ukurannya saat belajar bermain football, Leigh Anne memberitahunya bahwa sebagai penyerang, ia harus melindungi pemain quarterback-nya. Sejak saat itu, Mike semakin membaik, cukup mampu bermain di tingkat perguruan tinggi. Namun, untuk melakukannya, Mike harus memenuhi rata-rata nilai minimum untuk masuk sehingga keluarga Tuohy membayar seorang guru pribadi untuknya, Miss Sue (Kathy Bates) yang baik.

Leigh Anne bertemu dengan ibu Mike tentang hak asuh Mike. Meski awalnya ia merasa tidak responsif, sang ibu akhirnya mengharapkan Mike yang terbaik.

Banyak universitas bergengsi yang merekrut Mike. SJ berbicara dengan pelatih dan bernegosiasi atas nama Mike - dan SJ juga. Ketika Mike mendapatkan nilai yang cukup tinggi, ia memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya di Ole Miss, tempat Sean bermain dan Leigh Anne menjadi pemandu sorak. Hal itu menyebabkan penyidik NCAA Granger menyelidiki masalah ini untuk menentukan apakah keluarga Tuohy membawanya masuk dan terlalu mempengaruhinya sehingga ia bisa bermain untuk almamater mereka.

Mike melarikan diri sebelum wawancara selesai dan bertemu dengan Leigh Anne tentang motifnya untuk mendaftarkan Mike. Mike kemudian mulai menemukan ibu kandungnya di Hurt Village. Seorang pemimpin geng menyambut Mike kembali, menawarinya bir dan melakukan sindiran seksual tentang Leigh Anne dan Collins. Ketika pemimpin geng mengancam untuk mengejar Leigh Anne dan Collins, Mike berkelahi dengannya dan preman lainnya. Setelah memikirkan semuanya dan bertanya kepada Leigh Anne, Mike memberitahu Granger bahwa ia memilih Ole Miss karena "di sanalah keluarga saya pergi ke sekolah". Mike diterima di perguruan tinggi dan menyampaikan perpisahannya dengan keluarga Tuohy.

Film ini berakhir dengan informasi tentang dan foto keluarga Tuohy yang sebenarnya dan Michael Oher, yang kemudian bermain di National Football League. Ia bermain untuk klub Baltimore Ravens di babak pertama NFL Draft 2009 di mana ia memenangkan Super Bowl XLVII pada tahun 2013 sebelum bermain untuk klub Tennessee Titans dan Carolina Panthers.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Sandra Bullock sebagai Leigh Anne Tuohy
  • Tim McGraw sebagai Sean Tuohy
  • Quinton Aaron sebagai Michael "Big Mike" Oher
  • Jae Head sebagai Sean "S.J." Tuohy, Jr.
  • Lily Collins sebagai Collins Tuohy
  • Kathy Bates sebagai Miss Sue
  • Ray McKinnon sebagai Pelatih Burt Cotton
  • Kim Dickens sebagai Mrs. Boswell
  • Adriane Lenox sebagai Denise Oher
  • Eaddy Mays sebagai Elaine
  • Robert "IronE" Singleton sebagai Alton
  • Tommy Tuberville sebagai diri sendiri, pelatih klub football Auburn Tigers
  • Nick Saban sebagai diri sendiri, pelatih klub football Louisiana State University Tigers
  • Lou Holtz sebagai diri sendiri, pelatih klub football South Carolina Gamecocks
  • Phillip Fulmer sebagai diri sendiri, pelatih klub football Tennessee Volunteers
  • Houston Nutt sebagai diri sendiri, pelatih klub football Arkansas Razorbacks
  • Ed Orgeron sebagai diri sendiri, pelatih klub football Ole Miss Rebels

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film The Blind Side mendapatkan review rerata dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 67%, berdasarkan 200 ulasan, dengan rating rata-rata 6.1/10.[4] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 53 dari 100, berdasarkan 29 kritik, menunjukkan "ulasan rerata".[5] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "A+" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[6]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film The Blind Side mendapatkan $255,959,475 di Amerika Utara dan $53,248,834 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $309,208,309, melebihi anggaran produksi film $29 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $34,119,372, menempati posisi kedua di box office di belakang film The Twilight Saga: New Moon.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Blind Side (12)". British Board of Film Classification. March 16, 2010. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  2. ^ a b c d "The Blind Side (2009)". Box Office Mojo. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  3. ^ Rechtshaffen, Michael (November 15, 2009). "The Blind Side: Film Review". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  4. ^ "The Blind Side (2009)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  5. ^ "The Blind Side reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  6. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]