Kepala jurutama masak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lukisan berjudul "The Chef de Cuisine"

Kepala jurutama masak atau lebih dikenal sebagai chef de cuisine adalah seorang jurutama masak yang memimpin sebuah dapur dan masakannya. Seorang jurutama masak rangkap adalah jurutama masak yang mengelola beberapa dapur sekaligus dan karyawannya.

Kewajiban[sunting | sunting sumber]

Kepala jurutama masak bertanggung jawab atas semua kegiatan yang berkaitan dengan dapur, yang biasanya meliputi pembuatan menu, pengelolaan staf dapur, pemesanan dan pembelian stok dan peralatan, desain pelapisan gula, menegakkan nutrisi, keamanan, dan sanitasi, serta memastikan kualitas makanan yang disajikan di restoran. Chef de Cuisine adalah istilah Prancis tradisional, yang berarti "Kepala Dapur" atau "Pengelola Dapur", dari mana kata bahasa Inggris Chef berasal. Kepala jurutama masak sering digunakan untuk menunjuk seseorang dengan tugas yang sama dengan jurutama masak eksekutif, tetapi di restoran yang lebih besar biasanya ada seseorang yang bertanggung jawab atas kepala koki seperti manajer umum, yang membuat keputusan eksekutif seperti arah menu, memiliki keputusan akhir, otoritas mengenai perekrutan staf dan keputusan manajemen dan mengatur keseluruhan nada dan gaya restoran. Ini sering terjadi pada koki eksekutif yang bertanggung jawab atas beberapa restoran. Di banyak restoran, jurutama masak eksekutif atau chef de cuisine akan mengadakan rapat deret/pra-alih (pertemuan dengan griya depan dan griya belakang untuk mempersiapkan layanan dan menjawab pertanyaan tentang menu . Dalam beberapa operasi makanan, koki eksekutif dapat membantu merancang menu, ruang makan, dan dapur. Dia juga dapat bekerja dengan pemasok makanan, direktur jasa boga, vendor peralatan, konsultan keuangan, media, inspektur sanitasi dan ahli diet.

Kepala jurutama masak umumnya tidak mengambil bagian dalam persiapan makanan atau jasa boga pelanggan. Meskipun judulnya mengandung kata jurutama masak, tidak umum bagi kepala jurutama masak untuk memasak dan berada di dapur.