Pramutamu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pramutamu hotel

Pramutamu (bahasa Prancis: concierge) ialah karyawan dari bangunan yang memiliki banyak penyewa, seperti hotel atau apartemen, yang bertugas menerima tamu. Konsep ini telah diterapkan secara lebih umum pada aturan perhotelan lain dan pada pramutamu pribadi yang mengurus tugas-tugas pelanggan pribadi.

Tugas dan fungsi[sunting | sunting sumber]

Pramutamu melayani tamu di sebuah bangunan apartemen, hotel, atau kantor dengan tugas-tugas yang mirip dengan yang dilakukan resepsionis. Kedudukan ini juga dapat dilakukan oleh satuan pengamanan selama kerja bergilir malam. Pada abad pertengahan, pramutamu merupakan pegawai raja yang disuruh untuk melaksanakan keadilan dengan bantuan petugas pengadilan.[butuh rujukan] Kemudian pada abad ke-18, pramutamu merupakan pejabat tinggi kerajaan yang ditunjuk oleh raja untuk menjaga ketertiban dan mengawasi catatan polisi dan tahanan.

Di bangunan-bangunan apartemen pada abad ke-19 dan awal abad ke-20, khususnya di Paris, pramutamu itu dikenal sebagai "Suisse", karena pekerjaan itu sering diisi oleh orang-orang Swiss. Ia sering memiliki apartemen kecil di lantai dasar yang disebut la loge, dan mampu memantau semua kedatangan dan kepergian. Namun, aturan seperti itu sekarang sangat jarang. Kebanyakan pramutamu di bangunan-bangunan kecil atau menengah telah digantikan oleh pelayanan paruh waktu pramupintu. Beberapa bangunan apartemen yang lebih besar atau kelompok bangunan mempertahankan penggunaan pramutamu. Pramutamu misalnya dapat menyimpan surat penghuni yang tidak hadir, dipercayakan memegang kunci apartemen untuk menangani keadaan darurat ketika para penghuni tidak ada, memberikan informasi kepada penghuni dan tamu, memberikan kendali akses, menegakkan aturan, dan bertindak sebagai perantara antara penghuni dan pengurus ketika pengurus tidak ada.

Pramutamu modern juga dapat berfungsi sebagai pengurus gaya hidup, seperti sekretaris, atau pembantu pribadi.

Di hotel atau resor, pramutamu membantu para tamu dengan melakukan berbagai tugas seperti membuat pemesanan rumah makan, memesan hotel, mengatur pelayanan spa, merekomendasikan pusat hiburan (hot spot) kehidupan malam, memesan angkutan (seperti taksi, limosin, pesawat terbang, kapal, dan lain-lain), mengoordinasikan layanan pramubarang (porter) (permintaan bantuan bagasi), mendapatkan tiket ke acara-acara khusus, membantu dengan berbagai urusan perjalanan dan atraksi wisata lokal. Pramutamu juga membantu mengirim dan menerima paket.

Pelayanan[sunting | sunting sumber]

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]