Pramupintu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pramupintu hotel di London

Pramupintu atau penjaga pintu (bahasa Inggris: doorman, juga dikenal sebagai porter dalam bahasa Inggris Britania)[1] adalah seseorang yang diupah untuk memberikan pelayanan dengan perilaku sopan dan keamanan di bangunan tempat tinggal atau hotel. Mereka sangat umum di bangunan tinggi perkotaan. Di bangunan hunian, pramupintu bertanggung jawab untuk membuka pintu dan menyaring pengunjung dan pengantar. Ia akan sering memberikan pelayanan dengan perilaku sopan lainnya, seperti menandatangani paket, membawa bagasi antara lift dan jalan, atau memanggil taksi untuk penghuni dan tamu.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pekerjaan ini berawal setidaknya pada zaman Plautus di bawah Republik Romawi, ketika namanya adalah iānitor (dari iānua, 'pintu', akar dari kata "Januari" dan janitor.

Zaman modern[sunting | sunting sumber]

Dewan Perwakilan Amerika Serikat memiliki penjaga pintu resmi sampai pekerjaan itu dihapuskan pada tahun 1995.

Di kota New York, penjaga lift dan pramupintu disatukan dan biasanya diwakili oleh SEIU 32BJ. Mereka terakhir kali mogok kerja pada tahun 1991 dan pemogokan lainnya dicegah pada tahun 2006 dan 2010.[2]

Di Mesir, pramupintu disebut sebagai bawab. Pada zaman modern, pramupintu disebut oleh BBC sebagai satuan pengamanan, pramuantar, penegak adat istiadat, dan pengintaian umum. Semuanya diratakan menjadi satu.[3]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ porter merriam-webster.com
  2. ^ Deal Reached That Averts a Walkout by Doormen PATRICK McGEEHAN nytimes.com April 21, 2010
  3. ^ Dinham, Tom (2012-10-28). "The doormen policing Egypt's morals". BBC News (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-06-08.