Pramusuguh anggur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Pramutama anggur)

Pramusuguh anggur atau Ahli anggur (Bahasa Inggris : Sommelier) adalah seorang profesional anggur yang terlatih dan berpengetahuan luas , biasanya bekerja di restoran mewah , yang berspesialisasi dalam semua aspek layanan anggur juga sajian anggur dan makanan . Peran pramusuguh anggur dalam dunia tata boga saat ini jauh lebih terspesialisasi dan terinformasi daripada peran pelayan anggur . Badan Pramusuguh Anggur Australia menyatakan bahwa peran pramusuguh anggur secara strategis setara dengan kepala jurutama masak .

Seorang pramuanggur Italia (F.I.S.A.R.) memakai tastevin di lehernya.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Seorang pramusuguh anggur mungkin bertanggung jawab atas pengembangan daftar anggur dan buku serta pengiriman layanan anggur dan pelatihan untuk staf restoran lainnya. Bekerja sama dengan tim kuliner, mereka memasangkan dan menyarankan anggur yang paling cocok untuk melengkapi setiap item menu makanan tertentu. Ini memerlukan pengetahuan yang mendalam tentang bagaimana makanan dan anggur, bir, minuman beralkohol, dan minuman lainnya bekerja secara harmonis. Pramusuguh anggur profesional juga bekerja di lantai restoran dan berhubungan langsung dengan pelanggan restoran. Pramusuguh anggur memiliki tanggung jawab untuk bekerja dalam preferensi selera dan parameter anggaran pelanggan.

Di zaman modern, peran pramusuguh anggur dapat dianggap lebih luas daripada bekerja hanya dengan anggur, dan dapat mencakup semua aspek layanan restoran, dengan fokus yang ditingkatkan pada anggur, bir, minuman beralkohol, minuman ringan, koktail, air mineral, dan tembakau.