Sidecar (koktail)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sidecar
JenisIBA official cocktail
Komposisi
Konyak (5 cl)
Cointreau (2 cl)
jus lemon (2 cl)
Cangkircocktail glass

Sidecar adalah koktail tradisional yang dibuat dengan cognac, likeur orange (Cointreau, Grand Marnier, Dry Curaçao atau secangkir Triple sec), dan jus lemon. Dalam ramuannya, minuman ini kemungkinan paling dekat hubungannya dengan custa brandy yang lebih tua, yang berbeda baik dalam presentasi dan proporsi komponennya.

Asal[sunting | sunting sumber]

Asal muasal pasti dari sidecar tidak jelas, tapi diperkirakan telah ditemukan sekitar akhir Perang Dunia I baik di London atau Paris.[1] Minuman itu langsung dinamai sesuai nama bagian pada motor.

Hotel Ritz di Paris mengklaim asal minumannya. Resep pertama untuk Sidecar muncul pada tahun 1922, dalam buku Harry MacElhone yaitu ABC's Mixing Cocktails dan buku Robert Vermeire Cocktails dan How to Mix Them. Ini adalah satu dari enam minuman dasar yang terdaftar dalam buku David A. Embury "Fine Art of Mixing Drinks" (1948).

Dalam edisi awal buku MacElhone, ia mengutip penemu Pat MacGarry, "bartender populer di Buck's Club, London", namun dalam edisi selanjutnya ia mengutip dirinya sendiri. Vermiere menyatakan bahwa minuman itu "sangat populer di Prancis. Ini pertama kali diperkenalkan di London oleh MacGarry, bartender terkenal dari Buck's Club." Embury mengkredit penemuan minuman tersebut kepada seorang kapten tentara Amerika di Paris selama Perang Dunia I dan dinamai sesuai dengan motor yang disewa sang kapten.

Baik MacElhone dan Vermiere menyatakan resepnya sebagai bagian cognac, Cointreau, dan jus lemon yang sama, yang sekarang dikenal sebagai "the French School". Kemudian, sebuah sidecar dengan versi "English School" muncul, seperti yang ditemukan di Savoy Cocktail Book (1930), yang mengukur komposisinya terdiri dari dua bagian cognac dan satu bagian masing-masing Cointreau dan jus lemon.

Menurut Embury, sidecar asli memiliki beberapa bahan, yang "disempurnakan". Embury juga menyatakan bahwa minuman tersebut hanyalah sebuah daiquiri dengan brendi sebagai dasarnya daripada rum, dan dengan Cointreau sebagai agen pemanis daripada sirup gula. Ia merekomendasikan proporsi yang sama (8: 2: 1) untuk keduanya, membuat sidecar yang jauh lebih manis. Namun, Simon Difford, dalam bukunya Encyclopedia of Cocktails, mencatat rasio Harry Craddock 2: 1: 1 dalam The Savoy Cocktail Book, dan kemudian menyarankan jalan tengah antara resep Craddock dan "French School" dibuat dengan bagian yang sama dengan resep 3: 2: 2, menyatakan formula daiquiri Embury "terlalu kering" untuk sidecar.[2]

Penyebutan paling awal tentang sirup gula pada gelas sidecar adalah pada tahun 1934, dalam tiga buku berbeda: Complete Cocktail & Drinking Recipes oleh Burke, Cocktail & Food Recipes oleh Gordon, dan Drinks As They Are Mixed (cetak ulang ulang buku Paul E. Lowe tahun 1904).

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ McCleat, WT (2014). Timeless Vintage Drinks & Cocktails: Here's to You!. Bushie. hlm. 65. ISBN 1493589040. Diakses tanggal 28 Juni 2017. 
  2. ^ Difford, Simon. "Sidecar (Difford's Formula)". [pranala nonaktif permanen]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]