Lompat ke isi

Pelembidang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pelembidang adalah perlengkapan bar yang digunakan untuk mengoleskan garam atau gula ke tepi gelas . Biasanya terdiri dari satu atau lebih cakram plastik atau logam dangkal yang kacanya dibalik. Cakramnya dapat diisi dengan garam atau gula, atau terkadang sesuatu untuk melembabkan tepi gelas seperti air jeruk nipis . [1]

Tujuan pelembidangan gelas bisa untuk estetika atau untuk meningkatkan cita rasa koktail . Pelembidang biasanya melintasi kedua kategori tersebut. Menambahkan sesuatu ke tepi gelas memang menarik secara visual dan karenanya bersifat ornamen, namun dengan pemilihan yang tepat, hal ini dapat meningkatkan cita rasa minuman secara signifikan.

Beberapa pramutama bar memilih untuk menyiapkan beberapa gelas yang telah dilembidangkan terlebih dahulu untuk menghemat waktu persiapan.

Persiapan[sunting | sunting sumber]

Ada banyak cara untuk menempelkan garam, gula, dan lain-lain pada pinggirannya. Ini dapat mencakup sirup gom, sirup sederhana, sirup tangkira, jus jeruk nipis, jeruk atau lemon, saus karamel atau coklat, krim manisan kenyal, dan dalam kasus yang jarang terjadi, air. Air umumnya hanya digunakan dengan pilihan bubuk yang sangat halus, seperti gula kastor, gula tepung, dan bumbu yang digiling halus seperti gula kayu manis. Dalam kebanyakan kasus, bahan yang digunakan memiliki kelengketan atau kelikatan alami sebelum mengering, dan terus bertahan setelah mengering. Biasanya ini adalah jus jeruk, karena sudah tersedia di bar.

Gaya[sunting | sunting sumber]

Ada beberapa gaya pelembidangan. Gaya yang paling umum adalah melembidangkan seluruh tepi gelas, sedangkan gaya lainnya adalah melembidangkan setengah atau bahkan melembidangkan tiga perempat. Logika dengan pelembidang parsial adalah jika klien menginginkan rasa tambahan, itu tersedia; jika mereka lebih suka tanpanya, maka hal itu dapat dihindari.

Bahan[sunting | sunting sumber]

Bloody Mary dengan lembidang garam rosemari

Apa pun yang melengkapi rasa minuman keras dalam minuman dapat digunakan sebagai lembidang gelas. Bahan yang paling umum digunakan adalah garam dan gula. Ada gula warna-warni yang biasa digunakan untuk hiasan kue. Ada juga garam dan gula rasa. Bahan yang lebih canggih juga dapat digunakan seperti gula wasabi atau garam wasabi untuk minuman panas dan pedas; gula vanila, gula kayu manis, gula jahe, bumbu roti jahe dan sejenisnya untuk menambah eggnog dan minuman musiman; garam & merica, garam seledri atau merica seledri untuk Bloody Mary dan Bloody Caesar ; coklat bubuk, taburan coklat, dan kelapa giling untuk minuman manis atau tropis; Remah kerupuk Graham untuk sespan ; Bubuk Jell-O dan bubuk Kool-Aid merupakan variasi menarik untuk minuman baru; dan permen tongkat yang dihancurkan diamankan dengan manisan kenyal Crème untuk koktail musiman.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Science of Salt in Cocktails". SevenFifty Daily (dalam bahasa Inggris). 2019-09-19. Diakses tanggal 2024-02-26.